TPI Pasir Kebumen

TPI Pasir Kebumen adalah salah satu dari sangat sedikit Tempat Pelelangan Ikan yang pernah saya kunjungi dan tulis di catatan perjalanan ini. Mungkin karena ikan laut tak menjadi makanan harian selama puluhan tahun lantaran reaksi alergi kulit, bahkan ikan masih di depan mulut pun kadang kulit sudah gatal.

Namun sejak Susi Pudjiastuti menjadi menteri, saya lebih sering meminta ada ikan di meja makan. Sekitar 2.8 km dari Pesanggrahan Nyi Roro Kidul arah ke Barat kami belok kiri di pertigaan gedung SDN Pasir . Setelah 900 m berkendara kami sampai di TPI Pasir Kebumen.

Halaman TPI Pasir Kebumen lumayan luas, dengan panjang sekitar 50 meter dan lebar 25 meter. Gedung terbuka TPI Pasir-nya sendiri panjangnya sekitar 40 meter dengan lebar 20 meter. Saat itu sudah lewat tengah hari ketika saya sampai, sehingga suasana di TPI Pasir terlihat tak begitu sibuk.

tpi pasir kebumen
Suasana yang tertangkap di TPI Pasir Kebumen siang itu. Kesibukan tampak sudah reda, beberapa orang hanya terlihat duduk-duduk di bangku, mungkin menunggu kapal nelayan tersisa yang belum datang untuk menurunkan hasil tangkapan ikannya.

Kotak-kotak stereoform putih digunakan sebagai wadah ikan, sedangkan kotak plastik kuning biasanya dipakai nelayan untuk menyimpan ikan hasil tangkapannya dengan menambahkan es balok. Dua orang tampak berjongkok menata ikan di lantai yang sudah menua dan belang.

Di sebelah kiri yang dibatasai dengan deretan kayu pipih panjang lengkung adalah tempat penimbangan ikan dengan rantai timbangan tradisional yang menggelantung pada blandar. Di ujung sana adalah ruangan yang digunakan sebagai kantor pengelola TPI Pasir.

tpi pasir kebumen
Seorang pria tengah menata Ikan Layur yang digeletakkan begitu saja di atas lantai gedung TPI Pasir yang masih kotor. Entah ia tengah menunggu pembeli, atau entah ia adalah pembelinya yang tengah menghitung jumlah ikan yang baru saja dibelinya.

Layur (Trichiurus lepturus) memiliki badan panjang ramping yang bisa mencapai 2 m panjangnya, dengan berat sampai 5 kg dan umurnya bisa sampai 15 tahun. Selain dimakan segar, ikan layur dijadikan ikan asin, juga untuk umpan pancing. Dagingnya kenyal dan mudah dilepas dari tulangnya.

Oleh orang Jepang Ikan Layur digunakan sebagai sashimi yang dimakan mentah. Tak heran jika orang Jepang ikut kelimpungan saat Menteri Susi Pudjiastuti gencar menggasak pencuri ikan di perairan Indonesia dengan menenggalamkan kapal mereka, yang membuat pasokan ikan ke negeri itu menyusut drastis.

tpi pasir kebumen
Jejeran ikan yang diasinkan dan dikeringkan di udara terbuka dengan panas matahari ini adalah sisa-sisa ikan yang tak laku pada saat dilelang di TPI Pasir Kebumen. Mesti ada cara lain selain diasinkan agar nelayan bisa mendapat manfaat lebih.

Salah satunya adalah ruang simpang dingin (cold storage) yang telah dianggarkan Menteri Susi Pudjiastuti. Mestinya TPI Pasir Kebumen menjadi salah satu yang mendapatkannya karena merupakan TPI utama. Akan lebih baik lagi jika ada roda berjalan dari pantai ke TPI untuk mengangkut boks ikan setelah turun dari kapal.

Nelayan mendarat ke Pantai Pasir mulai dari sekitar jam 11 hingga sore hari. Selain Ikan Layur, di TPI Pasir orang juga bisa memperoleh ubur-ubur jika masa panennya tiba. Saat itu ada juga Ikan Tunul (baracuda), Pe (Ikan Pari) Totol, Pe Kodok, Pe Lawet, Lanjam Ginggo, dan ikan lainnya. Namun yang menyedihkan adalah ada Ikan Pari kecil yang ditangkap juga.

Kebijakan Menteri Susi yang mesti dudukung adalah agar dalam menangkap ikan para nelayan menjaga kelestarian, memperhatikan siklus kembang biak, dan tidak memakai pukat harimau yang bakal menghancurkan kelestarian ikan. Nelayan harus berpikir apa yang mereka akan tinggalkan buat nelayan anak keturunan mereka nanti.

TPI Pasir Kebumen

Alamat : Desa Pasir, Pasir Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Lokasi GPS : -7.7668, 109.43676, Waze. Galeri : 14 foto. Rujukan : Peta Wisata Kebumen, Tempat Wisata di Kebumen, Hotel di Kebumen, Sewa Mobil di Kebumen. Galeri (14 foto) TPI Pasir Kebumen : 1.Suasana, 2.Ikan Layur, 3.Ikan Asin, 4.Memindahkan Ikan, 5.Menurun 6.Ujung Tombak 7.Timbangan 8.Kantor Pengelola 9.Ikan Pe … s/d 14.Kelestarian.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Tengah » Kebumen » TPI Pasir Kebumen
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 16 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap