12 Tempat Wisata di Madiun

Di bawah ini adalah catatan tentang Tempat Wisata di Madiun, Jawa Timur. Kota dan Kabupaten Madiun, yang berada Jawa Timur, berbatasan dengan wilayah Bojonegoro di Utara, Nganjuk di Timur, Ponorogo di Selatan, serta Magetan dan Ngawi di Barat. Bagian Utara Madiun adalah perbukitan yang merupakan rangkaian Pegunungan Kendeng, sedangkan di tenggara terdapat Gunung Wilis dan Gunung Liman.

Data Tempat Wisata di Madiun dan Peta Wisata Madiun akan diperbarui ketika informasi baru telah diperoleh. Kamu bisa berbagi dan ikut membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat wisata yang telah kamu kunjungi. Lihat juga tulisan Peta Wisata Madiun, Hotel di Madiun

Tempat Wisata di Madiun

1. Air Terjun Kedung Malam / Serondo Madiun
Dusun Seweru, Desa Kare, Kecamatan Kare, di wilayah Perkebunan Kopi Kandangan, sekitar 15 Km dari kota Madiun di lereng Gunung Wilis yang kabarnya masih sangat perawan.

2. Kelenteng Hwie Ing Kiong Madiun
Jl. HOS Cokroaminoto No.69, yang mulai dibangun pada 1887 dan selesai pada tahun 1897, dengan tuan rumah Ma Co Po Thian Siang Seng Boo.

3. Masjid Besar Kuno Madiun
Kecamatan Taman, yang dibangun Kiai Ageng Misbach pada 1754. Semula bernama Masjid Donopuro, beratap joglo dengan tiga pintu, ada makam para Bupati Madiun.

4. Masjid Kuno Kuncen
Berada di Jalan Masjid Raya, Desa Kuncen, dimana di kompleks masjid ini terdapat makam pendiri Madiun.

5. Masjid Kuno Sewulan Madiun
Desa Sewulan, Dagangan, 6 km arah selatan kota, didirikan pada 1740 M oleh Raden Mas Bagus Harun. Jalur utara hanya bisa dilalui roda dua dan jalur timur bisa roda empat.

6. Monumen Kresek
Seluas 2 ha, sekitar 8 km ke arah timur dari Kota Madiun, menceritakan keganasan PKI pada pemberontakan yang 1948. Terdapat pendopo, taman tanaman langka dan area parkir.

7. Peninggalan Sejarah Nglambangan
Desa Nglambangan, Wungu, 8 km dari Kota Madiun, peninggalan Majapahit berupa Pura Lambangsari, dan Pesiraman, Rumah Eyang Kromodiwiryo, Watu Dakon, Punden Lambing Kuning, dll.

8. Taman Rekreasi Umbul
Desa Glonggong, 20 km dari Madiun arah Ponorogo, peninggalan Belanda, dengan kolam renang, air belerang, kebon binatang mini, penginapan, tempat bermain, dan patung nandi.

9. Waduk Kedungbrubus
Dusun Kedungbrubus, Desa Bulu, Pilangkenceng, yang digemari pemancing, ada ikan bakar atau goreng segar, sambil menikmati panorama Pegunungan Kendeng dan hutan jati.

10. Waduk Notopuro
Berada di Dusun Notopuro, Desa Duren, Kecamatan Pilangkenceng, sekitar 15 km dari Kota Caruban, dengan pemandangan saat matahari terbit yang kabarnya sangat indah.

11. Waduk Widas
Kecamatan Saradan, sekitar 40 km dari Kota Madiun, dengan luas 860 Km2, terdapat pemancingan, taman main anak, kios, speed boot.

12. Wana Wisata Grape
Berupa taman rekreasi di tepi hutan yang merupakan wilayah KPH Madiun dengan luas 1,5 Ha. Terdapat area bermain untuk anak, ruang pertemuan dan hutan wisata

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Timur » Madiun » 12 Tempat Wisata di Madiun
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang.

BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA.

Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 15 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap