10 Tempat Wisata di Salatiga

Di bawah ini adalah catatan awal tentang Tempat Wisata di Salatiga. Salatiga berada 49 km dari Kota Semarang, atau 52 km dari Kota Surakarta, di jalan provinsi yang menghubungan Semarang – Surakarta. Salatiga berada di ketinggian 750-850 mdpl, di lereng Gunung Merbabu sehingga berhawa sejuk.

Tulisan Tempat Wisata di Salatiga dan peta wisata Salatiga ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat. Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi.

Tempat Wisata di Salatiga

1. Atlantic Dreamland
Berada 300 m dari Terminal Tingkir, dengan waterboom, sirkuit ATV, bungee trampoline, Flying Fox 65 m (anak) dan 170 m (dewasa), dll.

2. Batik Plumpungan
Desa Salatiga dengan motif batik yang terinspirasi oleh batu Prasasti Plumpungan sebagai motif dasar.

3. Enting-Enting Gepuk
Dukuh Kalioso dan Nanggulan, Desa Kutowinangun, Kec Tingkir, yang merupakan makanan khas Kota Salatiga dengan bahan baku kacang dan gula.

4. Gedung Tua
Peninggalan Belanda bergaya arsitektur kolonial, diantaranya adalah Gedung Papak (Kantor Walikota Salatiga), Istana Djoen Eng (Institute Roncali).

5. Kelenteng Hok Tek Bio
Jalan Letnan Jenderal Sukowati no. 13, yang tahun ini merayakan usianya yang ke 139 tahun, dengan tuan rumah Dewa Bumi (Hok Tek Cing Sin).

6. Kerajinan Batu Bong Pay
Berada di sepanjang jalan Fatmawati, Desa Blotongan, Kec Sidorejo, berupa kerajinan batu pahat untuk interior dan eksterior.

7. Masjid Damarjati
Di sebuah gang di Jl Beringin, Krajan, merupakan masjid tertua di Salatiga, didirikan pada 1826 oleh Ki Ronosetiko dan Kyai Damarjati.

8. Perkebunan Karet
Desa Bugel, Kecamatan Sidorejo, yang dikelola oleh PTP Getas, terdapat tempat untuk berkemah dengan udara yang sejuk di kerimbunan hutan karet.

9. Prasasti Plumpungan
Dukuh Plumpungan, Desa Kauman Kidul, Kec Sidorejo, berhuruf Jawa Kuno berbahasa Sansekerta yang menceritakan lahirnya Kota Salatiga.

10. Sumur Wali
Desa Dukuh, Kecamatan Sidomukti,berupa dua belik yang letaknya berdampingan; konon Sunan Kalijaga pernah berwudhu di sumur ini.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Tengah » Salatiga » 10 Tempat Wisata di Salatiga
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 15 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap