6 Tempat Wisata di Tanjungbalai

Di bawah ini adalah catatan lengkap Tempat Wisata di Tanjungbalai. Peta Wisata Kota Tanjungbalai dengan penanda oleh The Aroengbinang Project akan ditambahkan kemudian. Tulisan diperbarui ketika informasi baru tersedia, dan posisi koordinat GPS dari obyek wisata Kota Tanjungbalai telah diperoleh.

Kota Kerang adalah julukan Kota Tanjungbalai yang berada di Provinsi Sumatera Utara ini, sekitar 4 jam dari Kota Medan, dan merupakan jalur alternatif untuk menuju ke Danau Toba. Lokasinya berada di tepian Sungai Asahan yang merupakan sungai terpanjang di Sumatera Utara.

Kota Tanjungbalai yang memiliki luas wilaya sekitar 60 km2 ini tampaknya masih dalam upaya berbenah untuk bisa memiliki tempat-tempat wisata yang mampu menarik minat orang untuk berkunjung ke kota ini.

Tempat Wisata di Tanjungbalai

1. Jembatan Tanjungbalai – Sei Kepayang
Disebut juga Jembatan Tabayang, merupakan jembatan terpanjang di Provinsi Sumatera Utara, dengan bentang mencapai 600 meter di atas Sungai Asahan, Kota Tanjungbalai.

2. Kelenteng Dewi Samudera
Kelenteng di Kota Tanjungbalai ini baru diresmikan pada 18 April 2009.

3. Pelabuhan Teluk Nibung
Pelabuhan Kota Tanjungbalai yang kabarnya hendak dikembangkan menjadi pelabuhan bertaraf internasional.

4. Pulau Besusen
Salah satu pulau di Sungai Asahan, selain Pulau Ulangge, Pulau Lebos dan Pulau Tuan Taher, yang menunggu dikembangkan untuk menjadi kawasan wisata.

5. Sungai Asahan
Airnya yang tenang berasal dari Danau Toba. Sungai Asahan sepertinya masih akan dikembangkan agar memiliki daya tarik wisata yang kuat bagi Kota Tanjungbalai.

6. Vihara Tri Ratna
Lokasinya berada di Jalan Asahan, merupakan vihara terbesar di Kota Tanjungbalai, dengan patung Buddha di puncak bangunannya.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Sumatera Utara » Tanjungbalai » 6 Tempat Wisata di Tanjungbalai

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 15 Juli 2017. Tag: ,