14 Tempat Wisata di Sukoharjo

Home » Jawa Tengah » Sukoharjo » 14 Tempat Wisata di Sukoharjo
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Di bawah ini adalah catatan lengkap tentang Tempat Wisata di Sukoharjo. Sukoharjo, dengan kode area telepon 0271, berbatasan dengan Kota Surakarta di Utara, wilayah Karanganyar di Timur, Wonogiri dan Gunung Kidul di Selatan, serta Klaten di Barat. Bengawan Solo membelah Sukoharjo menjadi dua bagian, dan Sukoharjo ada di lintasan jalur kereta api Solo-Wonogiri.

Tulisan Tempat Wisata di Sukoharjo dan peta wisata Sukoharjo ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat. Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi.

Tempat Wisata di Sukoharjo

tempat wisata di sukoharjo1. Benteng Kartasura »
Merupakan benteng peninggalan jaman Keraton Kartasura yang berlubang ketika terjadi geger Pecinan. Meskipun jalur pedestrian di tepi benteng sudah rapi, namun adanya tanaman di banyak titik membuat jalur pedestrian itu praktis tak bisa dilewati. Mungkin memang sengaja dibuat demikian, untuk membantu menjaga benteng dari tangan-tangan jahil.

2. Batu Seribu »
Desa Gentan, Bulu, 20 km dari Kota Sukoharjo. Melewati Sendang Lele, 2,5 km kemudian masuk terowongan untuk melihat genangan air di bawah Pohon Gondang.

3. Grogol Indah »
Desa Telukan dan Pondok, Kecamatan Grogol, merupakan wisata tirta dengan lomba balap getek dan tangkap itik, bebek air, perahu dayung dan motor, dll.

4. Makam Balakan »
Desa Balakan (Mertan), Kec. Bendasari, merupakan makam keturunan Raja Brawijaya yang dikeramatkan masyarakat setempat.

tempat wisata di sukoharjo5. Makam Patih KRA Sosronagoro »
KRA Sosronagoro yang wafat pada 1828 itu adalah patih PB IX yang terkenal bijaksana dan dimakamkan bersebelahan dengan bapak dan ibunya. Sang ayah bernama Raden Panji Wiryodipuro. Peziarah dari berbagai daerah biasanya datang pada malam Jumat dan Selasa Kliwon untuk tirakat dan ngalap berkah.

tempat wisata di sukoharjo6. Makam KH Samanhudi »
Makam perintis Batik Laweyan dan pendiri Sarekat Dagang Islam. Adalah Presiden Soekarno yang menyematkan Bintang Maha Putra kepada Soekamto Samanhudi atas nama keluarga Haji Samanhudi di Istana Merdeka pada 15 Februari 1960, empat tahun setelah KH Samanhudi meninggal dunia.

7. Makam Taruwongso »
Kecamatan Tawangsari, merupakan makam yang dikeramatkan di puncak Gunung Taruwongso dengan pemandangan hamparan sawah perumahan penduduk.

tempat wisata di sukoharjo8. Masjid Hastana Keraton Kartasura »
Masjid yang dibangun pada 1827 di jaman Pakubuwana X oleh Yayasan PB X Keraton Surakarta Hadiningrat. Konon sebagian besar bangunan dan kayu masjid masih asli seperti ketika dibangun.

tempat wisata di sukoharjo9. Museum Samanhudi »
Menyimpan peninggalan Kyai Haji Samanhudi yang dikenal sebagai pendiri Sarekat Dagang Islam, organisasi massa yang awalnya merupakan wadah para pengusaha batik Islam di Solo guna melawan masuknya pedagang asing yang menguasai ekonomi rakyat pada masa itu.

10. Pandawa Water World »
Kawasan Solo Baru, 1 km dari Kota Solodengan kolam renang, surving boogie, lazy river, Bungy Tower dll.

tempat wisata di sukoharjo11. Pesanggrahan Langenharjo »
Desa Langenharjo, Kec. Grogol, 6 km dari Kota Solo, merupakan peninggalan Kraton Surakarta, dibangun oleh Pakubuwono X, dengan pemandian air panas. Tempat pertama yang saya kunjungi di tempat ini adalah pendopo depan yang disebut Prabasana, biasa digunakan untuk pertunjukan wayang, sarasehan, dan juga tirakatan.

tempat wisata di sukoharjo12. Petilasan Keraton Kartosuro »
Desa Kartosuro, Kartosuro, 25 km dari Kota Sukoharjo, dengan beteng, alun-alun, Sumur Madusaka, Makam Bray Sedah Mirah. Sepetak lantai dengan dua buah batu besar di bawah pohon rindang ini disebut sebagai satu-satunya peninggalan bangunan Keraton Kasunanan Kartasura yang masih tersisa.

tempat wisata di sukoharjo13. Petilasan Keraton Pajang »
Gang Benowo II, masuk dari Jl Joko Tingkir, sekitar 75m setelah Hotel Pajang Indah, atau 600m setelah Tugu Lilin Pajang. Di Petilasan ada patung kepala bermakuta, mungkin arca Hadiwijaya, dengan mawar melati di atas daun pisang, sebuah gentong dan Yoni di depannya. Menjulang agak tinggi di belakangnya adalah makuta yang hampir menyerupai stupa dengan ornamen susun daun di pangkalnya.

14. Waduk Mulur »
Desa Mulur, Kecamatan Bendosari, ada karamba ikan nila, warung makan lesehan, sebaiknya dikunjungi pagi atau sore hari.

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag: ,

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 24 Februari 2017.

Lalu «
Baru » »