Ngalau Indah Payakumbuh

Ngalau Indah Payakumbuh merupakan kawasan gua kapur yang berada di lereng Bukit Simarajo, Kota Payakumbuh, dengan kontur sangat unik, berundak dan berbatuan indah. Area parkir Ngalau Indah ini berada pada ketinggian bukit, sekitar 750 m dari tepian Jalan Raya Bukittinggi – Payakumbuh, dengan pemandangan lepas ke arah area perkotaan.

Penanda tempat wisata Ngalau Indah Payakumbuh kami lihat di sebelah kanan jalan menuju ke arah gua, yaitu di dekat pertigaan di Jalan Raya Bukittinggi – Payakumbuh. “Ngalau” adalah bahasa setempat yang berarti gua. Di sekitar area parkir kendaraan yang cukup luas terdapat sejumlah warung sederhana yang bisa untuk menambal perut jika kelaparan.

Di tepian area parkir juga terdapat papan berisi denah Ngalau Indah yang dibuat dengan cukup baik dan informatif. Denah itu memperlihatkan pintu-pintu gua, alur lintasan yang di luar dan di dalam gya, undakan dan nama buatan apa saja yang akan dilihat oleh pengunjung di dalam Ngalau Indah. Seorang pemandu menemani saya masuk ke dalam gua.

ngalau indah payakumbuh
Undakan menuju mulut gua Ngalau Indah yang cukup landai dan kondisinya masih baik sehingga relatif mudah untuk ditapaki oleh para pengunjung. Awal undakan gua ini berada di sisi sebelah kiri area parkir. Dibanding Gua Petruk Kebumen, jumlah undakan di Ngalai Indah terbilang masih sedikit, dengan rimbun pepohonan berusia tua meneduhi area mulut gua.

Sebuah batu berukuran besar berbentuk lonjong seperti sebuah telur raksasa terlihat pada posisi berdiri di dekat mulut Ngalau Indah. Tidak jauh di belakangnya ada lagi batu yang berukuran agak lebih kecil. Area di dekat mulut gua tergolong sangat luas dengan penerangan yang lumayan baik. Dari tempat itu terdapat undakan menurun ke arah dasar gua.

ngalau indah payakumbuh
Salah satu bagian dinding gua Ngalau Indah Payakumbuh yang berwarna putih kekuningan dengan lekuk-lekuk indah. Sayang sekali tangan-tangan jahil tak beradab masih saja tega mengotori keindahan dinding gua yang elok ini. Permukaan bawah dan atap langit Ngalau Indah memiliki ketinggian sangat bervariasi, membuatnya menjadi lebih menarik.

Tidak berapa jauh dari mulut gua terdapat ruangan luas dimana terdapat Batu Gajah yang pertama, dan beberapa batuan besar lainnya yang bentuknya menyerupai sebuah altar. Sejumlah stalagmit dan stalaktit yang ada di salam Ngalau Indah Payakumbuh ini memang diberi nama, disesuaikan dengan imajinasi dan kemiripan bentuk batuannya.

Kami menapaki undakan dengan langit tinggi yang dibalut batuan kapur putih kekuningan dan abu-abu. Penerangan di dalam Ngalau Indah ini cukup baik, demikian juga dengan sirkulasi udaranya. Tak lama kemudian kami melihat salah satu mulut keluar gua, namun pemandu mengatakan bahwa pengunjung biasanya tidak keluar dari mulut gua ini.

ngalau indah payakumbuh
Sebuah stalagmit Ngalau Indah yang bentuknya menyerupai singgasana raja dengan beberapa kolom membentuk relung di belakangnya. Batuan stalagtit dan stalagmit di dalam gua diberi penanda oleh penduduk dengan nama Batu Gajah, Batu Tetesan Air Mata, Batu Tangkai Payung, Batu Kelambu, Batu Tirai Pengantin, serta Batu Ibu Menangis.

Dinding-dinding tinggi yang terbentuk dari lelehan batu kapur yang berlangsung selama ratusan tahun menciptakan bentuk-bentuk yang artistik di dalam gua. Di terangi lampu senter, terdapat dinding batuan kapur mengandung kuarsa yang berkeredep biru keunguan ketika terkena bias sinar. Ada pula stalagtit yang menyerupai nganga mulut raksasa.

Setelah beberapa saat menyusuri jalan setapak yang naik turun dan menikmati keindahan stalaktit stalagmitnya, sampailah kami di undakan Ngalau Indah yang menuju mulut gua ketiga yang berfungsi sebagai pintu keluar. Meskipun terlihat agak kurang bersih dan kurang terawat, namun kondisi gua masih bisa dikatakan cukup baik.

Dari luar gua di Bukit Simarajo kami bisa melihat Jalan Bukittinggi – Payakumbuh, dengan hamparan sawah subur dan pemandangan bukit hijau di sisi kiri yang mulai dikelupas. Jika tidak dikendalikan maka cepat atau lambat pembangunan, penambangan, dan permukiman penduduk bakal merampas keindahan alam yang tercipta selama ratusan tahun.

Ngalau Indah Payakumbuh selengkapnya: 4.Tengara 5.Kelupas 6.Sawah 7.Denah 8.Kolom 9.Langit 10.Lonjong 11.Ruangan 12.Taring 13.Lampu 14.Tekstur 15.Hiu 16.Gapura 17.Tangkai Payung 18.Sinar 19.Mulut Gua 20.Kwarsa

Ngalau Indah Payakumbuh

Bukit Simarajo, Payakumbuh, Sumatera Barat (lihat di Peta) . Tempat Wisata di Payakumbuh

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Sumatera Barat » Payakumbuh » Ngalau Indah Payakumbuh
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang.

BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA.

Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 19 Januari 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap