Wisata Cikuya Cirebon

Wisata Cikuya Cirebon berada di Desa Belawa, Kecamatan Lemah Abang, sekitar 12 km dari Kota Cirebon, yang merupakan penangkaran sejenis kura-kura langka yang disebut Kura-kura Belawa (Aquatic tortose ortilia norneensis)

Ada sekitar 100-an kura-kura Belawa, dari yang berusia 1 tahun sampai kura-kura dewasa yang di tangkar di tempat ini. Itu merupakan jumlah yang tersisa setelah sekitar 300 kura-kura mati pada 2010 lantaran penyakit yang disebabkan oleh jamur Saprolegnia sp dan bakteri Edwardsiella tarda (HPIK golongan II), serta Aeromonas veronii.

Di dalam kompleks juga terdapat Museum Kura-kura Belawa yang menyimpan kura-kura Belawa yang telah diawetkan. Kura-kura Belawa adalah hewan endemik di wilayah Cirebon dengan moncong hidung panjang yang menjadi salah satu ciri khasnya.

Warna tempurung Kura-kura Belawa memberi petunjuk pada usianya. Warna tempurung kelabu adalah kura-kura Belawa yang berumur kurang dari 40 tahun, dan hitam jika berumur lebih dari 40 tahun. Selain itu ada pula Sumur Pamuruyan dan Batu Cadas Cikuya yang letaknya berdekatan dan konon tak boleh diinjak. Biasanya ada legenda dibalik larangan yang kadang tak masuk akal seperti ini. Jika sudah diceritakan tentang alasannya barulah orang bisa melihat sebuah pesan bijak yang terselip di dalamnya yang bisa jadi merupakan panduan moral yang baik.

Wisata Cikuya CirebonAlamat : Desa Belawa, Kecamatan Lemah Abang, Kabupaten Cirebon. Lokasi GPS : -6.832396, 108.5854352, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Tempat Wisata di Cirebon, Peta Wisata Cirebon, Hotel di Cirebon.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Wisata Cikuya Cirebon

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 14 Juli 2017.