18 Tempat Wisata di Palembang

Di bawah ini adalah catatan awal tentang Tempat Wisata di Palembang. Prasasti Kedukan Bukit, yang ditemukan di Bukit Siguntang, menyebutkan pembentukan sebuah wanua pada 16 Juni 682 M, yang kemudian dijadikan dasar sebagai hari jadi Kota Palembang.

Palembang dianggap sebagai salah satu pusat Kerajaan Sriwijaya, yang hancur setelah diserang pasukan Rajendra Chola dari Kerajaan Chola pada tahun 1025, dan menjadikannya kembali menjadi pelabuhan biasa. Anda bisa berbagi catatan perjalanan tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi di sini.

Tempat Wisata di Palembang

1. Benteng Kuto Besak
Di tepian Sungai Musi, dekat Jembatan Ampera, peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam, satu-satunya benteng di Indonesia berdinding batu yang dibangun sendiri, tidak bernama asing.

2. Fantasy Island
Jl. Sriwijaya, Desa Karya Jaya, Kecamatan Kertapati, dengan permainan Dragon Tower, Water Boom, Bun Slide, Tsunami River, Play pool, Sky, Go Kart, dll.

3. Gedung Kantor Walikota Palembang
Di pusat kota, semula sebagai menara air sehingga dinamai Kantor Ledeng, dipuncaknya ada lampu sorot.

4. Hutan Wisata Punti Kayu
Kecamatan Sukarame, 7 km dari pusat Kota Palembang, seluas 50 Ha, hunian sekelompok monyet, dengan area rekreasi keluarga.

5. Jembatan Ampera
Tempat Wisata di Palembang sepanjang 1.177 m melintas di atas Sungai Musi, merupakan ikon Kota Palembang, dibangun pada 1962 dengan harta pampasan perang Jepang.

6. Kambang Iwak Family Park
Di tengah kota, berupa danau wisata, dengan berbagai arena rekreasi keluarga, dan air mancur di tengah danau.

7. Kampung Arab
Desa Tiga Belas Ulu, Kecamatan Seberang Ulu Dua, di sebelah selatan Sungai Musi, yang didiami keturun Arab, dengan rumah-rumah tua, dan rumah Kapten Arab.

8. Kampung Kapitan
Desa 7 Ulu, Kec Seberang Ulu 1, di pinggir Sungai Musi, merupakan kelompok 15 rumah panggung perpaduan gaya Palembang, Cina, dan Belanda, awalnya merupakan tempat tinggal Kapitan Cina.

9. Kawah Tengkurep
Desa 3 Ilir, Kecamatan Ilir Timur II, berupa kompleks pemakaman Sultan Mahmud Badaruddin I dan para isterinya, dibangun 1728 M, dengan cungkup menyerupai kawah tengkurap.

10. Monumen Perjuangan Rakyat Palembang
Tengah kota, dekat Masjid Agung dan Jembatan Ampera, terdapat benda-benda peninggalan bersejarah semasa penjajahan.

11. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II
pusat Kota Palembang, masjid terbesar di Sumatera Selatan dengan kapasitas 15.000 jemaah.

12. Masjid Cheng Ho Palembang
Jakabaring, didirikan oleh Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Sumsel dan tokoh masyarakat Tionghoa di sekitar Palembang.

13. Museum Balaputradewa
Jl. Jenderal Sudirman, menyimpan benda – benda peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Bala Putra Dewa memerintah Kerajaan Sriwijaya pada abad VIII-IX.

14. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II
Dekat Jembatan Ampera, merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Palembang Darussalam, yang menyimpan benda – benda bersejarah.

15. Museum Tekstil
Jl. Merdeka, yang menyimpan koleksi benda – benda tekstil dari seluruh kawasan di Provinsi Sumatera Selatan.

16. Sungai Musi
Membelah Kota Palembang menjadi dua bagian, merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Di sepanjang tepian sungai terdapat banyak tempat wisata.

17. Taman Purbakala Bukit Siguntang
Desa Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I, di perbukitan, dimana terdapat banyak peninggalan dan makam-makam kuno Kerajaan Sriwijaya.

18. Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya
Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Gandus, di tepian Sungai Musi, dengan sebuah prasasti batu peninggalan Kerajaan di tempat ini.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Sumatera Selatan » Palembang » 18 Tempat Wisata di Palembang
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 15 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap