Tugu Pahlawan Tak Dikenal Bukittinggi

Tugu Pahlawan Tak Dikenal terletak tepat di seberang Taman Monumen Bung Hatta, di Jl. Jam Gadang Bukittinggi, Sumatera Barat. Perlu sedikit berhati-hati ketika berjalan kaki menyeberangi Jalan Jam Gadang menuju Tugu Pahlawan Tak Dikenal karena lalu lintas kendaraan yang cukup ramai.

pahlawan tak dikenal
Tugu Pahlawan Tak Dikenal dibangun di tengah sebuah bidang bundar yang dihias tanaman, dengan ukiran wajah-wajah raksasa bertaring dengan mata melotot yang dililit naga pada batang tugu yang mengerucut. Di puncaknya berdiri patung pemuda memegang tongkat dengan gaya seorang konduktor.

tugu pahlawan
Sebuah prasasti di samping tugu.

Prasasti ini yang menceritakan bahwa tugu dibangun untuk mengenang perlawanan para pahlawan yang namanya tak bisa dikenali, yang menjadi korban dalam pergolakan yang terjadi pada Juni 1908 dalam menentang diberlakukannya sistem pajak oleh Belanda yang diberlakukan sejak 1 Maret 1908, yang memberatkan rakyat.

Tugu Pahlawan Tak Dikenal
Kutipan tulisan Muhammad Yamin yang berbunyi: “Pahlawan Tak Dikenal, mati luhur tak terkubur, memutuskan jiwa meninggalkan nama, menjadi awan di angkasa, menjadi buih di lautan, semerbak harumnya di udara”.

Tugu Pahlawan Tak Dikenal
Relief raksasa pada batang tugu yang tampaknya dimaksudkan untuk menggambarkan wajah angkara murka kolonial Belanda dalam menguras kekayaan negeri dan membebani pajak kepada rakyat.

Tugu Pahlawan Tak Dikenal
Kepala ular naga yang tengah menggigit mulut raksasa berada di bagian dasar tugu. Relief perjuangan digambarkan pada dinding-dinding Tugu Pahlawan Tak Dikenal ini.

Tugu Pahlawan Tak Dikenal
Seorang wanita tengah berjalan melintas di depan Tugu Pahlawan Tak Dikenal. Patung pemuda yang berdiri di puncak tugu itu rupanya sebelumnya digambarkan tengah memegang bendera, namun diganti oleh tongkat konduktor setelah patung aslinya tersambar petir.

Tugu Pahlawan Tak Dikenal
Di sekeliling Tugu Pahlawan Tak Dikenal ini terdapat taman, dengan tempat duduk yang bisa digunakan untuk bersantai. Pejalan juga bisa sejenak beristirahat di sekitar Tugu Pahlawan Tak Dikenal seperti seorang pengendara sepeda motor pada foto di atas.

Tugu Pahlawan Tak Dikenal diciptakan oleh seniman Hoerijah Adam, yang peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Jenderal AH Nasution pada 15 Juni 1963, dan diresmikan pada tahun 1965.

Tugu Pahlawan Tak Dikenal

Jl. Jam Gadang Bukittinggi, Sumatera Barat. Tempat Wisata di Bukittinggi, Hotel di Bukittinggi, Peta Wisata Bukittinggi

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Sumatera Barat » Bukittinggi » Tugu Pahlawan Tak Dikenal Bukittinggi
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 19 Maret 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap