14 Tempat Wisata di Sabang

Tulisan ini adalah catatan awal tentang Tempat Wisata di Sabang, sebuah kabupaten di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Sabang adalah sebuah kota kepulauan yang berada di Pulau Weh (berarti pulau yang terpisah) yang ditempuh dalam 2 jam dengan Ferry atau 45 menit dengan kapal cepat.

Sabang bisa dikunjungi dengan naik pesawat terbang Banda Aceh (Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, dan Batavia Air). Di Banda Aceh naik kapal ferry di pelabuhan laut Ulee Lheu menuju ke pelabuhan Balohan di Pulau Weh, dengan jadwa dua kali sehari. Jika membawa kendaraan roda empat bisa dinaikkan ke kapal Roro di pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh.

Tulisan Tempat Wisata di Sabang dan peta Wisata Sabang ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh. Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi di sini.

Tempat Wisata di Sabang

1. Danau Aneuk Laot
Di tengah Kota Sabang, dengan hawa sejuk dan panorama indah baik siang, ketika matahari tenggelam, maupun malam hari.

2. Freddie’s Santai »
Jl. Bahagia, Pulau Weh, di tepian pantai dengan suasana kekeluargaan yang mengasyikkan, serta masakan keluarga yang enak.

3. Hutan Iboih
Di Barat dan Utara Desa Iboih yang merupakan hutan lindung indah, dengan kanopi untuk berjalan masuk.

4. Lumpur Didih
Dusun Siruit, di sisi Barat teluk Pria Laot, dengan kolam lumpur panas mendidih di pantai dan sumber air panas bawah laut di kedalaman sekitar 6 m.

5. Pantai Balek Gunung
Di sisi pantai Barat Pulau Weh, tidak jauh dari Pantai Iboih, dengan gua-gua kecil di tebing pantai yang bisa didatangi dengan berjalan kaki dan berenang.

6. Pantai Kasih
Berjarak 2 km dari pusat kota, dengan pantai berbatu, kuliner, dan benteng peninggalan Perang Dunia II.

7. Pantai Gapang
Berjarak 4 Km dari pusat kota, dengan pasir putih, lokasi dan sekolah diving, kafe, dan cottage untuk menginap

8. Pantai Iboih
Berjarak 5 km dari kota, dengan pasir putih, tempat memancing, makanan laut, diving, snorkeling untuk melihat terumbu karang, gurita dan ikan pari, serta penginapan.

9. Pantai Sumur Tiga
Desa Ie Meulee, dengan pasir putih, tempat diving, snorkeling, dan panorama yang sangat indah.

10. Pelabuhan Alam
Dengan kedalaman air lebih dari 20m, jauh lebih dalam dari pelabuhan lain di Indonesia dan negara-negara terdekat.

11. Perahu Tsunami
Berupa kapal nelayan yang terdampar di dermaga Sabang saat terjadi bencana tsunami yang melanda Aceh pada 26 Desember 2004.

12. Pulau Rubiah »
Berada sekitar 23 km dari Kota Sabang, dengan cagar alam, terumbu karang, reruntuhan stasiun karantina haji, dan air laut yang sangat jernih.

13. Teluk Pria Laot
Di bagian barat kota, merupakan teluk yang sangat mendalam, dengan bangkai kapal Jerman dari Perang Dunia II di kedalaman sekitar 60 m.

14. Tugu Kilometer Nol »
Taman Hutan Lindung, 40 km dari pusat kota, merupakan titik daratan paling barat di wilayah Indonesia, dengan panorama indah menjelang matahari terbenam.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Aceh » Sabang » 14 Tempat Wisata di Sabang
Tag : , ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 15 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap