15 Tempat Wisata di Pangandaran

Di bawah ini adalah catatan tentang Tempat Wisata di Pangandaran, Jawa Barat, yang berisi tempat wisata dan obyek menarik lainnya di daerah Pangandaran dan sekitarnya. Wisata Pangandaran ini akan diperbarui ketika informasi baru tersedia untuk diunggah.

Meskipun merupakan kawasan pantai Selatan Jawa, namun daerah Pangandaran memiliki gelombang laut yang relatif lebih kecil dari pantai sletan lainnya yang membuat nelayan mudah untuk mencari ikan. Itu lantaran di Pantai Pangandaran terdapat tanjung yang menghalangi gelombang besar untuk sampai ke pantai.

Karena itu daerah ini disebut Pangandaran, yang berasal dari kata ‘pangan’ yang artinya makanan dan ‘daran’ yang berarti ‘pendatang’ oleh sebab tempat ini dianggap sebagai sumber makanan bagi para pendatang. Orang jaman dahulu juga memberi nama Desa Pananjung, karena tanjung di daerah ini pun banyak terdapat keramat. Pananjung berasal dari bahasa Sunda yang berarti paling subur.

Tempat Wisata di Pangandaran

1. Cagar Alam Pananjung / Taman Wisata Alam Pangandaran
Desa Pananjung Pangandaran dengan koleksi flora fauna langka, gua alam, Gua Jepang, mata air Rengganis dan Pantai Pasir Putih.

2. Citumang
Desa Bojong, Parigi, 13 km sebelah timur Pangandaran, dengan aliran sungai yang keluar dari goa yang jatuh membentuk curug; di balik curug ada goa lain yang cukup panjang.

3. Cukang Taneuh (Green Canyon)

Desa Kertayasa, Cijulang, 31 km dari Pangandaran, merupakan tempat wisata paling menarik dan paling banyak diminati pelancong, selain pantai Pangandaran.

4. Gua Donan
Desa Tunggilis, Kecamatan Kalipucang, sekitar 72 km dari Ciamis. Sebuah gua alam sepanjang 500 meter, dengan lorong yang lebar dan bentuk karang yang unik.

5. Pangandaran Waterpark
Kecamatan Kalipucang, di pinggir pantai Lembah Puteri, 5 km sebelum masuk pintu wisata pangandaran, dengan beberapa kolam besar, dan ATV track.

6. Pantai Batu Hiu
Desa Ciliang, Parigi, 14 km sebelah selatan Pangandaran; di sana ada pohon Pandan Wong, Batu Hiu, dan penangkaran penyu. GPS: -7.692222, 108.535833?

7. Pantai Batu Karas
Desa Batukaras, Cijulang, 34 km dari Pangandaran, yang kabarnya menjadi surganya pecinta selancar. GPS: -7.750064, 108.502303

8. Pantai Karang Nini
Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang, 10 km dari Pangandaran, ada karang yang berbentuk seperti seorang Nini (nenek), Mata Air Sumur Tujuh, dan aquarium alam di muara Cipangbokongan. GPS: -7.683611, 108.736389?

9. Pantai Karang Tirta
Lokasinya berada di Desa Sukaresik, Kecamatan Pangandaran, ke arah Batu Hiu, belok ke kiri, dengan tempat untuk berkemah, memancing dan bersampan.

10. Pantai Karapyak
Desa Bagolo, Kec. Kalipucang, 20 km dari Pantai Pangandaran, dengan pasir putih, batu karang, dan tebing-tebing curam indah, namun kabarnya belum ada angkutan umum ke sini.

11. Pantai Keusik Luhur
Desa Kertamukti Kecamatan Cimerak, 45 km dari Pangandaran ke arah selatan. Gelombang laut Selatan yang besar mampu mengangkat pasir ke atas batu karang.

12. Pantai Lembah Putri »
Desa Ciputrapinggan, Kecamatan Kalipucang, dengan miniatur tembok Cina yang dibangun di atas perbukitan Lembah Putri.

13. Pantai Madasari
Pantai dengan kondisi masih alami, berada di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran.

14. Pantai Pangandaran
Desa Pananjung, yang kabarnya merupakan pantai terindah di Jawa, bisa berselancar, scuba diving, snorkeling, berperahu menyeberang ke Pasir Putih, dengan panorama matahari terbenam yang indah. GPS: -7.700783, 108.658517.

15. Tempat Kuliner di Pangandaran
Catatan tempat wisata kuliner di Pangandaran

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Jawa Barat » Pangandaran » 15 Tempat Wisata di Pangandaran

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email. Diperbaiki 15 Juli 2017. Tag: ,