18 Tempat Wisata di Kampar

Berikut adalah daftar lengkap Tempat Wisata di Kampar. Kampar merupakan sebuah Kabupaten di Provinsi Riau dengan ibukota Bangkinang, yang terkenal sebagai Bumi Sarimadu dan Serambi Mekah. Kampar dilalui Sungai Kampar yang merupakan pertemuan dua sungai berukuran hampir sama besar, yaitu Sungai Kampar Kanan dan Kampar Kiri.

Kampar memiliki situs purbakala Candi Muara Takus yang diperkirakan telah ada pada masa Sriwijaya. Masyarakat Kampar melakukan tradisi mandi balimau bakasai dengan membersihkan diri di Sungai Kampar dalam menyambut bulan Ramadhan, serta tradisi tahunan Ma’awuo ikan dengan menangkap ikan secara bersama-sama.

Tempat Wisata di Kampar

1. Air Terjun Alahan
Tempat Wisata di Kampar yang berada hulu sungai Kampar Kecamatan XIII Koto Kampar dengan suasana alam yang indah dan udara yang segar.

2. Candi Muara Takus
Kecamatan XIII Koto Kampar, dibangun antara abad ke 4 – 9, terbuat dari batu bata, batu kali, dan pasir, berukuran 7 x 7 m. Ada pula Candi Tua, Candi Bungsu, Mahligai Setupa, dan Palangka.

3. Danau Bakuok
Desa Aur Sakti, Kecamatan Tambang, 33 Km dari Kota Pekanbaru, dengan tradisi tahunan Mauwo Lauk, yaitu mencari ikan secara serentak dengan jala dan sampan.

4. Danau PLTA Koto Panjang
Desa Merangin, Bangkinang Barat, 88 km dari Pekanbaru, seluas 12.900 ha dengan panorama alam yang indah.

5. Hutan Wisata Rimbo Terantang
Desa Padang Lawas, merupakan kawasan hutan lindung yang masih asli dengan flora yang sangat khas.

6. Kawasan Bangkinang Siabu
Desa Siabu, Bangkinang Barat, dengan panorama alam indah, dan menjadi pusat perternakan lebah madu serta pembibitan ikan.

7. Kawasan Kuala
Sekitar 40 menit dari Desa Air Tiris, Kecamatan Kampar, dengan panorama alam yang sangat menarik dan indah.

8. Kawasan Muara Mentawai
Berada 30 menit dari Desa Air Tiris, Kecamatan Kampar, dengan taman suaka marga satwa yang menjadi habitat bagi berbagai jenis burung dan panorama yang indah.

9. Kebun Binatang Kasang Kulim
Kecamatan Siak Hulu, 15 Km dari Pekanbaru, dengan berbagai koleksi binatang mamalia, primata, dan burung.

10. Makam Syekh Burhanuddin
Kuntu Lipat Kain, Kecamatan Kampar Kiri, merupakan makam penyebar Agama Islam yang disegani.

11. Masjid Jami’
Desa Tanjung Berulak, Air Tiris, 52 Km dari Pekanbaru, dibangun pada 1901, perpaduan gaya Melayu dan Cina yang indah, ada ornamen ukiran, menara tanpa paku besi, dan sumur dengan sebuah batu mirip kepala kerbau.

12. Museum Kandil Kemilau Emas
Pulau Belimbing, Kecamatan Bangkinang, berbentuk rumah Adat Lima Koto Kampar, dibangun sekitar tahun 1900 oleh almarhum Haji Hamid, menyimpan benda-benda besejarah, dayung perahu abad ke 18, dan kompas bambu yang dibuat oleh bangsa Cina.

13. Pemandian Alam Petapahan
Desa Petapahan, Kecamatan Tapung, yang merupakan tempat pemandian alam dengan panorama alam indah dan suasanya yang nyaman.

14. Rumah Tradisional Lontiok
Pulau Belimbing I dan Pulau Belimbing II, Desa Kuok, Kecamatan Bangkinang Barat, merupakan rumah tradisional masyarakat Melayu Kampar.

15. Taman Rekreasi Bukit Cadika
Tengah kota Bangkinang yang merupakan taman rekreasi yang juga dipergunakan sebagai bumi perkemahan dan tempat bermain.

16. Taman Rekreasi Sekijang
Desa Sekijang di Kecamatan Tapung Hilir dengan pemandangan alam yang indah dan telah tertata baik.

17. Taman Rekreasi Stanum
Sekitar 1 km dari Kota Bangkinang, dengan kolam renang Indopura, vila-villa, kios, restoran, dan jalan setapak menuju perbukitan yang diteduhi pohon akasia dan sungkai.

18. Tugu Equator
Kelurahan Lipat Kain, Kampar Kiri, yang berada tepat di garis khatulistiwa.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Riau » Kampar » 18 Tempat Wisata di Kampar
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 15 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap