11 Tempat Wisata di Kota Jayapura

Di bawah ini adalah daftar lengkap Tempat Wisata di Kota Jayapura, ibukota Provinsi Papua, yang lokasinya berada di tepi Teluk Yos Sudarso dan Teluk Yotefa. Didirikan oleh Kapten Infanteri F.J.P Sachses dari Kerajaan Belanda pada 7 Maret 1910, kota ini dinamai Hollandia pada 1910 – 1962, serta Kota Baru dan Sukarnopura setelah itu, dan pada 1968 berubah menjadi Jayapura, sampai sekarang.

Kota Jayapura berbatas Samudera Pasifik di Utara, wilayah Keerom di Selatan, Papua Nugini di Timur, serta wilayah Kabupaten Jayapura di Barat.

Tempat Wisata di Kota Jayapura

1. Monumen Pepera
Berada di Apo, 500 m dari pusat kota Jayapura arah ke utara, dibangun untuk memperingati Deklarasi Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA) pada 1969.

2. Monumen Yos Sudarso »
Taman Imbi di pusat Kota Jayapura. Komodor Yos Sudarso gugur di Laut Arafuru pada 1962 saat operasi pembebasan Irian Barat.

3. Museum Loka Budaya »
Berada di Abepura, Jayapura, didirikan pada 1970 dengan koleksi artefak dan benda etnografi dari seluruh tanah Papua, banyak diantaranya sumbangan dari John Rockefeller.

4. Pantai Base “G” »
Sekitar 10 km dari Kota Jayapura dengan panorama Samudera Pasifik yang menjadi gerbang masuknya kapal dari arah barat.

5. Pantai Dok II »
Berada persis di depan Kantor Gubernur Provinsi Papua di Jl Soa Siu Dok II, juga dikenal sebagai “Kupang” (kursi panjang” karena ada seperti kursi semen berlapis keramik hijau di sepanjang pantai.

6. Pantai Holtekamp »
Berada di Koya Utara, membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam dari Kota Jayapura. Pantai pasir putih dengan deretan pohon kelapa di sepanjang tepian pantai.

7. Pantai Hamadi »
Merupakan pantai pasir hitam yang ada di Kota Jayapura, merupakan pantai bersejarah karena menjadi tempat pendaratan tentara sekutu pada Perang Dunia kedua.

8. Pantai Skow »
Terletak di Desa Skow Mabo, Distrik Muara Tami, sekitar 44 km atau 1 jam perjalanan darat dari Kota Jayapura

9. Pasar Suvenir Hamadi
Tempat yang baik untuk membeli suvenir khas Papua seperti koteka, dan tas rajut papua.

10. Teluk Youtefa »
Sebuah teluk kecil yang diapit Tanjung Saweri dan Tanjung Pie, berjarak sekitar 4 km dari pusat kota Jayapura atau sekitar 15 menit melalui rute Jayapura-Entrop.

11. Tugu Peringatan Pendaratan Tentara Sekutu
Dibangun untuk mengenang peristiwa Pendaratan tentara Sekutu pada 22 April 1944 di Pantai Hamadi. Di kaki tugu tertulis ‘Here The Allied Forced Landed On April 22, 1944’.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Papua » Jayapura » 11 Tempat Wisata di Kota Jayapura
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang.

BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA.

Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 15 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap