Tugu Equator Pelalawan

Lokasi Tugu Equator Pelalawan ini berada di Dusun Tua, di pinggir jalan Lintas Timur Sumatera, sekitar 56 Km dari Pangkalan Kerinci, Ibukota Pelalawan. Pada jaman Pemerintahan Hindia Belanda di tempat itu dibuat tanda Equator berupa besi melingkar yang juga sebagai gerbang menghubungkan Dusun Tua di sisi Timur jalan dan Desa Pangkalan Lesung di sebelah Barat jalan.

Setelah besi itu runtuh, dibangunlah Tugu Equator sebagai tengara bahwa tempat merupakan lintasan khatulistiwa. Selain itu dibuat pula taman dengan bangku, serta pesanggrahan bagi pejalan untuk menikmati suasana sekitar.

Pejalan bisa pula menikmati madu lebah asli segar di tempat ini, dan membawanya pulang sebagai bingkisan.

Setelah dari Tugu Equator, pejalan bisa berkunjung ke sumber air panas di Desa Pangkalan Lesung, sekitar 7 Km arah ke Barat.

Tugu Equator PelalawanAlamat : Dusun Tua, di pinggir jalan Lintas Timur Sumatra, Pelalawan. Rujukan : Tempat Wisata di Pelalawan, Hotel di Pangkalan Kerinci.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Tugu Equator Pelalawan

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 14 Juli 2017.