Wp-Plugin Yang Anda Harus Punya

Jika anda pemakai WordPress, tulisan WP Plugin yang anda harus punya ini bisa menjadi referensi yang membantu dalam memilih plugin mana yang benar-benar perlu. Kemudahan WP adalah pada plugin, yang sebagian besar gratis, dan bisa memenuhi kebutuhan blogger.

Satu hal yang harus diingat adalah menjaga agar blog tetap ramping, agar lebih cepat dibuka, dan memberi pengalaman yang baik. Karenanya anda harus benar-benar mempertimbangkan plugin mana yang harus ada, mana yang hanya pemanis namun perlu, dan mana yang tidak usah ada.

WP Plugin Yang Anda Harus Punya

All in One SEO Pack
WP Plugin yang secara otomatis malakukan optimasi pada setiap tulisan untuk Search Engine Optimization (SEO). Plugin ini diunduh lebih dari 9 juta kali. Anda mungkin ingin juga membaca tulisan Konfigurasi All in One SEO.

WP Super Cache
WP Plugin yang merupakan mesin caching yang akan membuat blog anda lebih cepat dibuka dan meringankan beban kerja server, dengan membuat file html statik dari blog anda. Saya sempat pindah selama beberapa saat ke W3 Total Cache, namun kembali lagi menggunakan WP Super Cache ini.

Google XML Sitemaps
WP plugin ini akan secara otomatis membuatkan XML sitemap khusus yang akan membantu mesin pencari Google mengindex blog anda dengan lebih baik. Plugin ini diunduh lebih dari 6,6 juta kali, dan selalu diperbarui.

Broken Link Checker
Wp Plugin ini akan secara otomatis melakukan pengecekan terhadap setiap tulisan, komentar dan isi blog lainnya dan memberitahukan anda jika ada broken links. Adanya broken links sangat tidak disukai oleh Google dan merugikan peringkat blog.

New User Approve
WP Plugin yang memungkinkan anda untuk menyetujui atau menolak user baru sebelum mereka bisa mengakses atau login ke blog anda. Ini penting untuk menyaring user yang berindikasi spam.

WP Plugin Yang Anda Perlu Punya

WP Page Numbers
Plugin navigasi halaman sederhana yang menggantikan fungsi “next page” dan “previous page”. Selain lebih manis, pengunjung bisa memiliki gambaran seberapa banyak tulisan yang ada dalam blog, kategori, atau tag. Meskipun sudah cukup lama tidak diperbarui, plugin ini masih berfungsi dengan baik. Plugin ini yang saya gunakan.

Pilihan lain adalah WP PageNavi, dengan jumlah pengguna jauh lebih banyak, dan terakhir diperbarui pada November 2011.

Contact Form 7
WP plugin yang membantu pengunjung untuk secara mudah menghubungi anda, meskipun lay-outnya tidak begitu menarik.

Google Maps v3 Shortcode
Wp Plugin ini perlu buat anda yang memiliki blog perjalanan atau kuliner, yang memungkinkan anda menambahkan satu atau lebih peta (via the Google Maps v3 API) ke dalam tulisan anda dengan menggunakan shortcodes. Anda mungkin ingin membaca juga tulisan Bagaimana Menampilkan Googel Maps di Blog.

Related Posts Thumbnails
WP Plugin ini merupakan alternatif LinkWithin kalau anda mengalami masalah dengannya dan tidak mendapat solusi yang memuaskan, seperti yang saya alami. Anda bisa membaca tulisannya di Plugin Alternatif LinkWithin.

Twitter Facebook Social Share
Ada banyak plugin social share yang lain, namun saya suka plugin ini karena sederhana dan mudah digunakan.

WP Ajax Edit Comments
Plugin yang memungkinkan user untuk bisa mengedit komentar mereka dalam jangka waktu tertentu, sedangkan admin dapat mengedit semua komentar yang masuk.

GTranslate
Hanya jika anda percaya bahwa pengunjung luar negeri berminat untuk membaca blog anda. Silahkan baca juga tulisan tentang Google Translate.

Semoga bermanfaat.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Blog » WordPress » Wp-Plugin Yang Anda Harus Punya
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang.

BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA.

Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 20 Maret 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap