12 Tempat Wisata di Simalungun

Di bawah ini adalah catatan lengkap Tempat Wisata di Simalungun. Peta Wisata Simalungun dengan penanda oleh The Aroengbinang Project akan ditambahkan kemudian. Tulisan akan diperbarui ketika informasi baru tersedia, dan posisi koordinat GPS dari obyek wisata di Simalungun telah diperoleh.

Tempat Wisata Simalungun

1. Batu Gantung
Di tebing perbukitan pinggir Danau Toba, sekitar 3 km dari Kota parapat, ditempuh dengan menggunakan Speed Boat sekitar 45 menit.

2. Dolok Simarsolpa
Dusun Durian Baggal, Desa Sindaraya, Kecamatan Raya Kahaean, Simalungun, sekitar 45 menit dari Pematangsiantar atau 1,5 jam dari Tebing Tinggi

3. Haranggaol
Sekitar 40 Km dari Parapat, di tepi Danau Toba dengan alam yang asri dan masih perawan, serta sumber pemasok ikan air tawar.

4. Karang Anyer
Pemandian alam di area Perkebunan Laras PTPN IV Bah sekitar 15 km dari Pematangsiantar, di Nagori Karang Anyar, Kecamatan Gunung Maligas.

5. Kramat Kubah
Banyak terdapat kera yang hidup dengan bebas, ada kelenteng kecil tempat orang Tionghoa menyampaikan nazarnya.

6. Parapat
Di tepi Danau Toba, sekitar 48 km dari Kota Pematangsiantar, salah satu titik persinggahan penting Jalan Raya Lintas Sumatera bagian barat yang menghubungkan Medan dengan Padang.

7. Rumah Bolon Pematang Purba
Istana peninggalan Kerajaan Purba yang dibangun pada tahun 1864 oleh Raja Purba ke XII Tuan Rahalim, sekitar 54 km dari Pematangsintar, dibangun dengan arsitektur tradisional tanpa paku.

8. Sipolha
Di tepi Danau Toba dengan keindahan alam dan panorama menarik serta pantai yang landai dan indah.

9. Tanjung Unta
Di tepi Danau Toba berbentuk seekor Unta yang sedang beristirahat dengan teluk indah dan panorama alam elok, sekitar 61 Km dari Pematangsiantar.

10. Tigaras
Di Kec. Dolok Pardomuan, dengan Pantai Garoga dan kemiringan sekitar 50 derajat, pantainya dipenuhi batu-batu raksasa yang diukir oleh ombak Danau Toba, 48 Km dari Kota Pematangsiantar.

11. Timuran
Nagori Mariah Jambi, Kecamatan Jawa Maraja, Simalungun, merupakan pemandian alam yang lokasinya cukup jauh dari jalan besar.

12. Tinggi Raja
Desa Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, Simalungun, berupa cagar alam seluas 176 hektar dengan sumber air panas yang mengalir ke Sungai Bah Balakbak dan menjadi pertemuan air panas dan air dingin, sekitar 80 km dari Pematangsiantar.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Sumatera Utara » Simalungun » 12 Tempat Wisata di Simalungun
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 15 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap