10 Tempat Wisata di Padangpanjang

Home » Sumatera Barat » Padangpanjang » 10 Tempat Wisata di Padangpanjang
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Tulisan ini adalah catatan tentang Tempat Wisata di Padangpanjang, sebuah kota di Provinsi Sumatera Barat yang dikelilingi oleh wilayah Kabupaten Tanah Datar. Kota Padang Panjang mendapat julukan sebagai Kota Serambi Mekkah, dan juga Mesir van Andalash.

Kota Padangpanjang pernah menjadi pusat pemerintahan sementara Kota Padang, ketika Belanda melakukan agresi militer tahun 1947. Lihat juga Peta Wisata Padangpanjang, dan Hotel di Padangpanjang

Tempat Wisata di Padangpanjang

1. Air Terjun Tujuh Tingkat
Diakes melalui jalan setapak tepat di bawah Jembatan Tinggi Silaing Bawah, ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam perjalanan.

2. Goa Batu Batirai
Kelurahan Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat, berhias stalaktit dan stalakmit indah seperti tirai.

3. Jembatan Kereta Api
Daerah Silaing Bawah, jelang pintu gerbang masuk kota Padang Panjang, merupakan jalur rel Kereta Api Padang Panjang – Padang., pada ketinggian 20 m di atas jalan raya.

4. Kereta Wisata Singkarak »
Berangkat dari Stasiun KA Padangpanjang ke Sawahlunto, melewati tepian Danau Singkarak, dengan waktu tempuh 3 jam.

5. Masjid Asasi Nagari Gunung
Kelurahan Sigando, Kecamatan Padang Panjang Timur, yang salah satu masjid tertua di Sumatera Barat, berusia lebih dari 200 tahun.

6. Minang Fantasy Water Park (Mifan)
Jalan Sutan Syahrir, Silaing Bawah, lengkap dengan kawasan bermain, Cottage, Panggung Musik, Camping dan Outbound Ground, dll.

7. Pemandian Lubuk Mata Kucing
Kelurahan Pasar Usang, Kec Padangpanjang Barat, di sebuah dataran tinggi, diapit Bukit Surungan dan Batang Anai

8. Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau »
Kelurahan Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat, menempati sebuah bangunan khas Minangkabau yang disebut Rumah Gadang Koto Piliang.

9. Sate Mak Syukur »
Jalan Sutan Syahrir, Silaing Bawah, yang and harus mampir jika lewat di Padang Panjang

10. Stasiun Kereta Api Padang Panjang
Jalan Sutan Syahrir, Padang Panjang Barat, dibangun pemerintah kolonial Belanda pada 1889, merupakan stasiun kereta api terbesar di Sumatera Barat.

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag: ,

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 19 Maret 2017.

Lalu «
Baru » »