17 Tempat Wisata di Mojokerto

Di bawah ini adalah catatan awal tentang Tempat Wisata di Mojokerto. Daerah Mojokerto termasuk dalam wilayah Jawa Timur, berbatasan dengan Lamongan dan Gresik di Utara, Sidoarjo dan Pasuruan di Timur, Malang dan Kota Batu di Selatan, serta Jombang di Barat. Bagian Selatan Mojokerto berupa pegunungan, dengan puncak Gunung Welirang (3.156 m) dan Gunung Anjasmoro (2.277 m).

Tulisan Tempat Wisata di Mojokerto dan Peta Wisata Mojokerto ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat. Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi.

Tempat Wisata di Mojokerto

1. Air Terjun Coban Canggu
Desa Padusan, Kecamatan Pacet, 32 km dari pusat Kota Mojokerto, dikelilingi pepohonan lebat dengan udara sejuk

2. Air Terjun Dlundung
Desa Kemloko, Kecamatan Trawas, 40 km arah dari Kota Mojokerto, denga hawa pegunungan yang sejuk dan terdapat area perkemahan yang cukup luas.

3. Api Majapahit Bekucuk
Dusun Bekucuk, Desa Tempuran, Kecamatan Sooko, 3 Km dari Kota Mojokerto, yang konon sudah terkenal sejak jaman Kerajaan Majapahit.

4. Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Trowulan »
Tempat saya harus kunjungi untuk meminta ijin kepada kepala balai agar bisa memotret koleksi Museum Trowulan.

5. Candi Bajang Ratu »
Desa Temon, Trowulan, terbuat dari bata berukuran 6,74 – 6 m, tinggi 16,1 m, berbentuk gapura paduraksa.

6. Candi Brahu »
Tempat Wisata Mojokerto di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, terbuat dari bata dan diperkirakan dari jaman Empu Sendok.

7. Candi Jalatunda
Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, di lereng Gunung Bekal, terbuat dari batu kali dengan ukuran 16,85 x 13,52 m dan tinggi 5,20 m, berangka tahun 977 M.

8. Candi Tikus
Desa Temon, Kecamatan Trowulan, yang terbuat dari batu bata dengan tinggi 5,2 m, panjang 25,4 m dan lebar 23,6 m, yang merupakan taman air Kerajaan Majapahit.

9. Candi Wringin Lawang
Desa Jati Pasar, Kec. Trowulan, yang diperkirakan sebagai pintu gerbang utama Kerajaan Majapahit, terbuat dari batu bata berukuran 13 x 11m, dan tinggi 13,7 m.

10. Kolam Segaran
Desa Segaran, Kecamatan Trowulan, berupa kolam raksasa dengan panjang 375 m, yang konon sebagai tempat menjamu tamu para bangsawan Kerajaan Majapahit.

11. Mahavihara Majapahit »
Desa Bejijong, Trowulan, dengan sebuah patung besar Buddha Tidur (The Sleeping Buddha).

12. Makam Troloyo
Kompleks pemakaman Islam jaman Kerajaan Mojopahit di Desa Sentonorejo, Kec. Trowulan, dengan tempat utama Makam Syech Jumadil Kubro, kakek Sunan Ampel.

13. Museum Trowulan »
Jalan Raya Trowulan, Dusun Unggahan, Desa Trowulan, Trowulan, dengan koleksi mengesankan.

14. Pemandian Ubalan
Tempat Wisata Mojokerto di Desa Padusan, Kecamatan Pacet, dengan air kolam renang yang bersih dan sejuk, dilengkapi area bermain anak-anak.

15. Pendopo Agung Trowulan »
Desa Temon, Trowulan, dengan nuansa Majapahit yang sering sebagai tempat pertunjukan kesenian.

16. Reco Lanang
Desa Kemloko, Kecamatan Trawas, 40 km dari Kota Mojokerto, terbuat dari batu andesit dengan tinggi 5,7 m.

17. Situs Kedaton »
Dusun Kedaton, Sentonorejo, Trowulan, berupa kompleks sisa bangunan kuno terbuat dari bata merah.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Jawa Timur » Mojokerto » 17 Tempat Wisata di Mojokerto

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email. Diperbaiki 15 Juli 2017. Tag: ,