17 Tempat Wisata di Sumedang

Home » Jawa Barat » Sumedang » 17 Tempat Wisata di Sumedang
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Tulisan ini merupakan catatan lengkap daftar Tempat Wisata di Sumedangyang bisa bermanfaat bagi para pejalan. Sumedang adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, berbatasan dengan daerah Indramayu di Utara, Garut di Selatan, Majalengka di Timur, Bandung di Barat Daya, dan Subang di bagian Barat.

Umumnya wilayah Sumedang berupa pegunungan, dengan sebagian kecil wilayah di Utara merupakan dataran rendah. Untuk melihat lokasi sejumlah tempat wisata Sumedang yang sudah diketahui data koordinat GPS-nya, silahkan untuk melihat tulisan Peta Wisata Sumedang.

Tempat Wisata di Sumedang

1. Alun-alun Sumedang
Jalan Prabu Geusan Ulun, Kec Sumedang Selatan, di pusat Kota, yang disekelilingnya terdapat Masjid Agung, Gedung DPR, Kantor Kejaksaan, dan Lapas. Di tempat ini terdapat Monumen Lingga, dan diteduhi dengan pohon-pohon yang rindang.

2. Bumi Perkemahan Kiara Payung
Kec Jatinangor dan Kec Tanjungsari, pada ketinggian 900 mdpl di kaki Gunung Manglayang, dengan udara sejuk; ada menara setinggi 12 m untuk kegiatan Rappelling, serta tersedia beberapa tempat berteduh dengan kapasitas 25 orang.

3. Cadas Pangeran
Desa Ciherang Kecamatan Sumedang Selatan, 8 Km dari kota, dengan tebing cadas setinggi 150 m; ada Monumen Pangeran Kornel, yang menyalami Daendels dengan tangan kiri dan tangan kanannya memegang keris.

4. Cipanas Cilengsing
Desa Cilangkap, Kec Buah Dua, 15 Km dari pusat Kota Sumedang, dengan sumber air panas mengandung belerang yang dipercaya bisa membantu menyembuhkan penyakit kulit.

5. Cipanas Sekarwangi
Desa Sekarwangi, Kecamatan Conggeang, di kaki gunung Tampomas, sekitar 19 Km dari pusat Kota Sumedang. Di sini tersedia penginapan dan kamar mandi air panas.

6. Cipanteuneun
Di kaki gunung Tampomas, 5 Km dari pusat Kota, berupa kolam alam seluas 1 Ha, yang memiliki empat sumber mata air yang masing-masing konon mempunyai khasiat tersendiri.

7. Curug Sindulang
Desa Sindulang, Kec Cimanggung, yang memiliki dua buah air terjun yang masing-masing berketinggian 50 m; bisa diakses dengan menggunakan lintas jalan Cicalengka – Leuwiliang.

8. Curug Cipongkor
Desa Ciberang, Kecamatan Sumedang Selatan, dengan lingkungan yang masih alami, namun harus ditempuh dengan berjalan kaki sejauh 3 km dari tempat penitipan kendaraan.

9. Gunung Kunci
Berupa bukit kecil dengan tumbuhan pinus; terdapat Goa yang dibuat 1917 oleh Belanda sebagai penjara dan gudang senjata, dikenal dengan nama Gua Kunci. Di dalam gua terdapat ruangan-ruangan yang dihubungkan oleh lorong-lorong.

10. Gunung Lingga
Desa Cimaraga, Kec Darmaraja, 20 Km dari pusat Kota, dimana terdapat petilasan Prabu Tajimalela, Raja Sumedang Larang yang ke dua, berupa menhir yang terdapat dipuncak Gunung Lingga.

11. Gunung Tampomas
Kec Buah Dua, Congeang, Sindangkerta dan Cibeureum, dengan puncak setinggi 1.684 mdpl; ada bekas kawah dan batu hitam besar, dengan pemandangan lepas ke Sumedang; diakses dari Cibeureum Wetan – Cimalaka sebagai pintu masuk kawasan.

12. Kampung Toga
Desa Sukajaya, Kec Sumedang Selatan, 3 Km dari pusat Kota, ditumbuhi tanaman obat, pengunjung bisa melihat pemandangan Kota Sumedang, terdapat permainan arung jeram, berkuda, gantole, hiking, paragliding, paint ball, dan trekking.

13. Makam Cut Nyak Dien
Gunung Puyuh, Kec Sumedang Selatan, pahlawan Perang Aceh yang meninggal pada 6 November 1908. Makamnya baru ditemukan pada 1959 atas permintaan Gubernur Aceh Ali Hasan. Pada 2 Mei 1964 Cut Nyak Dien ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

14. Masjid Agung Sumedang
Jl Prabu Geusan Ulun, Regol Wetan, Kec Sumedang Selatan, diperkirakan dibangun pada 1781-1828, semasa Pangeran Kornel; pada 1836-1882 dipindahkan ke tempatnya yang sekarang pada masa Pangeran Soeria Koesoemah Adinata.

15. Monumen Lingga
Di Alun-alun, dibuat 1922 oleh Gubernur Jenderal Mr D Fock sebagai penghargaan bagi Pangeran Aria Soeriatmaja, Bupati Sumedang 1883-1919, yang berhasil mensejahterkan rakyatnya.

16. Museum Prabu Geusan Ulun
Sekitar 50 m dari Alun-Alun, berdampingan dengan Gedung Bengkok atau Gedung Negara, dibangun pada 1973, menyimpan peninggalan Kerajaan Sumedang Larang, diantaranya Mahkota Binokasih yang terbuat dari emas dan intan berlian.

17. Tempat Wisata Kuliner di Sumedang
Catatan sejumlah tempat wisata kuliner di Sumedang yang layak untuk dicoba.

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag: ,

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 20 Januari 2017.

Lalu «
Baru » »