13 Tempat Wisata di Pasuruan

Di bawah ini adalah catatan awal tentang Tempat Wisata di Pasuruan. Kota dan Kabupaten Pasuruan yang berada di Jawa Timur, berbatasan dengan Sidoarjo dan Laut Jawa di Utara, Probolinggo di Barat, Malang di Selatan, Kota Batu di Barat Daya, dan Mojokerto di Barat.

Di bagian Barat Daya Pasuruan merupakan pegunungan dengan puncaknya Gunung Arjuno dan Gunung Welirang, sedangkan bagian Tenggara merupakan bagian dari Pegunungan Tengger, dengan puncaknya Gunung Bromo. Tulisan Tempat Wisata Pasuruan dan Peta Wisata Pasuruan ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat.

Tempat Wisata di Pasuruan

1. Banyu Biru
Desa Sumber Rejo, Kecamatan Winongan, 20 Km dari kota Pasuruan, dengan kolam renang bersumber mata air asli, dan tempat bermain anak.

2. Candi Jawi
Desa Candiwates, Kec. Prigen, dibangun tahun 1331 dari batu andesit, dipugar tahun 1938 – 1941 dan tahun 1975 – 1980, berukuran 14,2 x 9,5 m, dan tinggi 24,5 m.

3. Gedung Harmoni
Jl. Pahlawan, Pasuruan, yang pada jaman kolonial menjadi tempat bertemunya para bangsawan Belanda, ketika Kota Pasuruan masih berstatus daerah residensi.

4. Geduang Pusat Penelitian Perkebuna Gula
Jl. Pahlawan No.25, Pasuruan. Didirikan pada 9 Juli 1887 dengan nama “Proefstation Oost Java”.

5. Kebun Raya Purwodadi
Desa Purwodadi, Kec. Purwodadi, 30 menit dari Kota Pasuruan, berdiri pada 30 Januari 1941, dengan koleksi berbagai jenis anggrek, tumbuhan lain, serta tanaman obat.

6. Masjid Jamik Al Anwar
Barat Alun-alun kota, diperkirakan dibangun pada abad ke-16 oleh Mbah Slagah, Mbah Sorga dan Raden Groedo. Di belakang masjid terdapat makam sejumlah ulama Pasuruan.

7. Pantai Blandongan
Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugul Kidul, yang tampaknya belum dikembangkan dengan baik, tanpa informasi yang memadai.

8. Pelabuhan Pasuruan
Yang merupakan pelabuhan tradisional yang menjadi tempat berlabuh kapal – kapal pengangkut barang, baik dari maupun yang datang ke Kota Pasuruan.

9. Pertapaan Indrokilo
Desa Dayurejo, Prigen, 3 jam berjalan dari Dusun Talunongko, ada patung Selopanji, Satriyo Manggung, petilasan Begawan Mintorogo, Candi Laras, dan Goa Gambir.

10. Petilasan Untung Suropati
Kel. Mancilan, Kec. Purworejo, berupa gua persembunyian Untung Suropati ketika dikejar Belanda. Makamnya berada sekitar 500 m dari petilasannya.

11. Ranu Grati
Desa Sumberdawesari, Desa Ranuklindungan, dan Desa Gratitunon, Kec. Grati, sekitar 30 menit dari Kota Pasuruan , 90 menit dari kawasan wisata Gunung Bromo.

12. Rumah Singa
Jl. Hasanudin dengan patung singa di halamannya yang kini kabarnya digunakan sebagai museum pribadi.

13. Taman Safari Indonesia II
Yang berada di Taman Nasional Gunung Arjuna, Prigen, dengan luas area 350 ha dan merupakan Taman Safari terluas di Asia Tenggara.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Timur » Pasuruan » 13 Tempat Wisata di Pasuruan
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 15 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap