WhatsApp Sharer Tanpa Plugin

Home » Blog » WordPress » WhatsApp Sharer Tanpa Plugin
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Jika pada masa lalu orang tak bisa lepas dari Blackberry, maka rasanya kini tak ada orang yang tak punya WhatsApp di gadgetnya. Bahkan yang masih setia pegang BB pun merasa tak afdol kalau tak punya WhatsApp, atau BB sudah jadi gadget cadangan. Gadget utama kalau bukan Android tentulah iPhone. Karenanya WhatsApp sharer menjadi penting. Meskipun ada sejumlah plugin yang memasukkan WhatsApp sebagai tombol ‘sharer’, namun hingga saat ini belum ada yang pas di hati, sehingga saya masih memakai WhatsApp Sharer Tanpa Plugin sebagai pelengkap.

Sebenarnya Mashshare, plugin yang saya gunakan saat tulisan ini dibuat, juga menyediakan WhatsApp sharer, namun hanya tersedia pada versi berbayar.

Kelemahan versi bayar, dengan semua kelebihan yang ditawarkannya, biasanya berisi lebih banyak dari apa yang diperlukan pengguna, padahal saya hanya perlu tombol WhatsApp. Selain itu ada keterikatan dengan harus membayar lagi setahun kemudian jika mau tetap mendapat dukungan dari pengembangnya.

Meskipun telah ada WhatsApp web namun hingga saat ini WhatsApp sharer hanya bisa digunakan pada telepon genggam pintar berbasis Android dan iPhone, belum bisa digunakan untuk share pada desktop sebagaimana halnya Twitter dan Facebook sharer.

Untuk membuat WhatsApp Sharer Tanpa Plugin, buka single.php dari cPanel > File Manager > wp-content > themes > namatheme > single.php

Salin dan letakkan script berikut di tempat yang hendak ditampilkan, biasanya di bawah judul tulisan dan di bawah tulisan:

<a href="whatsapp://send?text=<?php echo urlencode(the_permalink()); ?>" data-action="share/whatsapp/share">WhatsApp</a>

Simpan, dan coba tes dengan membuka salah satu tulisan setelah lebih dahulu login ke situsweb Anda untuk bisa segera melihat perubahan yang terjadi.

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag: ,

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 25 Maret 2017.

Lalu «
Baru » »