22 Tempat Wisata di Lumajang

Di bawah ini adalah catatan lengkap daftar Tempat Wisata di Lumajang. Lumajang, dengan kode area telepon 0334, berada di wilayah Jawa Timur, berbatasan dengan Probolinggo di Utara, Jember di Timur, Samudra Hindia di Selatan, serta Malang di Barat, dan diapit tiga gunung berapi, yaitu Semeru (3.676 m), Bromo dan Gunung Lamongan (1.668 m).

Tulisan Tempat Wisata di Lumajang dan peta wisata Lumajang ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat. Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi. Lihat juga Peta Wisata Lumajang.

Tempat Wisata di Lumajang

1. Agro Wisata Bunga Lumajang
Desa Wotgalih, Kec. Yosowilangun, sekitar 25 Km dari Kota Lumajang, dengan berbagai macam bibit bunga dan bunga segar.

2. Air Terjun Manggisan Lumajang
Desa Kandangan, Kec. Senduro, 22 Km jarak dari Kota Lumajang, dengan ketinggian air 21 m.

3. Alun-alun Kota Lumajang Lumajang
Pusat Kota Lumajang seluas 6 Ha, untuk olah raga pagi dan berbelanja dan menikmati kuliner di malam hari.

4. Coban Pawon
Desa Kertowono Kec. Gucialit, sekitar 20 Km Kota Lumajang, dimana antrukannya berada di dalam goa yang menyerupai pawon.

5. Goa Bima
Desa Gondoruso, Kecamatan Pasirian, 25 Km dari Kota Lumajang, di dalam gua terdapat batu bekas tempat pertapaan.

6. Goa Tetes
Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, 55 Km dari kota Lumajang, dengan stalagtit dan stalagmit yang warna beraneka ragam, ditempuh dengan berjalan kaki 3 Km.

7. Gunung Semeru
Senduro dengan kawah Jonggring Saloko di puncaknya; ramai dengan para pendaki pada 17 Agustus dan 10 November, ada safana yang luas dengan kabut tebal.

8. Hutan Bambu
Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, sekitar 30 Km dari Kota Lumajang, seluas 14 Ha, dengan habitat kera dan kalong (Pteropus vampirus).

9. Kebun Teh Kertowono
Desa Gucialit, Kecamatan Gucialit, sekitar 20 Km dari Kota Lumajang, yang merupakan perkebunan dan pabrik teh peninggalan Belanda.

10. Pantai Bambang
Desa Bago, Kec. Pasirian, 24 Km jarak dari kota Lumajang, dengan ombak mencapai 3 m. Konon merupakan tempat bersemayam Nyi Roro Kidul.

11. Pantai Tlepuk
Pasirian dengan rawa untuk tempat pemancingan, 31 km arah dari Kota Lumajang.

12. Pantai Watu Pecak
Desa Selok Awar-Awar, Kecamatan Pasirian, 18 Km dari Kota Lumajang, yang digunakan sebagai tempat upacara Melasti bagi umat Hindu.

13. Pemandian Alam Selokambang
Desa Purwosono, Kecamatan Sumbersoko, 7 Km dari kota Lumajang, dengan area bermain anak, naik perahu, sepeda air, lapangan tennis.

14. Puncak B-29 Argosari
Desa Argosari, Kec. Senduro, sekitar 40 Km dari kota Lumajang, yang merupakan puncak tertinggi di lautan pasir di sisi tenggara Gunung Bromo.

15. Pura Mandaragiri Semeru Agung
Desa Senduro, merupakan pura yang paling dituakan oleh masyarakat Hindu, dengan piodalan (ulang tahun) sekitar bulan Juli.

16. Ranu Klakah
Desa Tegalrandu, Kecamatan Klakah, sekitar 20 Km dari kota Lumajang, seluas 22 Ha dan kedalaman 28 m, dengan latar belakang Gunung Lamongan.

17. Ranu Kumbolo
Lumajang di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang berada pada jalur pendakian ke puncak Semeru di lereng atas, 4 – 5 jam dari Ranu Pane.

18. Ranu Lading
Desa Papringan, Kec. Klakah, 25 Km kearah utara kota Lumajang, di tengah-tengah kebun kopi peninggalan Belanda. Di atas danau terdapat loji Belanda.

19. Ranu Pakis
Desa Ranu Pakis, 20 Km dari Kota Lumajang, merupakan danau seluas 50 Ha dan kedalaman 26 m, dengan latar belakang Gunung Lamongan.

20. Ranu Pane
Desa Ranu Pane, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang merupakan pos jaga jalur pendakian ke puncak Gunung Semeru.

21. Water Park
Desa Wonorejo, Kecamatan Kedungjajang, di Kawasan Wonorejo Terpadu, 7 Km dari kota Lumajang dekat terminal Menak Koncar.

22. Watu Godeg
Desa Bulurejo, Kecamatan Tempursari, 80 km dari Kota Lumajang, dengan sebuah batu besar yang tampak seperti bergoyang ketika diterjang ombak.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Timur » Lumajang » 22 Tempat Wisata di Lumajang
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 15 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap