27 Tempat Wisata di Tabanan

Home » Bali » Tabanan » 27 Tempat Wisata di Tabanan
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Tulisan ini merupakan catatan lengkap daftar Tempat Wisata di Tabanan. Tabanan adalah kabupaten di provinsi Bali, dengan kode area telepon 0361, sekitar 35 km dari kota Denpasar, berbatasan dengan Buleleng di Utara, Badung di Timur, Samudra Indonesia di Selatan dan Jembrana di Barat. Bagian Utara merupakan daerah pegunungan dengan puncak Gunung Batukaru (2.276 mdpl) dan bagian Selatan merupakan daerah pantai dan dataran rendah.

Tulisan Tempat Wisata di Tabanan dan peta wisata Tabanan ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat.

Tempat Wisata di Tabanan

1. Air Panas Angseri Tabanan
Banjar Munduk Lumbang, Desa Angseri, Kec Baturiti, dengan kolam renang dewasa dan anak, 6 bilik berkapasitas 6 orang per bilik; ada satu bilik yang suhu airnya 46 derajat.

2. Air Panas Belulang
Desa Mangesta, Kec Penebel, di kawasan Pura Luhur Gede Batu Panas, 17 km dari Tabanan, terdapat pancuran untuk umum. Harus berjalan 200 m dari untuk ke lokasi ini.

3. Air Panas Penatahan
Desa Penatahan, Kec Penebel, 13 km dari Kota Tabanan, di tepi sungai Yeh Ho dengan panorama persawahan terasering, yang airnya membantu menyembuhkan penyakit kulit.

4. Air Terjun Pujungan
Desa Pujungan, Kec Pupuan, 48 km dari pusat Kota Tabanan, dengan air terjun 25 m, serta pemandangan perkebunan kopi, kakao dan cengkeh; ada penginapan dan restoran.

5. Bedugul
Di perbatasan Tabanan dan Buleleng, 26 km dari pusat Kota Tabanan, pada ketinggian 1240 mdpl, dengan tiga danau dikelilingi perbukitan, dan sebuah gua peninggalan Jepang.

6. Danau Beratan
Di kawasan Bedugul dengan wisata Bedugul dan Ulun Danu. Di Bedugul ada penginapan, rumah makan, penyewaan perahu, dan di Ulun Danu ada Pura Ulun Danu, dan penyewaan perahu.

7. Danau Buyan
Di kawasan Bedugul, di sebelah kiri jalan Desa Pancasari, dan merupakan tempat terkenal untuk pemancingan, namun dengan jumlah pengunjung tidak seramai Danau Beratan.

8. Danau Tamblingan
Berada 5 km dari Danau Buyan, dengan melewati Bukit Pengalengan yang di dalamnya terdapat gua Jepang dan habitat kera jinak; ada jalur trekking dan perkemahan.

9. Jatiluwih
Lokasinya berada 27 km dari Kota Tabanan, pada ketinggian 700 mdpl dengan panorama persawahan bertingkat, pegunungan berhutan lebat dengan udara pegunungan.

10. Kebun Raya Bedugul
Berupa kawasan hutan suaka di daerah Bedugul, 22 km dari Kota Tabanan; ada bangunan rumah kaca untuk penelitian dan pengembangan tumbuhan anggrek dan tanaman lainnya.

11. Museum Subak
Desa Senggulan, Kec Kediri, 20 km dari Denpasar, dengan peralatan irigasi dan pertanian tradisional Bali, seperti peralatan menuai padi, membajak, perangkap ikan, dll.

12. Pantai Beraban
Kec Selemadeg Timur, 24 km dari pusat Kota Tabanan, dengan pantai berpasir hitam dan ombak yang besar, serta pemandangan persawahan terasering.

13. Pantai Kedungu
Banjar Kedungu, Desa Belalang, Kec Kediri, 12 km dari Tabanan, dengan pantai landai dan ombak besar, pemandangan terasering sawah serta panorama matahari terbenam.

14. Pantai Kelating
Desa Kelating, Kec Kerambitan, 13 km dari Kota Tabanan, dengan pantai berpasir hitam dan ombak yang besar.

15. Pantai Kelecung
Desa Tegal Mengkeb, Selemadeg Timur, dengan pantai berpasir hitam dan berombak besar, serta panorama sawah bertingkat.

16. Pantai Nyanyi
Desa Beraban, Kecamatan Kediri, 13 km dari pusat Kota Tabanan, dengan panorama yang indah terutama pada saat bulan purnama.

17. Pantai Pasut Tabanan
Desa Tibubiu, Kec Karambitan, 14 km dari pusat Kota Tabanan, yang digunakan untuk perlombaan mendayung sampan, dengan pantai berpasir hitam mengkilap yang luas dan landai.

18. Pantai Soka Tabanan
Desa Antap, Selemadeg, 25 km dari Tabanan ke jurusan Denpasar-Gilimanuk, dengan pemandangan pantai yang indah; ada sebuah periuk batukarang dan dapur kuno milik Kebo Iwa.

19. Pantai Suraberata Tabanan
Desa Lalanglinggah, 30 km dari pusat Kota Tabanan, dengan pasir berwarna hitam dan ombak yang cukup baik untuk berselancar; ada pasar tradisional.

20. Pura Alas Kedaton Tabanan
Desa Kukuh, Marga, 3 km dari Kota Tabanan, dikelilingi hutan yang dihuni kawanan kera dan kalong. Memiliki empat pintu masuk, dan halaman dalamnya letaknya lebih rendah.

21. Pura Luhur Batukaru Tabanan
Desa Wongaya Gede, Kec Penebel, di lereng selatan Gunung Batukaru, yang dikelilingi hutan dengan udara segar, dimana tersimpan benda peninggalan purbakala.

22. Pura Makori Tabanan
Desa Blimbing, 55 km dari Denpasar, atau 32km dari Kota Tabanan. Di pura ini tidak ada pelinggih, yaitu stana tempat pemujaan bagi pemeluk agama Hindu.

23. Pura Tanah Lot Tabanan
Desa Beraban, Kec Kediri, 13 km dari Kota Tabanan, dirikan abad ke XV oleh Danghyang Nirartha dari Majapahit. Pemandangan purnama dan matahari tenggelam sangat indah.

24. Puri Anyar dan Puri Agung
Di Kerambitan, 7 km dari Kota Tabanan; puri kuno dengan dihiasi lukisan dari abad ke 17. Sambil bersantap malam, disajikan pertunjukan seni seperti Tektekan dan Joged Bumbung.

25. Taman Kupu-kupu Bali
Jl. Batukaru, Banjar Sandan Lebah, Wanasari, 6 Km dari pusat Kota Tabanan, dengan ruangan tertutup jaring seluas 3.700 m3 untuk melepaskan sekitar 3.500 kupu-kupu per bulan.

26. Taman Pahlawan Margarana
Seluas 9 ha di Desa Marga, Kec Marga, 25 km dari Denpasar, makam para pejuang yang gugur pada Perang Puputan Margarana, 20 November 1946, yang dipimpin I Gusti Ngurah Rai.

27. Yeh Gangga
Berada 31 km dari Kota Denpasar, dengan kawasan pantai berkarang indah, tempat nelayan menangkap ikan dan udang; Pantainya sangat lebar ketika air laut tengah surut.

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag: ,

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 20 Januari 2017.

Lalu «
Baru » »