22 Tempat Wisata di Lombok Timur

Tulisan ini merupakan catatan awal Tempat Wisata di Lombok Timur. Lombok Timur adalah kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang terletak di sebelah timur Pulau Lombok, dengan ibu kota di Kota Selong, yang berbatasan dengan Laut Jawa di Utara, Samudra Hindia di Selatan, Lombok Tengah dan Lombok Barat di Barat, dan Selat Alas di sebelah Timur.

Tulisan Tempat Wisata di Lombok Timur dan peta wisata Lombok Timur ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat. Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi.

Tempat Wisata di Lombok Timur

1. Air Terjun Aik Temer
Setinggi 40 m di Desa Kembang Kuning, Sikur, di kaki Rinjani, dengan panorama hutan dan komunitas monyet, airnya bisa menyuburkan rambut dan menyembuhkan penyakit.

2. Air Terjun Mayung Putek
Sembalun, dengan kandungan belerang karena airnya dari Gunung Rinjani, sehingga berwana keputihan dan dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

3. Air Terjun Otak Kokoq Joben
Desa Montong Betok, Montong Gading, berbatasan dengan Taman Nasional Gunung Rinjani, yang airnya bisa menyembuhkan penyakit. Ada tempat beristirahat dan kolam renang.

4. Anyaman Lontar Suradadi
Desa Suradadi, Terara, 25km dari kota Selong, Lombok Timur, dengan bahan daun lontar berasal dari pulau Sumbawa, yang dikerjakan oleh wanita dan anak-anak.

5. Bau Nyale
Merupakan tradisi tahunan suku Sasak; Nyale digunakan sebagai jajanan, ditaburkan ke sawah untuk kesuburan padi, untuk lauk, obat kuat dan penggunaan magis.

6. Desa Loyok
Desa Loyok, Sikur, 14 km dari Selong, penghasil kerajinan bambu yang selain digunakan untuk keperluan sehari-hari, juga dijadikan sebagai cinderamata.

7. Desa Sapit
Berada di Kecamatan Swela, 65 km dari Kota Selong, dengan panorama persawahan dan pegunungan, Samudera Indonesia dan Selat Alas, dan puncak Gunung Rinjani.

8. Dusun Senanti
Dengan kerajinan patung unik, menyerupai patung Asmat, di Desa Sukaraja, Jerowaru, 25 Km dari, menggunakan Kayu Lian, Mahoni, Bajur dan Kayu Jati.

9. Gendang Beleq
Berupa orkestra dengan gendang beleq, gendang kodeq, reog untuk melodi, perembak beleq dan petuk, perembak kodeq, gong besar, gong penyentak, dll.

10. Gili Bagek/ Gili Kondo
sebuah pulau kecil di perairan Sambelia, 50 km dari Selong, 25 menit melalui pantai transat di Kecamatan Sambelia atau 45 menit dari Pelabuhan Kayangan Lombok.

11. Gili Sulat
Berupa sebuah pulau kecil, dengan panjang 5,2 km. Sekitar 500 m di sebelah barat laut Gili Sulat terdapat Gili Lawang, dengan hutan bakau dan taman bawah laut.

12. Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak
Dua diantara 3 jalur pendakian ke Gunung Rinjani, yaitu pendakian jalur Sembalun dan jalur Selatan.

13. Memaos
Berupa lomba membaca lontar yang menceritakan hikayat kerajaan di masa lampau. Satu kelompok terdiri dari seorang pembaca, sepejangga dan satu atau lebih pendukung vokal.

14. Pantai Surga
Desa Pemongkong, Jerowaru, 50 km dari Kota Selong, dimana pengunjung bisa melakukan kegiatan surfing, atau menikmati pemandangan pantai yang indah.

15. Penakak
Berupa kerajinan gerabah Desa Penakak, di Masbagik, 7 km dari Kota Selong,yang dibuat dari tanah liat dengan standar mutu internasional, bisa melihat proses pembuatan.

16. Rebo Bontong
Dimaksudkan untuk menolak bala, dilakukan setahun sekali pada Rabu minggu terakhir bulan Syafar, yang menurut kepercayaan Sasak merupakan puncak terjadinya bala.

17. Sabuk Belo
Berupa upacara pengeluaran Sabuk Belo sepanjang 25 m warisan masyarakat di Lenek Daya, diusung keliling kampung pada peringatan Mulud Beleq 12 Rabiul Awwal.

18. Slober
Berupa musik tradisional Lombok, dengan alat musik unik terbuat dari pelepah enau, didukung gendang, petuk, rincik, gambus, seruling, dimainkan tiap purnama.

19. Tari Jangger
Biasa dipentaskan pada acara perkawinan, sunatan, dan acara lainnya, yang dilakukan oleh perempuan dengan melantunkan tembang diiringi oleh musik gamelan Lombok.

20. Tendang Mendet
Sembalun, berupa tarian perang dari zaman Kerajaan Selaparang, dimainkan belasan orang berpakaian dan bersenjata lengkap diringi Gendang Beleq dan syair perjuangan.

21. Tenun Gedogan Pringgasela
Berupa kerajinan kain tenun Gedogan tradisional Sasak, di Desa Pringgasela, Kecamatan Pringgasela, 10 km dari Kota Selong, yang dibuat dengan alat tenun tradisional.

22. Tete Batu
Pada 700 mdpl dengan panorama pedesaan dan udara sejuk, di jalur ke Air Terjun Aik Temer, Otak Kokoq, Desa Pringgasela dan Suradadi, ada hotel, cottage dan restoran.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Nusa Tenggara Barat » Lombok Timur » 22 Tempat Wisata di Lombok Timur

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 15 Juli 2017. Tag: ,

Tulisan lainnya : 25 Masjid di Jakarta | Menaksir Kerbau di Pasar Bolu Rantepao Toraja | Hotel di Bali | Makam R. Hoedawikarta Masaran Banjarnegara | 18 Tempat Wisata di Kudus | Hotel di Brebes | 43 Tempat Wisata di Klaten | 11 Tempat Kuliner di Gresik | 14 Tempat Wisata di Sorong | Makam Giriloyo Imogiri Bantul Jogja |