13 Tempat Wisata di Majalengka

Tulisan ini merupakan catatan awal tentang Tempat Wisata di Majalengka. Majalengka adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, dengan kode area telepon 0233, berbatasan dengan Indramayu di Utara, Cirebon dan Kuningan di Timur, Ciamis dan Tasikmalaya di Selatan, serta Sumedang di Barat. Bagian Utara merupakan dataran rendah, di Selatan berupa pegunungan, dan di Timur ada Gunung Ceremai (3.076 m).

Pusat pemerintahan Majalengka berada di sebelah Selatan Alun-alun Majalengka berdekatan dengan Masjid Agung Al Imam Majalengka. Untuk menuju Majalengkan dari Bandung bisa naik bus jurusan Cirebon, turun di terminal Kadipaten, lanjut naik angkot jurusan Terminal Cigasong. Jika dari Jakarta naik bus jurusan Cirebon, turun di Palimanan, naik elf ke terminal Kadipaten, lanjut naik angkot jurusan Terminal Cigasong.

Dari Kuningan atau Ciamis turun di Cikijing / Talaga, naik elf ke terminal Cigasong, lanjut naik angkot jurusan Kadipaten. Lihat juga tulisan Peta Wisata Majalengka, Hotel di Majalengka

Tempat Wisata di Majalengka

1. Curug Baligho
Dusun Baligho, Desa Padaherang, Kec Sindangwangi, berupa air terjun alami setinggi 30 m yang sumber air airnya berasal dari sungai Padabeunghar.

2. Curug Cibali
Desa Cikondang, Kec Cingambul, 39 km dari pusat Kota Majalengka, dengan akses kurang baik, tidak ada angkutan umum, dan belum ada fasilitas pendukung memadai.

3. Curug Cilutung
Desa Campaga, Kec Talaga Kulon, 28 Km dari pusat Kota Majalengka, dengan akses cukup baik, namun belum ada angkutan umum.

4. Curug Muara Jaya
Desa Argamukti, Kec Argapura, dengan tinggi 75 m, dengan jalur alternatif pendakian ke Gunung Ciremai, area berkemah dan upacara adat tahunan Pareresan.

5. Curug Tonjong
Desa Teja, 3,5 Km dari Kecamatan Rajagaluh atau Terminal Bus Rajagaluh, dengan hawa pegunungan yang sejuk dan segar.

6. Hutan Siliwangi dan Kolam Renang Talaga Emas
Seluas area 3 Ha di Desa Pajajar, Rajagaluh, 4 km dari terminal Rajagaluh, dengan hutan lindung, kolam renang, air panas, patilasan Prabu Siliwangi, Sumur Kejayaan, dll.

7. Kolam Renang Sang Raja
Kelurahan Cigasong, dekat Terminal Sindangkasih, tempat rekreasi keluarga raja di masa Belanda, dengan pepohonan tua, tugu peninggalan Belanda, arena bermain anak, dll.

8. Makam Syeh Syarif Arifin
Desa Singdangwasa, Kec Palasah, di jalur Jl. Raya Majalengka – Cirebon, yang menyebarkan Agama Islam dan mengembangkan pertanian di daerah Majalengka.

9. Museum Talaga Manggung
Desa Talaga Kulon, Kecamatan Talaga, 30 KM dari kota Majalengka, yang menyimpan benda-benda bersejarah peninggalan Kerajaan Talaga Manggung (1291 M – 1530 M).

10. Patung Dinosaurus
Desa Lemahputih, Kec Lemahsugih, 37 Km dari Kota Majalengka, dengan area taman bermain anak-anak, cafetaria, kolam renang, lapangan golf, dan motorcross.

11. Sirkuit Terpadu Gagaraji
Seluas 25 ha di Desa Pangkalan Pari, Kecamatan Jatitujuh, 30 km dari kota Majalengka, dengan sirkuit Motorcross, area memancing, sepeda air, penangkaran, dll.

12. Situ Sangiang
Desa Sangiang, Kec Banjaran, berupa danau seluas 18 ha, dengan pepohonan tua, kera, lutung, ikan lele, ikan mas, dan makam Pucuk Ulum Talaga Manggung.

13. Telaga Herang
Desa Jeruk Leueut, Kec Sindangwangi, dengan air sangat bening sehingga dasar danau terlihat jelas, yang dihuni berbagai jenis ikan.

Tempat wisata di Majalengka lainnya bisa dilihat di sini.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Jawa Barat » Majalengka » 13 Tempat Wisata di Majalengka

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email. Diperbaiki 15 Juli 2017. Tag: ,