14 Tempat Wisata di Lombok Utara

Tulisan ini merupakan catatan lengkap daftar Tempat Wisata di Lombok Utara. Lombok Utara adalah sebuah kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat, dengan Ibukota Tanjung, yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Lombok Barat, berbatasan dengan Laut Jawa di Utara, Lombok Barat dan Lombok Tengah di Selatan, Lombok Timur di Timur, dan Selat Lombok di sebelah Barat.

Tulisan Tempat Wisata di Lombok Utara dan peta wisata Lombok Utara ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat. Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi.

Tempat Wisata di Lombok Utara

1. Air Terjun Kerta Gangga
Dusun Kerta, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, 15 Km dari Bangsal, yang bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan roda dua, roda empat, atau pun dengan cidomo.

2. Air Terjun Sindang Gile
Setinggi 40 meter di Desa Senaru, Bayan, di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, sekitar 52 Km dari Bangsal, dengan menuruni sekitar 200 lebih anak tangga.

3. Air Terjun Tiu Kelep
Setinggi 30 meter di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, dimana di di sekitar lokasi terdapat penginapan, restoran, dan fasilitas penunjang lainnya.

4. Air Terjun Tiu Pupus
Setinggi 50 m dengan genangan air sedalam 20 m, yang berada di Dusun Kerurak, Desa Genggelang, sekitar 2,5 Km dari Jalan Raya Lendang Bagian.

5. Air Terjun Tiu Teja
Hutan Desa Santong, Kayangan, 35 Km dari Bangsal. Selain panorama alam di sini juga terdapat kera hitam, berbagai jenis burung, kupu-kupu dan satwa lainnya.

6. Bangsal
Berupa dermaga yang menghubungkan Pulau Lombok dengan Gili Air, Gili Meno, Gili Trawangan, dan tempat snorkeling dan menyelam di Barat Laut Pesisir Lombok.

7. Desa Adat Senaru
Merupakan pos pendakian ke Gunung Rinjani, butuh 2 – 3 hari pendakian ke Danau Segara Anak sebelum ke puncak; ada Desa Adat Senaru, pusat informasi, porter dan sewa perlengkapan.

8. Gili Air
Berpasir putih yang ukuran pulaunya terkecil di Lombok Utara, 25 menit dari Pelabuhan Bangsal, bisa menyelam, berjemur, ada penginapan kelas melati, restoran dan bar.

9. Gili Meno
Terletak antara Gili Trawangan dan Gili Air, 35 menit dari Pelabuhan Bangsal; bisa berenang, snorkeling, melihat taman laut dengan karang biru terindah di dunia, dan menginap.

10. Gili Trawangan
Berjarak 20 km dari Senggigi, pulau terbesar dan terjauh di Lombok Utara, 45 menit dari Pelabuhan Bangsal, berpasir putih, ada pondok wisata, hotel melati, restoran, gua Jepang.

11. Masjid Bayan Beleq
Berumur lebih dari 300 tahun di Bayan, 80 km dari Mataram, berdinding anyaman bambu, atap tumpang. Bayan adalah salah satu gerbang masuk Islam di Pulau Lombok.

12. Pantai Medana
Dekat Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, pernah disinggahi ratusan kapal layar yang sebelumnya mengikuti Sail Bunaken, dengan panorama matahari tenggelam.

13. Pantai Sira
Desa Sigar Penjalin, Tanjung, Lombok Utara, bisa snorkeling, dan terumbu karang lepas pantai. Di dekat pantai ini ada lapangan golf 18-hole bertaraf internasional.

14. Pusuk Pass
Puncak bukit di perbatasan Lombok Barat dan Lombok Utara, 15 menit dari Bandar Udara Selaparang, dengan hutan lindung, gerombolan kera, ada Tuak Manis dari nira.

Taman Nasional Gunung Rinjani
Merupakan gunung tertinggi ke-2 di Indonesia (± 3726 m), terkenal dengan Panorama Puncak, Gunung Baru Jari, Danau Segara Anak; ada Gua-gua, Air Panas.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Nusa Tenggara Barat » Lombok Utara » 14 Tempat Wisata di Lombok Utara

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 15 Juli 2017. Tag: ,

Tulisan lainnya : Jalan Cihampelas Bandung | Gedung Perundingan Linggarjati Kuningan | Mengatasi Transaksi Tidak Dapat Diproses Bank Mandiri | 42 Peta Wisata Jakarta Pusat | Nasi Kucing Drupadi Swarnabumi Cirebon | Penangkaran Penyu di Pulau Kelapa Dua Kepulauan Seribu | Situs Giri Kedaton Gresik | Bendung Gerak Serayu Banyumas | Stasiun Kutowinangun Kebumen | Trayek Angkutan Umum Terminal Grogol |