Wisata Bahari Pekalongan

Matahari sudah mulai tinggi ketika masuk gerbang Wisata Bahari Pekalongan di kompleks PPN (Pelabuhan Perikanan Nusantara) Pekalongan. Gerbang itu berjarak 280 meter dari warung Gulai Kepala Manyung Pak Rozi yang letaknya berseberangan dengan TPI Kota Pekalongan.

Di depan gerbang ada area parkir cukup luas. Area parkir luar Wisata Bahari Pekalongan itu tampaknya disediakan bagi para pengunjung yang datang membawa kendaraan pribadi atau bus pada hari libur nasional, saat kendaraan pribadi mungkin dibatasi untuk masuk ke dalam area.

Di gerbang kami membayar karcis masuk untuk persorangan dan juga mobil, karena hari itu bukan akhir pekan dan bukan hari libur nasional, sehingga pengunjung relatif sepi, dan kami bisa masuk hingga ke bagian dalam kawasan. Area tempat wisata yang bersebelahan dengan Pantai Pasir Kencana itu berbentuk seperti labu, dengan leher kurus dan panjang.

wisata bahari ppn pekalongan
Penampakan gerbang masuk dan gerbang keluar Wisata Bahari Pekalongan, yang nama resminya adalah Wisata Bahari PPN Pekalongan. Selain PPN ada tiga jenis pelabuhan perikanan lainnya, yang kesemuanya berada di bawah Kementrian Kelautan dan Perikanan RI. Gardu mungilnya terlihat rapi, dengan logo ikan berhidung mancung lucu yang memegang canting batik.

Kawasan pantai yang biasanya panas dengan sinar matahari terik menyengat, terlihat cukup menyenangkan dengan sejumlah pepohonan rimbun yang berada di area belakang gerbang. Tugu di kiri kanan gerbang dihias dengan relief berbagai jenis ikan dan binatang laut lainnya. Di puncak masing-masing tugu ada tiga patung ikan yang berdiri menghadap ke arah berbeda.

wisata bahari ppn pekalongan
Dengan melihat peta Wisata Bahari Pekalongan ini pengunjung bisa dengan mudah melihat seluruh fasilitas yang ada di dalam kawasan plesiran pantai ini. Anak-anak dan orang tuanya tentu mengenal Nemo yang berani dan Dori si pelupa akut di gambar pada sisi sebelah kiri. Sisi sebelah kanan memperlihatkan bentuk kawasan yang menyempit ke arah ujung.

Di bagian depan ada area bermain anak, dengan deretan warung di belakangnya. Masuk lagi ada area outbound, dan kolam renang serta MCK, bersebelahan dengan gedung Sea World Mini. Di dekatnya, menjorok ke laut, ada gardu pandang, dimana juga terdapat perahu wisata. Ke dalam lagi ada sejumlah gazebo, dan paling ujung ada mercu suar serta tempat memancing gratis.

wisata bahari ppn pekalongan
Kami sempat masuk ke dalam gedung dua lantai Sea World Mini di Wisata Bahari Pekalongan ini, dan melihat ikan Belida (belido, lopis) yang elok. Ikan ini cantik dengan sisik halus dan bulatan hitam besar berpinggir terang pada badannnya. Dulu ia dipakai sebagai bahan utama pempek dan kemplang di Palembang, namun kini diganti tengiri karena harganya yang mahal.

Ada lagi ikan cantik lainnya, seperti Gurame Padang (Osphronemus gouramy) bersisik bule, ikan Koi yang konon membawa keberuntungan (buat penjualnya), dan Aligator (Spotted gar) yang mulutnya menyerupai moncong aligator. Juga ada kura-kura, ikan patin, belut laut, red tail catfish, dan ikan oscar yang berasal dari Sungai Amazone di Amerika Selatan.

wisata bahari ppn pekalongan
Bibir pantai di kawasan Wisata Bahari Pekalongan yang terlihat rapi dengan tumpukan batu penahan abrasi. Kawasan ini juga menjadi muara Sungai Loji yang melintasi Kota Pekalongan. Sebuah pendopo kecil dengan lantai beton tampak di sebelah kiri. Di luarnya ada kursi-kursi besi yang nyaman untuk menikmati suasana saat matahari sudah turun rendah di barat.

Menikmati pemandangan matahari terbenam di area Wisata Bahari PPN Pekalongan yang luasnya sekitar 1 hektar ini bisa dari Gardu Pandang, dan di sepanjang bibir pantai di sebelah barat hingga sampai di mercu suar. Di sisi sebelah kanan agak di bagian depan juga ada mercu suar kecil, yang di sekitar area itu juga digunakan sebagai tempat memancing ikan gratis.

Jenis perahu penangkap ikan serta jaringnya sempat kami lihat di lantai 2 gedung akuarium. Jika lantai satu terasa dingin, maka lantai dua lebih panas. Ada miniatur perahu dengan jaring kantong “lampara dasar” berukuran 45×22 m. Lalu miniatur Gillnet Cakalang, jari Purse Seine yang menyerupai kantong, kapal Tuna long line 60 GT, Trammel Net, dan banyak lagi.

Kawasan wisata keluarga ini diresmikan pada 12 Juli 2006 oleh Freddy Numberi, Menteri Kelautan dan Perikanan RI waktu itu, ditandai dengan sebuah prasasti yang ditandatanganinya. Meskipun sudah cukup lama berdiri, namun fasilitas yang ada di dalamnya masih cukup baik. Namun jika dikelola lebih baik maka pasti akan jauh lebih elok dan nyaman.

Wisata Bahari Pekalongan

Alamat : Jalan W.R. Supratman No. 1, Komplek PPNP (Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan), Pekalongan Kota, Jawa Tengah. Telepon 0285-424500, 424740. Lokasi GPS : -6.8579922, 109.6920383, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Jam buka : 07.00 – 18.00 hari biasa, 05.00 – 22.00 hari Minggu dan hari libur nasional. Harga tiket masuk : Rp. 2.000, mobil Rp. 2.000. Mini Sea World Rp. 2.250. Wahana edukasi air Rp. 5.000. Rujukan : Peta Wisata Pekalongan, Tempat Wisata di Pekalongan, Hotel di Pekalongan. Galeri (40 Foto) Wisata Bahari Pekalongan : 1.Gerbang . 2.Peta . 3.Sea World . 4.Muara . 5.Wahana . 6.Bermain . 7.Jambe . 8.Ayun . 9.Akuarium … s/d 40.Dermaga.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Tengah » Pekalongan Kota » Wisata Bahari Pekalongan
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 22 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap