10 Tempat Wisata di Toba Samosir

Di bawah ini adalah catatan lengkap Tempat Wisata di Toba Samosir. Peta Wisata Toba Samosir dengan penanda oleh The Aroengbinang Project akan ditambahkan kemudian. Tulisan tempat Wisata di Toba Samosir akan diperbarui ketika informasi baru tersedia, dan posisi koordinat GPS telah diperoleh.

Kabupaten Toba Samosir merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Tapanuli Utara berdasarkan Undang–Undang Nomor 12 Tahun 1998 tentang Pembentukan Kabupaten Toba Samosir dan Kabupaten Mandailing Natal di Sumatera Utara. Kabupaten Toba Samosir diresmikan pada 9 Maret 1999.

Tempat Wisata di Toba Samosir

1. Air Terjun Sigura-gura »
Air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 250 m ini berada sekitar 250 km dari Kota Medan, di aliran Sungai Asahan yang airnya bermula dari Danau Toba.

2. Dolok Tolong »
Sekitar 5 km dari Kota Balige pada ketinggian 1200 mdpl di puncaknya, dimana terdapat menara satelit Telkom.

3. Makam Pahlawan Raja Sisingamangaraja XII »
Makam pahlawan nasional ini sebelumnya berada di Tarutung, sebelum kemudian dipindahkan ke Soposurung, Balige pada tahun 1953.

4. Museum T. B. Silalahi Center »
Jl. Pagar Batu No. 88, Desa Silalahi, Kecamatan Balige, yang mendokumentasikan jejak langkah sejarah Letjen TNI (Purn) Dr. Tiopan Bernhard Silalahi dan untuk melestarikan budaya Batak.

5. Onan Balerong »
Pasar tradisional di Kecamatan Balige, dengan enam deretan bangunan bercirikan rumah adat yang disebut Balerong berhias Gorga, ornamen desain arsitektur khas Batak.

6. Pantai Desa Meat »
Pinggiran Danau Toba di Desa Meat dengan pemandangan alam indah ke arah danau, persawahan, dan gunung-gunung di sekeliling desa.

7. Pantai Long Beach »
Tepian landai Danau Toba yang berpasir di Ajibata dengan panjang 300 meter, dimana tersedia sepeda air, dan kapal cepat yang bisa menyeberang ke Pulau Samosir.

8. Pantai Lumban Silintong »
Sekitar 3 km dari Kota Balige, ada restoran apung di pantai pinggir Danau Toba ini yang ramai dikunjungi pejalan.

9. Rumah Budaya Jangga Dolok »
Sebuah desa adat di lereng bukit, dimana pengunjung bisa bertemu dengan orang Batak asli dan melihat budaya unik yang terus terpelihara hingga saat ini.

10. Taman Eden 100 »
Desa Sionggang Utara, Kecamatan Lumbanjulu, 40 km dari Kota Balige, berupa taman seluas 40 hektare yang didominasi pohon khas yang tumbuh di sekitar Danau Toba, serta dihuni sekelompok monyet

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Sumatera Utara » Toba Samosir » 10 Tempat Wisata di Toba Samosir
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 15 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap