16 Tempat Wisata di Ternate

Catatan tentang Tempat Wisata di Ternate. Kota Ternate berada di Provinsi Maluku Utara di wilayah Indonesia bagian Timur, dan daftar tempat wisata di Kota Ternate yang perlu Anda kunjungi disajikan dalam tulisan ini. Kota Ternate berada di kaki Gunung Api Gamalama, sebuah gunung stratovolcano kerucut yang merupakan keseluruhan Pulau Ternate.

Keberadaan Kota Ternate dimulai dengan berdirinya Kesultanan Ternate pada sekitar abad ke-13. Pada 1607 Kornelis Matelief de Jonge membangun Fort Oranje di kota ini. Ternate memiliki 8 pulau. Pulau Ternate, Pulau Hiri, Pulau Moti, Pulau Mayau, dan Pulau Tifure merupakan pulau berpenduduk, sedangkan Pulau Maka, Pulau Mano dan Pulau Gurida tidak berpenghuni.

Pintu masuk ke Ternate bisa lewat Bandar Udara Sultan Babullah menggunakan pesawat Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Batavia Air, Wings Air, Merpati Airlines, Express Air dan Trigana Air. Penerbangan bisa dilakukan melalui Kota Makassar, Manado dan Sorong. Menggunakan Kapal Pelni bisa dua kali perminggu. Ada pula perusahaan ekspedisi kapal angkutan, yaitu Mentari dan Tanto.

Angkot dan taksi tersedia untuk transportasi darat. Speed, perahu kecil dari fiberglass, digunakan untuk menyeberang ke pulau sekitar seperti Halmahera, Tidore, Hiri, Moti, Meitara. Makanan khas Ternate, dan Maluku Utara pada umumnya, adalah popeda (sagu), ketam kenari, halua kenari, bagea, ikan asap (ikan Fufu), gohu ikan, dan ikan garu rica. Mutiara laut dan batu bacan bisa ditemui di Ternate untuk dibawa sebagai cindera mata.

Tempat Wisata di Kota Ternate

1. Batu Angus

2. Benteng Oranje

3. Benteng Kalamata

4. Benteng Kastela

5. Benteng Kota Janji

6. Benteng Tolukko

7. Danau Laguna

8. Danau Tolire

9. Keraton Kesultanan Ternate

10. Laguna / Danau Ngade

11. Masjid Al Munawwaroh Ternate

12. Masjid Sultan Ternate

13. Pantai Bobane Ici

14. Pantai Kastela

15. Pantai Sulamadaha

16. Swering

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Maluku Utara » Ternate » 16 Tempat Wisata di Ternate

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email. Diperbaiki 15 Juli 2017. Tag: ,