12 Tempat Wisata di Indramayu

Home » Jawa Barat » Indramayu » 12 Tempat Wisata di Indramayu
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Tulisan ini merupakan catatan awal Tempat Wisata di Indramayu. Kabupaten Indramayu berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah Utara, Kabupaten Cirebon di Tenggara, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Sumedang di Timur, dan Kabupaten Subang di Barat. Kota-kota penting di Indramayu di antaranya adalah Indramayu, Jatibarang, Haurgeulis dan Karangampel.

Tulisan Tempat Wisata di Indramayu dan peta wisata Indramayu ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat. Lihat juga Peta Wisata Indramayu, Hotel di Indramayu

Tempat Wisata di Indramayu

1. Koloni Kera Banjar
Desa Bulak, Kecamatan Jatibarang, sekitar 17 Km dari Kota Indramayu, berupa koloni kera yang konon jumlahnya tidak pernah berubah, yaitu sebanyak 41 ekor Kera.

2. Makam Buyut Tambi
Desa Tambi, Kecamatan Sliyeg, Indramayu, yang berada di jalur jalan Jatibarang-Indramayu.

3. Makam Pangeran Salawe
Berupa ziarah makam yang berada di Desa Dermayu, Kecamatan Sindang. Komplek makam ini ada pada sebidang tanah seluas 320 m2, berpagar tembok 20 x 16 m dengan tinggi 1,5 m.

4. Makam Raden Arya Wiralodra
Blok Karangbaru, Desa Sindang. Ia adalah putra Tumenggung Gagak Singalodra dari Banyuurip, Bagelen, Jateng, yang membuka hutan di barat sungai Cimanuk, cikal bakal Indramayu.

5. Masjid Kuno Bondan
Disebut Mesjid Kuno Darussyajidin ini ada di Desa Bondan, Kertasemaya, berdiri 1414 H ini merupakan hasil musyawarah Syekh Datuk Khafi dengan masyarakat Bondan.

6. Pantai Tirtamaya
Jalan Raya Indramayu – Cirebon, sekitar 16 Km dari kota Indramayu, yang kabarnya panoramanya indah pada saat matahari terbit dan dan tenggelam.

7. Pantai Eretan
Kandanghaur, 39 Km dari Kota Indramayu, tempat istirahat bagi pejalan yang pergi dari atau pulang ke Jakarta, dengan hutan mangrove dan deretan rumah makan.

8. Pulau Biawak »
Pantainya berpasir putih, dengan taman laut dan ikan hias serta terumbu karang, tanaman bakau, rumput laut, dan Mercusuar yang di bangun ZM. Willem pada 1872.

9. Situ Bojongsari
Berupa danau seluas 6 Ha yang berada di Desa Bojongsari, sekitar 2 km dari pusat kota Indramayu, yang digunakan untuk kegiatan memancing, berkemah dan rekreasi air.

10. Situ Bolang
Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung, sekitar 20 Km dari kota Indramayu dimana pengunjung bisa melakukan kegiatan memancing, berkemah dan berekreasi air.

11. Tugu Kujang
Berada di jalan masuk ke Indramayu dari Cirebon, melambangkan sejarah Kijang Emas yang menuntun arah ke pedukuhan di Muara Kali Cimanuk, cikal bakal Indramayu.

12. Vihara Dharma Rahayu
Jl Veteran yang sebelumnya bernama Klenteng An Tjeng Bio, dibangun pada tahun 1848 oleh Poey Soen Kam sebagai tempat pemujaan bagi Toa Pekong Lak Kwa Ya.

Informasi tempat wisata di Indramayu lainnya bisa dilihat di sini.

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag: ,

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 19 Maret 2017.

Lalu «
Baru » »