Tips Cara-Cara Untuk Mempercepat Mac

Home » Blog » Mac » Tips Cara-Cara Untuk Mempercepat Mac
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Semakin lama dipakai, jalannya komputer Mac yang Anda pakai biasanya tidak lagi secepat saat baru pertama kali Anda beli di toko dan kemduian dipakai. Ada banyak faktor teknis yang bisa membuat hal itu terjadi, sebagian masih berada dalam kendali anda, dan sebagian lagi tidak.

Ada 10 tips cara-cara mempercepat Mac pada tulisan ini. Selayaknya rumah, sesekali perlu bersih-bersih komputer Mac Anda, dan tulisan ini akan membantu melakukan pemeriksaan, dan bilamana perlu pembersihan, agar jalannya komputer Mac Anda bisa lebih cepat dari sekarang.

Software Update

Pastikan bahwa Software komputer Mac Anda selalu diperbarui dengan taratur. Ada baiknya secara otomatis di-update dengan membuka “System Preference” > “Software Update”, dan sesuaikan settingannya. Software update biasanya memperbaiki bugs atau sistem keamanan, atau hal lain yang bisa memperlambat jalannya komputer Mac Anda.

Restart

Ya, sekali-sekali mungkin Anda perlu menekan tombol Restart untuk membersihkan memori komputer dari software tak terpakai yang memperlambat jalannya kerja notebook atau desktop Mac Anda.

Tutup Tab

Tutup Tab yang sudah tidak Anda perlukan di Browser Anda. Tab yang paling banyak berpengaruh terhadap lambatnya browser adalah search Image, Google Map dan Wikimapia. Pastikan anda menutup tiga yang disebut terakhir itu jia sudah tidak memakainya lagi.

Tutup Aplikasi

Tutup aplikasi yang sudah selesai Anda gunakan, misalnya Photoshop, iMovie, Preview, atau aplikasi lainnya yang akan memakan memori komputer Mac Anda jika tidak ditutup. Salah satu cara menutup aplikasi adalah dengan menekan option-command-esc untuk force quit aplikasi.

Kurangi Aplikasi Pada Saat Boot

Kurangi aplikasi yang otomatis dibuka pada waktu Anda menyalakan komputer, karena itu akan mempercepat selesainya proses boot dan Anda bisa dengan lebih cepat menggunakan komputer Mac Anda.

Silakan buka System Preferences > System > Accounts > Login items. Sorot aplikasi yang hendak Anda buang dan klik tanda – (minus) untuk membuangnya.

Rampingkan Desktop

Rampingkan Desktop Anda. Dengan membuang icon yang tidak perlu pada Desktop Mac Anda, ini akan memberi suntikan sedikit pada kecepatan kerja. OS X memperlakukan setiap item pada desktop seperti sebuah jendela kecil dengan tapak memorinya sendiri. Gabungkan jika perlu.

Periksa Activity Monitor

Untu membuka Activity Monitor, buka Applications > Utilities > Activity Monitor. Jika ada proses yang sudah tidak digunakan maka Anda bisa menutupnya untuk mempercepat kerja komputer Mac Anda.

Bersihkan Hard Disk

Semakin lama akan semakin banyak file yang disimpan di hard disk Anda, yang sebagian sudah tidak diperlukan lagi. Membuang file lama, film, lagu, foto, dan file lain yang sudah tidak terpakai akan mempercepat kerja komputer Mac Anda.

Buang Aplikasi Yang Tak Terpakai

Lihat folder Applications, dan periksa apakah ada aplikasi, game, atau program yang tidak lagi Anda gunakan, yang jika dihapus akan membantu mempercepat kerja komputer Anda.

Bersihkan Cache Browser

Jika merasakan kerja komputer Mac Anda lambat saat membuka halaman web, maka mungkin bukan komputer Mac Anda yang bermasalah, namun masalah ada pada browser yang anda pakai. Mengosongkan cache browser akan mempercepat kerja komputer dalam membuka halaman web. Pada Firefox, klik Preferences > Privacy

Semoga bermanfaat.

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag:

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 23 Maret 2017.

Lalu «
Baru » »