Wisata Susu Cibugary Pondok Ranggon

Sudah cukup lama saya ingin mampir dan melihat Wisata Susu Cibugary Pondok Ranggon di Cibubur, Jakarta Timur, namun baru beberapa waktu lalu bisa mampir. Saya datang bersama Wid ke tempat yang merupakan kompleks peternak sapi perah tradisional di pinggiran kota ini.

Lokasi Wisata Susu Cibugary (Cibubur Garden Diary) Pondok Ranggon diakses lewat Jl Jambore yang mulut jalannya tepat setelah SPBU Pertamina (dulu Petronas), bersebelahan dengan jalan masuk ke perumahan Mahogany Residence di Jl Raya Alternatif Cibubur. Di pertigaan setelah melewati TPU Pondok Ranggon, dimana terdapat Alfamart di pojok pertigaan agak ke dalam, kami belok ke kiri.

Agar tidak terlewati, Alfamart-nya tidak di tepi jalan utama, tetapi di kanan jalan setelah belok ke kiri. Jarak dari mulut Jl Jambore sampai ke pertigaan ini sekitar 2,3 km, atau hanya 350 meter setelah TPU Pondok Ranggon. Setelah 400 meter dari pertigaan kami belok ke kiri dimana terdapat gapura masuk ke kompleks peternakan sapi perah Pondok Ranggon. Sekitar 50 meter kemudian kami belok kanan masuk ke gapura kecil Wisata Susu Cibugary Pondok Ranggon yang jalannya hanya cukup untuk satu kendaraan. Mobil saya parkir di sebelah saung-saung tradisional.

wisata susu cibugary pondok ranggon
Saung tradisional yang terbuat dari bambu beratap daun rumbia di bagian depan kompleks Wisata Susu Cibugary Pondok Ranggon. Selain lebih murah ketimbang kayu karena bahannya lebih mudah didapat, kenyamanannya juga tak kalah.

Suasana sepi. Di depan rumah di sisi kanan jalan masuk terdapat lemari pendingin dimana di dalamnya disimpan botol-botol plastik berisi yoghurt dengan berbagai rasa. Beberapa barang tampak dipajang di bagian depan rumah itu. Setelah saya ketuk pintu beberapa kali barulah keluar seorang ibu yang mempersilahkan saya langsung melihat-lihat ke lokasi.

wisata susu cibugary pondok ranggon
Ini adalah kandang sapi perah Wisata Susu Cibugary Pondok Ranggon yang terlihat baru saja dibersihkan. Tempat makan dan minum sapi pun dibersihkan tanpa menyisakan air dan jerami sebatang pun. Jam makan minum sapi tampaknya belum tiba.

Kebanyakan sapi perah yang ada di Wisata Susu Cibugary Pondok Ranggon memiliki kulit berwarna belang hitam putih, dan hanya sedikit yang belang coklat putih. Sapi-sapi ini terlihat jinak, maklum setiap hari susunya diperah sehingga terbiasa berdekatan dengan manusia. Apalagi anak sekolah sering berkunjung untuk melihat proses memerah susu dan memberi makan sapi. Tali leher sapi itu cukup panjang yang memberi pilihan bagi si sapi untuk berdiri atau rebah. Di bagian paling ujung kandang ada pula sapi yang seluruh badannya berwarna putih. Mungkin jenis sapi potong. Lantaran tak terlihat orang yang bisa diajak berbincang, kami pun kembali ke bagian depan area dimana terdapat saung yang jumlahnya cukup banyak.

wisata susu cibugary pondok ranggon
Wadah-wadah yang digunakan untuk menampung hasil susu perahan terlihat diletakkan di sisi kanan kandang sapi, yang baru saya perhatikan ketika hendak meninggalkan lokasi kandang. Di belakang saung Wisata Susu Cibugary Pondok Ranggon terdapat Kolam Arwana yang mungkin dimiliki oleh orang yang berbeda karena tak saya lihat ada jalan masuk ke kolam itu.

Selain menerima kunjungan keluarga di hari Sabtu dan Minggu, Wisata Susu Cibugary Pondok Ranggon juga menyediakan beberapa paket kunjungan bagi Siswa TK , SD, SMP, sampai SMA, dengan minimal peserta 20 orang pada hari Senin s/d Jumat. Di tempat ini juga ada beberapa alat permainan anak-anak yang kondisinya masih cukup bagus.

wisata susu cibugary pondok ranggon
Hanya dipasang sedikit genteng kaca di langit-langit kandang yang bisa memasukkan cahaya matahari ke dalam kandang sapi ini, sehingga suasana agak sedikit suram. Mungkin memang sengaja dibuat begitu agar sapi tidak kepanasan.

Seekor sapi di Wisata Susu Cibugary Pondok Ranggon ini setiap harinya menghasilkan 10-15 liter susu. Susu segar sebagian dikirim ke pabrik susu, sebagian diolah menjadi yoghurt dan es krim, dan sebagian lagi langsung dikirim ke pelanggan-pelanggan rumahan.

Ada paket Rp. 65.000 per orang dimana setiap peserta medapatkan 3 botol susu pasteurisasi, 1 botol youghrt, dan goodybag, serta penjelasan tentang budi daya ternak sapi, proses pasca panen susu, pengenalan manfaat susu sapi, pengenalan warna-warna sapi, memberi pakan ternak, praktek memerah sapi, dan minum susu bersama. Ada pula paket Rp. 55.000 per orang, paket Rp. 45.000 per orang, dan paket Rp. 35.000, dengan jumlah bingkisan yang berbeda. Jika ingin makan siang di tempat, Wisata Susu Cibugary Pondok Ranggon juga menyediakan paket katering Rp. 25.000 / kotak.

Wisata Susu Cibugary Pondok Ranggon Cibubur

Alamat : Kompleks Peternakan DKI Blok C No.1 Rt 01 Rw 02, Pondok Ranggon Cipayung Jakarta Timur. Telp 021-93449196, 08129521253 (Rahmat), 081808367966 (Tati). Lokasi GPS : -6.35689, 106.906318, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Jam buka : 09.00 – 18.00, hari Senin s/d Jumat untuk rombongan anak sekolah; Sabtu – Minggu untuk rombongan atau pun keluarga. Rujukan : Peta Wisata Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Hotel di Jakarta Timur. Galeri (13 foto) Wisata Susu Cibugary Pondok Ranggon : 1.Saung . 2.Kandang . 3.Wadah . 4.Suram . 5.Makan . 6.Tali . 7.Sapi . 8.Putih . 9. … s/d 13.Hening.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Jakarta » Jakarta Timur » Wisata Susu Cibugary Pondok Ranggon

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 21 Juli 2017. Tag: , , , ,

Tulisan lainnya : Gedung Candra Naya Jakarta | Masjid Agung Al Jami Pekalongan | Lubang Tambang Mbah Soero Sawahlunto | Tanggo Seratus Sibolga | Hotel di Mojokerto | Google Adsense Setelah Paragraf Kedua Tulisan | 24 Peta Wisata Cianjur | Museum Barli Bandung | Om Bewok dan Peluang Partai Lurus | Hotel di Boyolali |