15 Tempat Wisata di Wonogiri

Home » Jawa Tengah » Wonogiri » 15 Tempat Wisata di Wonogiri
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Di bawah ini adalah catatan awal tentang Tempat Wisata di Wonogiri, Jawa Tengah. Wonogiri, dengan kode area telepon 0273, berbatasan dengan Karanganyar dan Sukoharjo di Utara, Pantai Selatan di Selatan, Wonosari di Barat, dan dengan Ponorogo dan Pacitan di Timur.

Tulisan Tempat Wisata di Wonogiri dan peta wisata Wonogiri ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat. Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi.

Tempat Wisata di Wonogiri

1. Air Terjun Kahyangan
Dusun Dlepih, Desa Taman, Kecamatan Tirtomoyo, ada pula puncak Kahyangan yang konon merupakan tempat di mana Sutowijoyo menemuai Kanjeng Ratu Kidul.

2. Cagar Alam Danalaya
Kecamatan Slogohimo, berupa hutan jati, yang kayunya khusus diperuntukkan untuk membangun istana raja Surakarta.

3. Gantole
Sebuah bukit di Desa Sendang yang menjadi tempat peluncuran gantole dan paralayang, dengan ketinggian 200 m dan 400 m; tempat pendaratan bisa jelas terlihat.

4. Girimanik
Desa Setren, Slogohimo, 40 km dari Kota Wonogiri, dengan air terjun Manik Moyo (70m), Tinjo Moyo (30m), dan Condromoyo. Ada petilasan Raden Mas Said bernama Batu Resi.

5. Gua Maria
Dusun Ngampohan, Kecamatan Giriwoyo, 50 Km dari Kota Wonogiri; terdapat sebuah sendang yang dipercaya mempunyai bermacam khasiat.

6. Gua Ngantap
Desa Bayemharjo, Kecamatan Giritontro, dengan ornamen stalagtit dan stalagmit di dalam gua.

7. Gua Putri Kencana
Desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro, 40 Km dari Kota Wonogiri, dengan hiasan stalagtit dan stalagmit pada dinding gua.

8. Museum Karst Dunia
Desa Gebangharjo, Pracimantoro, 38 km dari Kota Wonogiri, dikelilingi Gua Gilap, Gua Mrica, Gua Potro Bunder, Gua Sodong, Gua Sonya Ruri, Gua Tembus, dan Luweng Sapen.

9. Museum Wayang Indonesia
Padepokan Bei Tani, di Kecamatan Wuryantoro, 15 km dari Kota Wonogiri, dengan koleksi berbagai jenis wayang kulit, wayang suket, wayang golek, topeng, dll.

10. Pantai Nampu
Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, 60 Km dari Kota Wonogiri, dengan pasir putih dan ombak yang cukup besar.

11. Pantai Sembukan
Kecamatan Paranggupito, 60 Km dari Kota Wonogiri, dengan batu karang terjal, dan perbukitan kars. Konon merupakan pintu gerbang ke-13 kerajaan Ratu Kidul.

12. Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur
Desa Sendang, Kec. Wonogiri, ditepi Waduk Gajah Mungkur, 7 km dari Kota Wonogiri, dengan taman satwa langka, kolam renang, kereta kelinci, wisata air dll.

13. Sendang Siwani
Desa Singodutan, Kecamatan Selogiri, 6 km dari Kota Wonogiri, merupakan petilasan KGPAA Mangkunegoro I dalam perang gerilya melawan Belanda.

14. Situs Kahyangan
Dusun Dlepih, Kecamatan Tirtomoyo, 47 km dari Kota Wonogiri, terdapat gua di atas kedung, konon tempat bersemedinya Danang Sutowijoyo, atau Panembahan Senopati.

15. Watu Plinteng Semar
Kawasan Taman Selopadi, Desa Giripurwo, Kec Wonogiri, 200m dari pusat Kota Wonogiri, dengan berat batu 25 ton, bersandar pada Pohon Asem Jawa yang sangat besar.

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag: ,

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 20 Januari 2017.

Lalu «
Baru » »