17 Tempat Wisata di Tuban

Di bawah ini adalah catatan tentang Tempat Wisata di Tuban, Jawa Timur. Wilayah Tuban berbatasan langsung dengan Laut Jawa di Utara, wilayah Lamongan di Timur, wilayah Bojonegoro di Selatan, serta wilayah Rembang dan Blora di Barat.

Tulisan Tempat Wisata di Tuban dan Peta Wisata Tuban ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat. Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi.

Tempat Wisata di Tuban

1. Air Terjun Nglirip
Dusun Jojogan, Desa Mulyoagung, Kec Singgahan, 35 Km dari Kota Tuban, dengan ketinggian air 30 m, dan ada gua di balik curug.

2. Gua Akbar
Desa Gedongombo, Kec Semanding, 1 km dari pusat Kota Tuban; di halaman gua terdapat relief yang menceritakan sejarah Tuban.

3. Gua Ngerong
Desa Rengel, Kecamatan Rengel, dengan habitat kelewawar, dan di sungai yang airnya mengalir dari dalam gua hidup ribuan ikan.

4. Gua Putri Asih
Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, di tengah rimbunan hutan jati, dengan panjang lorong 250 m, stalaktit dan stalagmit alami.

5. Gua Suci
Dusun Suci, Desa Wangun, Kecamatan Palang, merupakan situs peninggalan Majapahit, dengan dinding batu seperti dipahat, dengan kedalaman 14 m.

6. Kelenteng Kwan Sing Bio
Jalan Martadinata No. 1, Tuban, menghadap laut, kelenteng pertama yang menggunakan kepiting sebagai simbol pada gerbangnya.

7. Kelenteng Tjoe Ling Kiong
Jalan Panglima Sudirman No.104, Tuban, menghadap alun-alun, dengan Kong Co utama Thian Sang Seng Bo.

8. Makam Sunan Bonang
Desa Kutorejo, Kecamatan Tuban Kota, di belakang Masjid Agung Tuban; makam aslinya sendiri berada di Desa Bonang, Rembang.

9. Makam Syeh Maulana Ibrahim Asmaraqandi
Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, merupakan makam Ayahanda Sunan Ampel yang selalu ramai dikunjungi peziarah.

10. Masjid Agung Tuban
Jalan Sunan Bonang No. 10, Desa Kutorejo, Kecamatan Tuban Kota, didirikan pada abad ke-15, direnovasi pada 1894 dan 2000.

11. Mata Air Krawak
Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, di tengah hutan jati Perhutani, berupa sungai dengan air sangat jernih.

12. Museum Kambang Putih
Jl. Kartini No. 3, Kompleks Pendopo Krida Manunggal, Tuban, yang pada awal tahun ini dikabarkan dalam keadaan terlantar.

13. Pantai Boom Tuban
Desa Sendangharjo, Kecamatan Kota, yang dibuka sejak 1 Januari 2011 setelah mengalami renovasi.

14. Pantai Panyuran
Desa Panyuran, Kecamatan Palang, 4,5 Km dari Kota Tuban, ada warung penjual nasi jagung khas Tuban, legen, dll, ada juga area berkemah.

15. Pantai Sowan
Desa Sowan, Kecamatan Bancar, 30 Km dari Kota Tuban, dengan pasir putih dan karang pantai.

16. Pemandian Bektiharjo
Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, 5 km dari Kota Tuban dengan sumber mata air sangat jernih, dan ada kelompok kera jinak.

17. Wana Wisata Prataan
Desa Parang Batu, Kecamatan Parengan, 45 km dari Kota Tuban, air panas di tengah hutan, 5 km dari pusat kecamatan

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Timur » Tuban » 17 Tempat Wisata di Tuban
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 15 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap