8 Tempat Wisata di Kota Binjai

Daftar catatan lengkap Tempat Wisata di Kota Binjai disajikan di bawah ini. Peta Wisata Kota Binjai dengan penanda oleh The Aroengbinang Project akan ditambahkan kemudian. Tulisan tempat Wisata Kota Binjai dan Peta Wisata Kota Binjai akan diperbarui ketika informasi baru tersedia, dan posisi koordinat GPS dari Tempat Wisata Kota Binjai itu telah diperoleh.

Nama Binjai berasal dari nama pohon besar di tepi Sungai Bingai yang menjadi cikal bakal kota ino. Nama Ba Bingai disebut dalam catatan John Anderson yang pergi ke pesisir Sumatera Timur pada 1823 atas perintah Gubenur Jenderal Inggris di Pulau Penang.

Sejak 1822, Binjai telah menjadi bandar pelabuhan. Pada 17 Mei 1872 terjadi pertempuran sengit antara para Datuk dan rakyat melawan Belanda yang hendak menguasai perkebunan di Binjai. Setelah beberapa bulan, pada 24 Oktober 1872 Belanda menangkap Datuk Kocik, Datuk Jalil dan Suling, dan pada 1873 mereka dibuang ke Cilacap.

Kota Binjai berjarak 22 Km dari Kota Medan, namun jarak perbatasan keduanya hanya sekitar 8 Km. Kota ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Langkat, dan merupakan jalur trasportasi utama Medan dengan Banda Aceh. Rambutan Binjai adalah buah-buahan yang sangat terkenal sejak lama.

Pada malam hari, dari pukul 18.00 dampai 03.00 WIB di kawasan Jalan Ahmad Yani ada pusat jajanan yang dikenal sebagai pasar kaget.

Tempat Wisata di Kota Binjai

1. Arung Jeram Sungai Binge »
Tempat wisata di Kota Binjai sekitar satu jam dari Kota Medan dengan tingkat kesulitan 2-3, menempuh jarak 6 km dengan waktu tempuh 2 jam.

2. Gedung Pengadilan Agama Binjai »
Wisata Kota Binjai di Jalan Sultan Hasanuddin, Binjai Kota, dengan kubah besar yang merupakan bangunan peninggalan dari jaman kolonial Belanda.

3. Masjid Agung Binjai »
Masjid terbesar di Kota Binjai yang tengah direnovasi besar dan konon setelah selesai akan mirip dengan Masjid Madinah dengan kubah yang tinggi.

4. Pantai SB (Sei Bingei) »
Wisata Binjai dekat Kelurahan Tanah Merah, sekitar 20 menit dari pusat Kota Binjai. Di sekitar pantai masih dijumpai unggas, kera, dan satwa lainnya.

5. Taman Balita »
Jalan Veteran Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota, yang dilengkapi permainan untuk anak-anak balita. Banyak pula pedagang kaki lima yang menjual makanan dan mainan anak-anak. Sehingga mempermudah masyarakat untuk datang ke taman balita.

6. Tempat Wisata Kuliner di Binjai
Catatan tempat kuliner di Binjai

7. Tugu Perjuangan 1945 »
Lambang pintu gerbang Kota Binjai yang menyambut kedatangan pengunjung dari luar kota. Pengibaran sang saka Merah Putih dilakukan pada tanggal 6 September 1945 oleh pengurus dan anggota Muhammadiyah serta masyarakat umum.

8. Vihara Setia Buddha »
Jl. Jendral Sudirman Kota Binjai, yang biasa menggelar pertunjukan Barongsai pada perayaan Imlek.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Sumatera Utara » Binjai » 8 Tempat Wisata di Kota Binjai
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 15 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap