3 Tempat Wisata di Padang Sidempuan

Di bawah ini adalah catatan lengkap Tempat Wisata di Padang Sidempuan. Peta Wisata Kota Padang Sidempuan dengan penanda oleh The Aroengbinang Project akan ditambahkan kemudian. Padang Sidempuan adalah kota dengan banyak perbukitan, sehingga berhawa sejuk dan dingin.

Sebutan Padang Sidempuan berasal dari kalimat “Padang na dimpu” atau hamparan luas di tempat yang tinggi. Pasukan Paderi yang dipimpin Tuanku Imam Lelo membangun benteng pada 1821, membentang dari Batang Ayumi sampai ke Aek Sibontar, namun sisa bangunannya kini tak terawat. Belanda menjadikan Padang Sidempuan sebagai pusat pemerintahan untuk daerah Tapanuli. Warisan bangunan Belanda masih bisa dilihat di kota ini.

Kota Padang Sidempuan bisa ditempuh dari Kota Medan dengan bus (Sampagul, ALS) atau travel selama 10 – 12 jam. Rute pertama melewati Tarutung dan Sibolga. Rute kedua lewat Rantau Parapat dan Gunung Tua. Rute ketiga lewat Tarutung dan Sipirok. Bisa pula naik pesawat selama sejam ke bandara perintis Pinangsori Kota Sibolga atau Aek Godang Padang Bolak, dilanjut jalan darat 2 jam dari Sibolga dan 1 jam dari Padang Bolak. Transportasi di dalam Kota Padang Sidempuan menggunakan becak motor Vespa.

Tempat Wisata di Padang Sidempuan

1. Alaman Bolak
Sebutan bagi Alun-alun Kota Padang Sidempuan yang berada di tengah kota, mulai dibangun 31 Desember 2001 dan diresmikan 31 Desember 2004, dengan tinggi 1 meter dari badan jalan.

2. Parsariran
Di pinggir jalan lintas Padang Sidempuan – Sibolga dengan suasana alam yang indah dan air sungai yang mengalir jernih. Ada pondok-pondok untuk berteduh.

3. Tor Simarsayang.
Kelurahan Batang Ayumi Julu, Kecamatan Padang Sidempuan Utara, sekitar 20 km dari pusat kota, dimana selain menikmati suasana alam pegunungan, di Gunung Simarsayang ini pengunjung bisa melihat pemandangan Kota Padang Sidempuan dengan jelas.

Silahkan berbagi jika memiliki informasi tentang Tempat Wisata di Padang Sidempuan

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Sumatera Utara » Padang Sidempuan » 3 Tempat Wisata di Padang Sidempuan
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang.

BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA.

Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 15 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap