25 Tempat Wisata di Jepara

Cari, kirim ke FB | Tweet | WA | Print!.

Di bawah ini adalah catatan Tempat Wisata di Jepara. Peta Wisata Jepara dari Google dengan penanda oleh The Aroengbinang Project, berisi lokasi tempat wisata, tempat menarik, obyek wisata, dan tempat lainnya di Jepara telah dibuat. Informasi ini akan diperbarui ketika informasi baru tersedia, dan posisi koordinat GPS telah diperoleh.

Kabupaten Jepara letaknya di pantai utara bagian timur Jawa Tengah. Adalah pada masa pemerintahan Ratu Kalinyamat (1549-1579), Jepara maju pesat dan menjadi bandar niaga utama di Pulau Jawa, selain menjadi Pangkalan Angkatan Laut yang kuat. Pada 1551 dan 1574, karena ketidaksukaannya pada penjajah, Ratu Kalinyamat mengirimkan armada perangnya ke Malaka untuk menggempur Portugis.

Ratu Kalinyamat juga dipercaya berjasa besar dalam membudayakan seni ukir Jepara, yang merupakan perpaduan seni ukir Majapahit dengan seni ukir Patih Sungging Badarduwung yang berasal dari Campa.

Tempat Wisata di Jepara

tempat wisata di jepara1. Benteng VOC »
Benteng peninggalan dari jaman kolonial yang dibangun di puncak bukit kota Jepara, tempat dimana jasad Kapten Tack pernah disemayamkan, juga ada kubur tua Belanda.

2. Air Terjun Songgolangit »
Desa Bucu, Kembang, 30 km dari Kota Jepara, dengan tinggi air terjun 80 m dan lebar 2 m. Di sekitar air terjun ada beragam kupu-kupu.

3. Benteng Portugis »
Tempat Wisata di Jepara di Desa Banyumanis, Keling, 45 km dari Kota; dibangun Mataram pada 1632 untuk tentara Portugis. Ketika Malaka jatuh ke Belanda pada 1641, Portugis meninggalkan benteng pada 1642.

4. Hotel di Jepara »
Catatan tempat penginapan dan hotel yang ada di Kota Jepara.

5. Kelenteng Hian Thian Siang Tee »
Desa Welahan, Kecamatan Welahan, 24 km dari kota Jepara, dekat Pasar Welahan, ada 2 kelenteng yang dibangun Tan Siang Hoe, dan Tan Siang Djie.

tempat wisata di jepara6. Kelenteng Hok Tek Ceng Sin »
Berada di Desa Welahan, tidak jauh dari lokasi Kelenteng Hian Thian Siang Tee, dengan tuan rumah Dewa Bumi.

tempat wisata di jepara7. Kelenteng Hok Tek Tong
Kunjungan penghabisan malam itu adalah ke kelenteng ini. Itu dengan keyakinan bahwa yang namanya rumah ibadah mestinya buka siang malam bagi jamaahnya, karena Tuhan tak pernah tidur untuk menerima panjatan doa umat manusia yang sedang membutuhkan bimbingan dan pertolongan.

tempat wisata di jepara8. Makam Citrosoman Sendang »
Cagar Budaya tempat dimakamkannya para Bupati Jepara yang mulai berkuasa pada masa pemerintahan Sunan Paku Buwono I, dimulai dari Adipitati Citrosoma I.

tempat wisata di jepara9. Makam Panembahan Juminah »
Akses masuknya berupa sebuah gang yang berada di seberang jalan makam dan masjid Mantingan. Beliau menurunkan bupati Tuban Raden Haryo Tejo, dan leluhur Sunan Kalijaga.

tempat wisata di jepara10. Makam Ratu Kalinyamat »
Dikenal sebagai Makam Mantingan, tempat disemayamkannya jasad Pangeran Hadlirin, Ratu Kalinyamat, Patih Sungging Badarduwung, dan sejumlah makam lainnya.

tempat wisata di jepara11. Masjid Agung Jepara »
Nama resminya Masjid Agung Baitul Makmur Jepara, sebuah masjid tua yang telah mengalami sejumlah perubahan besar, yang menghilangkan atap unik aslinya.

tempat wisata di jepara12. Masjid Astana Sultan Hadlirin »
Desa Mantingan, 5 km dari pusat kota, dibangun 1481 Saka (1559 M) oleh Pangeran Hadlirin, bersebalahan dengan Makam Mantingan.

tempat wisata di jepara13. Masjid Baiturrahman Robayan
Masjid yang dari luar tembok terlihat cukup megah ini berada persis di tepi jalan kabupaten Demak – Jepara, sehingga sudah kami lewati saat sedang bermobil menuju ke Kota Jepara.

tempat wisata di jepara14. Monumen Ari-Ari Kartinia
Pagi itu, dalam perjalanan menuju ke Kudus, kami sempat mampir sejenak di Monumen Ari-Ari Kartini Mayong Jepara. Mayong, tempat Kartini lahir, kini adalah sebuah kota kecamatan di wilayah Kabupaten Jepara.

15. Museum Kartini »
Jl Pemuda No.1, utara alun-alun kota, dibangun pada 30 Maret 1975; menyimpan benda dan foto milik Kartini, benda milik Sosrokartono, benda purbakala, dan kerangka ikan “Joko Tuo”.

16. Pantai Kartini »
Desa Bulu, Jepara, 2,5 km dari Jepara. Ada dermaga kapal ke Karimunjawa dan Pulau Panjang. Di bagian barat ada Poncol, untuk mandi fajar dan melihat matahari terbenam.

17. Pantai Teluk Awur
Lokasi yang lumayan asik untuk menikmati panorama matahari tenggelam di pantai yang air lautnya jinak ini sehingga bisa dipakai untuk bermain air. Ada makam tua juga di tepian pantai.

18. Pantai Tirto Samudro »
Berada 7 km dari pusat kota, dengan pasir putih, air laut jernih, dan panorama matahari tenggelam, sambil menikmati kerang rebus, rajungan, ikan bakar dan pindang srani.

19. Peta Wisata Jepara »
Peta wisata Jepara yang berisi lokasi wisata, lengkap dengan data GPS, serta petunjuk arah menuju ke setiap lokasi.

20. Pindang Srani Jobokuto
Selewat senja kami sempat menikmati Pindang Srani Jobokuto Jepara di pusat kuliner yang berada tepat di ujung utara atau barat daya Shopping Centre Jepara. Tempat ini menjadi tujuan wisata kuliner pelancong yang memeluk malam di sana.

21. Pulau Panjang
Pulau kecil berpasir putih, berjarak 1,5 km dari Pantai Kartini, ditempuh dalam waktu 15 menit dengan perahu kecil. Di sana ada makam Syekh Abu Bakar bin Yahya Ba’alawy. »

22. Pulau Karimun Jawa »
Dengan terumbu karang, hutan bakau, pohon Dewadaru, Kayu Setigi dan Kayu Kalimasada. Kapal Sabtu 09.00 Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Pelabuhan Kartini Jepara Sabtu & Rabu 09.00.

23. Pusat Tenun Ikat Troso »
Desa Troso, Kecamatan Pecangaan, Kudus.

24. Pusat Kerajinan Monel »
Desa Kriyan, Kecamatan Kalinyamat, Kudus.

25. Ukiran Jepara »
Desa Ngabul, Senenan, Tahunan, Pekeng, Kalongan dan Pemuda.



Kirim ke FB | Tweet | WA | Email | Print!

Home » Jawa Tengah » Jepara » 25 Tempat Wisata di Jepara
Tag: ,

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 19 Maret 2017.

Lalu «
Baru » »