WordPress: Cara Memperbolehkan Contributor Upload Image

Bagaimana cara memperbolehkan kontributor unggah foto di WordPress? Itu pertanyaan yang sering diajukan admin blog multi-author. Secara default WordPress tidak mengijinkan kontributor unggah foto ke tulisan. Hanya author dan orang dengan role lebih tinggi yang boleh.

Memberi role author kepada orang selain admin akan membuat orang bisa langsung menerbitkan tulisannya. Satu hal yang dihindari admin, oleh karena ingin pastikan semua isi blog sesuai standar yang ditetapkan, serta admin bisa melakukan pengeditan sebelum tulisan terbit.

Meskipun admin bisa melakukan koreksi setelah tulisan diterbitkan, namun pastinya akan jauh lebih baik jika koreksi dilakukan sebelum tulisan terbit. Kondisi ini biasanya perlu diberlakukan bagi penulis yang baru bergabung. Bagi penulis yang lama dan sudah menguasai standard yang berlaku, maka status author bisa kemudian diberikan.

Cara membuat contributor upload image ada dua cara. Pertama menggunakan plugin, dan yang kedua tanpa plugin. Pengelola blog sebaiknya menghindari pemakaian plugin dimana bisa, agar blog tetap ringan dan cepat dibuka. Bagaimana pun jika anda penggemar plugin, maka bisa menggunakan User Role Editor yang telah digunakan lebih dari 300 ribu.

Namun jika anda mau mengikuti nasihat saya untuk sebisa mungkin tidak menggunakan plugin, maka ada cara lain yang juga tidak sulit. Plugin hendaknya hanya dipakai jika memang benar-benar diperlukan, dan sulit bagi orang awam untuk membuatnya sendiri, seperti plugin cache misalnya yang akan sangat meringankan kerja server.

Untuk memperbolehkan contributor upload image, lakukan langkah berikut ini

  1. Buka function.php dengan cpanel atau dengan editor di dalam dashboard (Appearance > Editor).
  2. Copy paste script berikut ini ke function php
    if ( current_user_can('contributor') && !current_user_can('upload_files') )
    add_action('admin_init', 'allow_contributor_uploads');

    function allow_contributor_uploads() {
    $contributor = get_role('contributor');
    $contributor->add_cap('upload_files');
    }

  3. Save

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Blog » WordPress » WordPress: Cara Memperbolehkan Contributor Upload Image
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang.

BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA.

Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 23 Maret 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap