20 Tempat Wisata di Sambas

Tulisan ini merupakan catatan Tempat Wisata di Sambas, sebuah kecamatan dan sekaligus menjadi ibukota kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat. Sambas dahulu pernah menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Sambas.

Masyarakat Sambas didominasi oleh suku Melayu Sambas, dengan Bahasa Melayu khas dialek Sambas. Dari Pontianak, pejalan bisa naik bus ke Sambas dengan waktu tempuh sekitar lima jam. Kamu bisa berbagi dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat wisata yang telah kamu kunjungi.

Tempat Wisata di Sambas

1. Air Terjun Riam Caggat
Desa Batang Air, Kecamatan Sajingan Besar, 85 km dari Sambas, merupakan obyek air terjun indah setinggi 67 m dengan batu-batuan besar.

2. Danau Sebedang
Desa Sebedang, 12 km dari Kota Sambas, dikelilingi pegunungan dengan ketinggian 400 mdpl, merupakan salah satu tempat para sultan Sambas untuk beristirahat.

3. Geratak Batu
Desa Durian, merupakan obyek jembatan beton peninggalan zaman kolonial, menghubungkan Desa Durian dengan Desa Jagur dan Lorong.

4. Gua Alam Santok
Kec Sajingan Besar, 85 km dari Kota Sambas, obyek berpemandangan indah, terdapat Patung Bunda Maria, pernah menjadi tempat meditasi, sembahyang, masih dianggap tempat sakral.

5. Istana Alwatzikoebillah
Dalam Kaum, dibangun 1933 – 1935, semasa pemerintahan Sultan Muhammad Mulia Ibrahim Syafiuddin (1931-1943), sultan ke-15 Kesultanan Sambas.

6. Kain Tenun Songket Sambas
Desa Jagur dan Sumber Harapan, dikenal juga sebagai Kain Lunggi, dengan berbagai macam corak dan warna.

7. Masjid Agung Jami’ Sambas
Berada tepat di depan Istana Alwatzikoebillah Dalam Kaum, masjid tua dan salah satu masjid terbesar Kota Sambas, dengan bedug dan kendi raksasa, serta mimbar antik.

8. Makam Kesultanan Sambas
Dalam Kaum dengan cungkup besar dibangun 1904 berisi 44 makam, termasuk makam Sultan dan keluarga, di sekitarnya banyak makam lain, seperti makam Ibunda Sultan Ratu Sabar, dll.

9. Museum Perjuangan Sambas
Tumuk Manggis, tepian Sungai Sambas, dulunya merupakan rumah pejuang Sambas bernama H. Siradj Sood.

10. Pantai Bukit Raya Putri Serayi
Desa Jawai Laut, Kec Jawai Selatan, pesisir Laut Cina Selatan, berpasir putih sepanjang 3 km, untuk bersantai, memancing ikan, menyaksikan matahari terbenam, 40 km dari Sambas

11. Pantai Camar Wulan
Desa Sebubus Kecamatan Paloh, 60 km dari Kota Sambas, obyek berpasir putih dan kuning dengan gelombang pantai lambat, serta pohon-pohon cemara.

12. Pantai Dungun Laut
Desa Dungun Laut, Kecamatan Jawai, 35 km dari Kota Sambas, berpasir putih, batuan besar, serta pemadangan indah.

13. Pantai Polaria
Desa Sungai Rusa, Kecamatan Selakau, 64 km dari Kota Sambas, dengan bebatuan dimana-mana, dapat dicapai dengan sepeda motor.

14. Pantai Selimpai
Desa Sebubus, Kecamatan Paloh, 80 km dari Kota Sambas, berpasir putih bersih, hutan pinus, muara Sungai Merabau, bisa menyaksikan penyu bertelur pada musim tertentu.

15. Pantai Sinam
Pinggir kota Pemangkat, 47 km dari Kota Sambas, pemandangan matahari terbenam, ada café, restoran.

16. Pantai Tanjung Batu
Kec Pemangkat, 47 km dari Kota Sambas, berpemandangan indah, baik untuk memancing, menikmati panorama matahari terbenam, ada hotel, restoran, café.

17. Pantai Tanjung Kemuning
Kecamatan Paloh berhadapan dengan Laut Natuna, berpemandangan indah dan menarik, bisa diakses dengan berjalan kaki atau naik sepeda motor.

18. Sungai Sambas Kecil
Sekitar Muara Ulakan, bersampan menjelajahi menikmati pemandangan sepanjang sungai, melihat Rumah Lanting, rumah rakit tradisional suku Banjar.

19. Tanjung Dato’
Desa Tamajo, Kec. Paloh, 85 km fdari Kota Sambas, merupakan tanjung dengan pantai terpanjang di Kalimantan Barat, dapat dicapai dengan sepeda motor.

20. Tugu Perjuangan
Desa Durian terletak di pertigaan dan berfungsi sebagai tugu penyambut para pendatang.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Kalimantan Barat » Sambas » 20 Tempat Wisata di Sambas
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang.

BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA.

Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 15 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap