19 Tempat Wisata di Lombok Barat

Tulisan ini merupakan catatan awal Tempat Wisata di Lombok Barat. Kabupaten Lombok Barat adalah merupakan bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Barat yang memiliki luas wilayah 862,62 Km2, dan lokasinya berada di ujung paling Barat Pulau Lombok, berdekatan dengan Pulau Bali.

Tulisan Tempat Wisata di Lombok Barat dan peta wisata Lombok Barat ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat. Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi.

Tempat Wisata di Lombok Barat

1.
Desa Malimbu, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat, dengan panorama Gunung Agung Bali dan Pantai Gili di kejauhan, dan Pantai Malimbu di bawahnya. Terbaik untuk sunset.

2. Gili Asahan
Merupakan sebuah pulau berpenghuni di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat yang bisa ditempuh alam waktu 1,5 – 2 jam dari Kota Mataram.

3. Gili Gede
Sekumpulan pulau kecil di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, yang bisa ditempuh dengan perjalanan darat 35 km dari Gerung, dan lalu naik perahu 20 menit.

4. Gili Kedis
Selebar 250 m yang merupakan pulau terkecil diantara keempat pulau yang ada di Sekotong, dengan pantai yang jernih dan mendapat julukan ‘romantic Island’.

5. Gili Nanggu, Gili Tangkong, dan Gili Sudak
Berupa deretan pulau kecil berpasir putih, ditempuh dengan kendaraan dari Gerung ke Lembar, lalu naik perahu 30 menit. Di Gili Nanggu bisa melihat matahari terbit.

6. Hutan Wisata Pusuk Pass
lokasinya berada di perbatasan Lombok Barat dan Lombok Utara, yang merupakan kawasan hutan rimbun dimana terdapat ratusan ekor monyet dipinggir jalan.

7. Makam Batu Layar
kawasan wisata Senggigi, yang lokasinya berada di perbukitan di belokan jalan raya Senggigi. Dipercaya merupakan petilasan dari Syech Duhri Al Haddad Al Hadrani.

8. Makam Mambalan
Desa Mambalan, Lombok Barat, ada makam Lalu Gede, penyebar agama Islam di Desa Mambalan dan sekitarnya, ketika Lombok masih dijajah oleh Gusti Anak Agung Bali.

9. Masjid Karang Bayan
Desa Karang Bayan, Kecamatan Lingsar, yang bisa dicapai dengan melalui Desa Batu Kumbung ke arah utara melewati Pasar Endut, atau melalui Desa Duman.

10. Pantai Mangsit
Lokasinya berada di sebelah utara Pantai Senggigi, dengan pasir putih, ombak yang tidak terlalu kuat, dan panorama ini, berjarak sekitar 20 km dari Mataram.

11. Pantai Mekaki
Berpasir putih indah yang lokasinya berada di barat daya Pulau Lombok, sekitar 50 km atau satu setengah sampai dua jam perjalanan dari Kota Mataram.

12. Pantai Senggigi
Berjarak sekitar 12 km dari Kota Mataram, dimana pengunjung bisa melakukan water skiing, berjemur, dan menikmati matahari terbenam.

13. Pelabuhan Lembar
Teluk Labuhan Tereng dengan pemandangan yang indah, berjarak 30 km dari Kota Mataram. Di Pelabuhan Lembar terdapat pelabuhan umum dan pelabuhan penyeberangan.

14. Pemandian Aik Nyet
Lokasinya berada di Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat.

15. Pura Batu Bolong
Berupa sebuah pura yang dibangun di atas karang di tepi pantai. Menurut legenda, di tempat ini dahulu sering dilakukan pengorbanan perawan kepada ikan hiu.

16. Pura Gunung Pengsong
Di puncak Gunung Pengsong, Desa Kuranji, Kec Labuapi, dicapai dengan menaiki 350 anak tangga. Di salah satu pura tertua di Lombok ini terdapat monyet liar.

17. Pura Lingsar
Desa Lingsar, Kec Narmada, 9,5 km dari Kota Mataram, dibangun pada 1714, direnovasi pada 1878, merupakan lambang kerukunan Hindu Bali dan Islam Wektu Telu.

18. Pura Narmada
Desa Lembuah, Kec Narmada, 10 Km dari Kota Mataram, dibangun abad ke-19 oleh Raja Anak Agung Dede Karang Asem, tiruan Danau Segara Anak di Gunung Rinjani.

19. Rumah Adat Karang Bayan
Lokasinya berada di Desa Karang Bayan, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat.

Silahkan berbagi jika memiliki informasi tentang Tempat Wisata di Lombok Barat

Matched content

Bagikan tulisan ini di :
Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Nusa Tenggara Barat » Lombok Barat » 19 Tempat Wisata di Lombok Barat
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 15 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap