15 Tempat Wisata di Sampang

Di bawah ini adalah catatan awal tentang Tempat Wisata di Sampang. Sampang berada sekitar 100 Km dari Kota Surabaya, berbatasan dengan Laut Jawa di Utara, Selat Madura di Selatan, Bangkalan di Barat dan Pamekasan di Timur, dicapai dalam waktu 1,5 jam melalui Jembatan Suramadu atau 45 menit melalui laut plus 2 jam lagi perjalanan darat.

Tulisan Tempat Wisata di Sampang dan Peta Wisata Sampang ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat. Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi.

Tempat Wisata di Sampang

1. Air terjun Toroan
Desa Ketapang Daja, Kecamatan Ketapang, 43 km dari Kota Sampang, dimana air dengan ketinggian sekitar 10 m terjun bebas ke laut lepas.

2. Goa Lebar
Kelurahan Dalpenang, 800 m dari pusat Kota Sampang, terletak di dataran tinggi dengan pemandangan luas ke Kota Sampang. Di dalam terdapat petilasan Trunojoyo.

3. Gua Kelelawar
Dihuni ribuan kelelawar dengan udara dingin lembab dan dihias stalakmit, terletak sekitar 2 km dari Gua Macan.

4. Gua Macan
Desa Bira Temor, Kecamatan Sokobanah, 5 km dari kantor kecamatan, dengan batuan stalaktit dan stalakmit di mulut gua yang menyerupai mulut macan.

5. Hutan Kera Nepa
Desa Nepa, Kecamatan Banyuates, 50 km dari pusat Kota Sampang, berupa kawasan hutan kera Nepa, pantai utara dan aliran sungai.

6. Masjid Agung Sampang
Merupakan masjid megah di Jl. Pahlawan dengan ornamen ukiran kayu pada bagian mihrab dan berdinding kaca hias.

7. Pantai Camplong
Desa Dharma Camplong, 9 km dari pusat kota, di jalan Sampang – Pamekasan, dengan acara-acara khusus pada hari-hari tertentu.

8. Situs Makam Bangsacara dan Ragapatmi
Pulau Mandangin, 45 menit dari pelabuhan Tanglok. Bangsacara (hulubalang) Raja Bidarba dibunuh karena mau memperistri Ragapatmi, istri Raja, yang kemudian juga bunuh diri.

9. Situs Makam Pangeran Santo Merto
Kelurahan Karangdalam, Kecamatan Sampang, yaitu makam Pemangku Pemerintahan Pulau Madura di Sampang semasa Pemerintahan Raja Cakraningrat I.

10. Situs Makam Sayyid Ustman Bin Ali Bin Abdillah
Dusun Pajegan, Desa Tamberu Barat, Kecamatan Sokobanah, berupa makam seorang mubaligh yang berasal dari Siria.

11. Situs Pababaran Trunojoyo
Kelurahan Rongtengah, Kota Sampang, berupa petilasan tempat lahir dan tempat ditanamnya ari-ari Trunojoyo.

12. Situs Ratu Ebu
Kelurahan Polagan, Sampang, 2 km dari Sampang, berupa makam priyayi, diantaranya Ibunda Raja Sampang R. Praseno, serta masjid untuk sumpah pocong yang disebut “Tanto”.

13. Sumur Daksan
Kelurahan Dalpenang, 200 m dari pusat Kota Sampang, yang merupakan tempat bersemedi pembesar Kerajaan Majapahit pada saat mengalami perpecahan dan keruntuhan.

14. Waduk Klampis
Desa Kramat, Kecamatan Kedungdung, 8 km dari pusat Kota Sampang, yang berfungsi sebagai irigasi, budidaya ikan air tawar, udang dan tempat wisata.

15. Waduk Nepa
Desa Montor, Kecamatan Banyuates, 55 km dari pusat Kota Sampang, dengan luas area irigasi 1.150 Ha.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Timur » Sampang » 15 Tempat Wisata di Sampang
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 15 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap