Warung Tahu Kupat Pak Gombloh Solo

Hampir jam 3 sore ketika kami akhirnya melangkahkan kaki untuk meninggalkan Situs Krendhowahono di Karanganyar, dan perut sesiang itu masih belum juga diisi makanan membuat para cacing blingsatan. Ada satu tempat lagi yang akan saya kunjungi untuk menutup rangkaian kunjungan ke Solo dan sekitarnya, yaitu Petilasan Pajang.

Setelah gagal menemukan petilasan keraton Sultan Hadiwijaya itu pada pagi harinya, rupanya Pak Jum berusaha mencari informasi selagi duduk di warung menunggui saya selesai dari situs, atau mungkin selagi menunggu di tempat sebelumnya. Inisiatif yang patut dipuji.

Jodoh makan siang itu akhirnya ada di Warung Tahu Kupat Pak Gombloh yang berada di Jl Perintis Kemerdekaan, tak jauh dari Pasar Kabangan, karena kebetulan dilewati, perut sudah lapar, dan namanya cukup menarik untuk dijajal. Menjelang jam setengah empat sore saya baru masuk ke warung dan memesan sepiring tahu kupat dan segelas teh hangat pahit.

warung tahu kupat pak gombloh solo
Tampak muka Warung Tahu Kupat Pak Gombloh dengan sejumlah motor pelanggan yang tengah parkir di halamannya. Parkir di sini gratis. Warungnya sedang saja, cukup sederhana namun terlihat lumayan bersih.

Seperti biasa rombong tempat makanan ada di bagian depan, dan pelanggan yang sudah hafal menu makan dan minum biasanya langsung pesan di dekat rombong sebelum mencari tempat duduk.

Menu utama tentu saja tahu kupat, dan konon Warung Tahu Kupat Pak Gombloh ini merupakan rajanya makanan tahu kupat di daerah Solo. Warungnya memang tidak menyediakan makanan lain selain tahu kupat ini. Sedangkan untuk minuman ada pilihan teh hangat, es teh, jeruk hangat, es jeruk, lemon tea hangat, dan es lemon tea.

warung tahu kupat pak gombloh solo
Suasana di dalam Warung Tahu Kupat Pak Gombloh, yang meskipun jam makan siang sudah jauh lewat, namun ada saja yang mampir karena lapar rasa. Kabarnya lagi, jika jam makan siang telah tiba orang harus rela antri untuk mendapatkan tempat duduk.

Meja panjang bangku panjang menjadi pilihan sebagai tempat duduk di warung ini. Ada pula yang duduk menghadap ke tembok. Pilihan pengaturan tempat duduk yang wajar mengingat luas ruangan yang terbatas, dan pengunjung pun tampaknya tak keberatan berbagi tempat bersama orang yang tak dikenal.

Tak harus menunggu lama, sepiring tahu kupat sudah mendarat di atas meja di depan saya. Cukup memikat penyajiannya.

warung tahu kupat pak gombloh solo
Beginilah penyajian tahu kupat di warung Pak Gombloh yang cukup membangkitkan selera saya yang memang sedang menderita penyakit lapar ini.

Leleran kecap manis dan air bawang mengguyur sebagian tahu goreng dan bakwan di bagian atas, dan sisanya turun ke bawah menyapa ketupat, mie kuning, kol, dan toge. Ada pula taburan kacang goreng, sesuatu yang saya sukai, serta irisan seledri.

Rasanya yang enak manis gurih ditambah memang perut sudah lapar membuat sepiring tahu kupat itu sesaat kemudian sudah pindah menjadi santapan penghuni perut. Boleh dicoba jika Anda sedang berkunjung di sekitar Laweyan.

Warung Tahu Kupat Pak Gombloh Solo

Alamat : Jl. Perintis Kemerdekaan No. 62. Sondakan – Laweyan, Solo. Telp 0271-711322. Lokasi GPS : -7.56759, 110.79783, Waze. Rujukan : Tempat Wisata di Solo . Peta Wisata Solo . Hotel di Solo.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Tengah » Solo » Warung Tahu Kupat Pak Gombloh Solo
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 14 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap