14 Tempat Wisata di Purworejo

Home » Jawa Tengah » Purworejo » 14 Tempat Wisata di Purworejo
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Di bawah ini adalah catatan awal tentang Tempat Wisata di Purworejo, Jawa Tengah. Purworejo, dengan kode area telepon 0275, berbatasan dengan wilayah Wonosobo dan Magelang di Utara, Yogyakarta di Timur, Samudra Hindia di Selatan, dan wilayah Kebumen di Barat. Purworejo berada di jalur utama lintas selatan Pulau Jawa, dengan stasiun terbesarnya berada di Kutoarjo.

Tulisan Tempat Wisata di Purworejo dan Peta Wisata Purworejo ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat.

Tempat Wisata di Purworejo

1. Alun-Alun Purworejo
pusat Kota Purworejo, yang digunakan untuk kegiatan olah raga di pagi hari, tempat jajan dan tempat nongkrong di malam hari.

2. Benteng Pendem
Dukuh Kalimaro, Dusun Bapangsari, Desa Krendetan, Kecamatan Bagelen, di perbukitan, peninggalan tentara Jepang yang dibangun pada 1945.

3. Curug Jeketro
Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, 11 km dari Kota Purworejo, dengan ketinggian air terjun 15 m; terdapat 3 air terjun yang masing-masing berjarak 200 m.

4. Curug Silangit
Kecamatan Kaligesing, 20 km dari Kota Purworejo, dengan suasana lingkungan curug yang masih asli.

5. Geger Menjangan
Desa Trirejo, Kecamatan Loano, di ketinggian 200 m dpl, 1 km dari Kota Purworejo, dengan pemandangan kota berlatar Laut Selatan, Sumur Tiban, dan kolam renang.

6. Gereja Belanda
Depan Alun-alun kota Purworejo, dibangun pada jaman Belanda sekitar tahun 1879 – 1880, sekarang bernama GPIB.

7. Goa Seplawan
Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, 20 km dari Kota Purworejo, berhawa sejuk, dengan ornamen stalaktit, stalagamit, panjang 700 m dan berdiameter 15 m.

8. Masjid Agung Purworejo
Jl Mayjend Sutoyo, di depan Alun-alun kota, dengan Bedug Pendowo berdiameter 2 m yang dibuat dari kulit Banteng pada 1762 Saka / 1834 M.

9. Masjid Al-Iman Loano
Desa Loano, Kecamatan Loano, didirikan sebelum Masjid Demak, pada puncak masjid yang disebut Mustaka terdapat kayu penunjuk yang dapat berubah-ubah arah.

10. Masjid Santren Bagelen
Dusun Santren, Desa Bagelen, Bagelen, didirikan pada 1618, berarsitektur Jawa dengan atap tajuk tumpang satu, dibangun sebagai hadiah Sultan Agung.

11. Museum Tosan Aji
Jalan Mayjend Sutoyo, di Selatan Alun-alun, dengan koleksi keris, tombak kuno dan modern, Yoni, Lingga dan benda arkeologis lainnya.

12. Pantai Jatimalang
Desa Jatimalang, Kec. Purwodadi, 18 km dari pusat Kota Purworejo, merupakan pantai Laut Selatan dengan gazebo, tempat pelelangan ikan dan warung makan.

13. Pantai Ketawang
Desa Ketawang, Kecamatan Grabag, 18 km dari Purworejo, merupakan pantai Selatan dengan debur ombaknya yang khas.

14. Petilasan Nyai Bagelen
Desa Bagelen, 12 km dari Kota Purworejo. Nyai Bagelen atau Roro Bang Wetan adalah istri Paneran Awu-awu yang konon mukso di tempat ini.

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag: ,

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 20 Januari 2017.

Lalu «
Baru » »