12 Tempat Wisata di Kepulauan Mentawai

Di bawah ini adalah catatan awal tentang Tempat Wisata di Kepulauan Mentawai. Kepulauan Mentawai, yang berada di Samudera Hindia, masuk dalam wilayah Sumatera Barat. Kepulauan Mentawai dihuni oleh Suku Mentawai yang senang mentato sekujur tubuhnya. Pulau yang besar adalah Pulau Pagai Utara, Pulau Pagai Selatan, Pulau Sipora dan Pulau Siberut.

Dengan kapal motor, membutuhkan waktu 10-12 jam dari Kota Padang untuk sampai ke Pulau Siberut, pulau terbesar di Kepulauan Mentawai. Perjalanan ke Siberut bisa sulit dan berbahaya karena ombak besar, terutama pada Juni dan Juli. Pasca Tsunami yang melanda Kepulauan Mentawai pada 25 Oktober 2010, info tempat-tempat wisata di bawah ini bisa tidak akurat, karena mungkin telah mengalami perubahan.

Tempat Wisata di Kepulauan Mentawai

1. Air Terjun Bat Soumang
Dusun Bulasat, masih sangat alami, letaknya di pedalaman dikelilingi hutan rotan dan pohon besar, airnya cukup deras dan berbahaya.

2. Danau Rua Oinan
Dusun Saumanganyak, di tengah hutan, berbentuk muara dikelilingi pohon besar, dan pohon sagu.

3. Kulu Kubuk
Desa Madobak, ditempuh dengan speedboat selama 4 jam, terkenal dengan pemandian alamnya yang sejuk.

4. Pantai Awera
Pulau Awera, tepat di depan ibukota Tuapejat, sesuai untuk snorkeling dan diving dengan alam bawah laut yang dihias bermacam karang dan ikan.

5. Pantai Bulasat
Dusun Bulasat, pantai berpasir putih, 2,5 jam dari kecamatan dengan kendaraan roda empat atau motor melewati perbukitan.

6. Pantai Karamajat
Desa Katurei, Pulau Karamajat, dengan ombaknya 2-4 meter dan gulungan ombak sangat panjang.

7. Pantai Karoniki
Pulau Koroniki, Kecamatan Siberut Selatan, satu jam dengan speedboat dari kota kecamatan, dengan gulungan ombak tinggi, tebing-tebing terjal untuk panjat tebing.

8. Pantai Katiet Bosua
Dusun Katiet, Desa Bosua, Kecamatan Sipora, 4 jam dengan speedboat dari Tuapejat, dengan gulungan ombak sempurna berketinggian 3-4 meter.

9. Pantai Nyangnyang
Kecamatan Siberut Selatan, 2 jam dengan speedboat dari kota kecamatan, ombaknya konon tertinggi di dunia.

10. Pantai Pokai
Desa Simalegi, 3 jam dengan speedboat dari kota kecamatan, memiliki ombak dan pemandangan indah, dan ada pulau lain yang berjarak 5 menit dengan bersampan.

11. Pantai Siruso
Pulau Siruso, dengan air laut jernih, dan pantai berpasir putih, yang menyenangkan untuk berenang berlama-lama.

12. Teluk Sinakak
Desa Sinanak, 3 jam dengan speedboat dari kecamatan, merupakan tempat terbaik untuk melihat panorama saat matahari tenggelam.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Sumatera Barat » Kepulauan Mentawai » 12 Tempat Wisata di Kepulauan Mentawai

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email. Diperbaiki 15 Juli 2017. Tag: ,