Toko Merah Jakarta

Toko Merah adalah salah satu gedung tua di Kawasan Kota Tua Jakarta yang dikatakan memiliki gaya arsitektur Tionghoa lantaran dominasi warna merah pada bangunannya (meski merah tua). Bangunan Toko Merah ini didirikan pada 1730 dan lalu digunakan sebagai tempat tinggal Gustaaf Willem Baron Van Imhoff semasa menjabat sebagai Gubernur Jenderal VOC pada 1743 – 1750.

Saat itu Toko Merah terlihat sepi, tidak terlihat ada aktivitas apa pun di gedung ini ketika saya berada di sana. Dengan sedikit sentuhan pengusaha bertangan dingin, Toko Merah yang luasnya 5.000 m2 ini mungkin bisa menjadi sebuah hotel klasik, restoran berkelas dan coffee shop tempat nongkrong bagi para pelancong.

Belakangan bangunan dari jaman kolonial yang ada di Jakarta sudah mulai banyak mendapat perhatian dari pemprov, terutama sejak digencarkannya program revitalisasi kota tua. Sebuah kota memang akan jauh lebih menarik dan bernyawa dengan adanya bangunan kuno yang terawat dan indah, karena hanya dengan begitu akar dan sejarah kota akan terus hidup.

toko merah jakarta
Toko Merah, yang meski masih terlihat berdiri kokoh, namun tampak sudah memerlukan perawatan untuk membuatnya menjadi segar kembali. Julukan Toko Merah ini muncul pertama kali ketika gedung ini digunakan sebagai toko oleh seorang warga keturunan Cina bernama Oey Liauw Kong pada tahun 1851.

Toko Merah dengan centang perenang kabel-kabel telepon dan listrik sangat mengganggu pemandangan. Meskipun Photoshop bisa menghilangkannya, namun bukankah lebih baik jika dinas terkait mengubur kabel-kabel itu di dalam tanah, untuk menciptakan pemandangan yang indah dan bersih.

toko merah jakarta
Tengara Cagar Budaya Toko Merah dan penjelasan yang membangunnya. Toko Merah juga pernah menjadi tempat tinggal Gubernur Jenderal Jacob Mossel, Petrus Albertus van der Parra, dan Reinier de Klerk.

Juga pernah sebagai tempat penginapan Heerenlogement, serta gedung Akademi Maritim (Academiede Marine) Belanda. Lokasi Toko Merah berada tidak jauh dari sebuah gedung tua warisan kolonial Belanda yang berada di seberang Kali Besar. Gedung itu kini digunakan oleh Asuransi Jasa Raharja DKI Jakarta. Di geduang tua di sebelah kanannya, terlihat papan nama yang berbunyi Kantor Pusat PT Kerta Niaga.

toko merah jakarta
Tanda No. 11, yang menunjukkan bahwa Toko Merah berada di Jl. Kali Besar Barat No. 11, Jakarta Barat. Setelah berganti-ganti pemilik, gedung ini akhirnya dimiliki Perusahaan Perdagangan Indonesia. Setelah kantor perusahaan itu pindah ke Jl. Sudirman, bangunan Toko Merah ini dibiarkan kosong.

Belakangan ada informasi bahwa gedung ini sudah diperbaiki, dan disewakan bagi untuk acara pernikahan dan acara lainnya. Interiornya bagus terkesan mewah dan elegan, dengan karpet merak melapisi tangga yang menuju ke lantai atas. Tampaknya memang perlu didatangi lagi ke sana untu melihatnya langsung.

toko merah jakarta
Warna dominan merah pada bagian luar gedung ini memang bisa membuat orang beranggapan bahwa ada hubungannya dengan warna favorit pada bangunan tradisional Tionghoa. Meskipun demikian tak tampak sama sekali pengaruh arsitektur oriental pada dinding dan atap bangunan ini, oleh karena memang merupakab bangunan peninggalan kolonial.

Di pojokan Jl. Kali Besar Barat, beberapa puluh meter sebelum sampai Toko Merah (Jl. Kali Besar Barat adalah jalan searah), juga ada gedung tua elok yang sebelumnya digunakan oleh Chartered Bank. Sebuah gedung tua lainnya yang masih terlihat sangat anggun, terletak di seberang bangunan eks-Chartered Bank. Bangunan itu dimiliki Museum Bank Indonesia.

Masih ada banyak hal yang bisa dilakukan dinas terkait maupun pihak swasta, untuk memanfaatkan gedung Toko Merah, dan gedung-geduang tua semacamnya di kawasan ini, untuk mendukung berkembangnya Kawasan Kota Tua, sebagai kawasan wisata yang berkelas dan bersejarah.

Toko Merah Jakarta

Alamat : Jalan Kalibesar Barat 11, Jakarta Barat. Lokasi GPS : -6.136096, 106.81141, Waze. Rujukan : Peta Wisata Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Hotel di Jakarta Barat. Galeri (12 foto) Toko Merah Jakarta : 1.Kokoh, 2.Mossel, 3.No 11, 4.Merah, 5.Kota Tua, 6.Van Imhoff, 7.Ornamen, 8.Parkir, 9.Kantoor … s/d 12.BI.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jakarta » Jakarta Barat » Toko Merah Jakarta
Tag : , ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 17 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap