WordPress: Bagaimana Redirect HTTP ke HTTPS

Belum lama ini saya harus mencari informasi dengan mesin Google tentang cara bagaimana redirect http ke https, setelah “secara tak sengaja” ternyata situsweb ini telah bisa diakses dengan https. Hal itu terjadi lantaran paket webhosting yang saya gunakan sudah termasuk SSL, yang saya ketahui setelah beberapa bulan kemudian. Pencarian informasi itu harus dilakukan oleh sebab pengunjung masih bisa mengakses http dan tidak otomatis diarahkan ke https, padahal lebih baik jika semua traffic diarahkan ke https (lihat Apa Keuntungan HTTPS Dibanding HTTP), meski konsekuensinya Facebook like semua tulisan akan direset ke 0.

Sebuah code Redirect HTTP ke HTTPS saya temukan, dan berhasil ketika digunakan. Untuk memastikannya saya buat tiket ke tech support, karena penyedia webhosting bisa memakai setelan berbeda. Namun Tech support menulis kode lain yang justru membuat website tidak bisa dibuka. Pencarian lebih lanjut menemukan bahwa kode yang ditulis tech support ternyata kurang lengkap.

Singkatnya, untuk menjawab pertanyaan bagaimana redirect HTTP ke HTTPS di blog WordPress self-hosted, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Login ke Dashboard situsweb Anda, lalu ke Setting > General
  2. Pada baris ketiga, WordPress Address (URL), tambahkan ‘s’ di belakang http sehingga menjadi: https://www.situsanda.com/
  3. Pada baris keempat, Site Address (URL), tambahkan juga ‘s’ di belakang http sehingga menjadi: https://www.situsanda.com/. Ganti situsanda dengan alamat situsweb Anda. Gulir kursor ke bawah dan klik “Save Changes”

Karena sudah berubah ke https maka anda mungkin logout secara otomatis, dan diminta untuk login kembali. Anda bisa login kembali ke https menggunakan password sama dengan yang sebelumnya.

Selanjutnya:

  1. Login ke cPanel, buka File Manager, dan buka file .htaccess
  2. Salin kode berikut ini dan letakkan pada baris paling atas di .htaccess Anda:

    RewriteEngine On
    RewriteCond %{HTTPS} off
    RewriteRule (.*) https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [R=301,L]
  3. Simpan, dan coba buka situs Anda di browser dengan menggunakan http. Kode ini yang saya gunakan, dan berhasil. Kode gagal yang disarankan tech support tidak ada perintah [R=301,L] di ujungnya.

Bagaimana Redirect HTTP ke HTTPS untuk subfolder? Buka file .htaccess yang ada di direktori instalasi WordPress subfolder Anda, dan letakkan kode berikut ini pada baris paling atas:
RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTPS} off
RewriteRule ^(.*)$ https://www.situsanda.com/blog/$1 [R=301,L]

Ganti situsanda.com/blog dengan alamat situsweb dan subfolder Anda. Coba buka subfolfder di browser Anda dengan menggunakan http.

Sebagai informasi, kode pertama yang saya temukan di sini dan juga berhasil ketika sempat saya gunakan adalah:
RewriteEngine On
RewriteCond %{SERVER_PORT} 80
RewriteRule ^(.*)$ https://www.example.com/$1 [R=301,L]

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Blog » WordPress » WordPress: Bagaimana Redirect HTTP ke HTTPS

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email. Diperbaiki 23 Maret 2017. Tag: