Tempat Wisata di Gunung Kidul

Di bawah ini adalah catatan lengkap tentang Tempat Wisata di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten Gunung Kidul, dengan kode area telepon 0274 beribukota Wonosari, berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah di Utara dan Timur, Samudra Hindia di Selatan, serta Bantul dan Sleman di Barat.

Tulisan Tempat Wisata di Gunung Kidul dan peta wisata Gunung Kidul ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat.

Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat wisata yang telah anda kunjungi di sini.

Tempat Wisata di Gunung Kidul

Air Terjun Sri Gethuk
Desa Wisata Bleberan, Kecamatan Playen, dekat Sungai Oya, tempat pemancingan, susur sungai dengan perahu atau pelampung.

Bendungan Simo
Desa Genjahan, Kec Ponjong, Gunung Kidul, dengan tempat pemancingan, warung lesehan, dan sepeda air.

Dam Beton
Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong, Gunung Kidul.

Desa Wisata Bejiharjo
Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo dimana terdapat wisata Goa Pindul, suasana alam pedesaan, dan tempat pemancingan.

Desa Wisata Bleberan
Desa Bleberan, Kecamatan Playen, dengan Air Terjun Sri Gethuk dan Goa Rancang Kencono

Desa Wisata Bobung
Desa Putat, Kecamatan Patuk, yang merupakan pusat kerajinan topeng, patung, dan batik kayu.

Desa Wisata Garotan
Desa Bendung, Kecamatn Semin, merupakan pusat pembuatan lampu antik dan ornamen dari cor logam.

Desa Wisata Jelok
Desa Beji, Kecamatan Patuk, yang terkenal sebagai Kampoeng Nusantara, dengan suasana alam pedesaan, dekat Sungai Oya, jembatan gantung, makan malam di atas sungai.

Desa Wisata Mojo
Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu, yang merupakan pusat kerajinan ornamen batu putih.

Desa Wisata Nglanggeran
Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, dengan wisata Gunung Api Nglanggeran, suasana alam pedesaan, aneka kerajinan khas, area berkemah, pendopo dan home stay.

Desa Wisata Umbulrejo
Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong, Dam Beton Indah, tempat pemancingan, warung ikan segar, area out bound, area berkemah, dan susur goa.

Desa Wisata Wonosari
Desa Beji, Kecamatan Ngawen, berada di dekat hutan lindung Wonosari.

Goa Bribin
Desa Dadapayu, Kecamatan Semanu, ada proyek pengangkatan air sungai bawah tanah untuk masyarakat sekitar kerjasama dengan Jerman.

Goa Cerme
Desa Giritirto, Kecamatan Purwosari, dengan stalaktit dan stalakmit yang indah, sungai bawah tanah, banyak kelelawar.

Goa Cokro
Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong, berupa goa vertikal (luweng), dengan kedalaman sekitar 35 meter.

Goa Cokakan
Desa Wisata Jelok, Kecamatan Patuk dengan pemandangan khas goa karst Gunungkidul.

Goa Gelatik
Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, banyak kelelawar, untuk masuk goa harus merunduk/merangkak, dengan stalaktit dan stalakmit indah.

Goa Jlamprong, Goa Gesing, Goa Sinden
Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu dan Desa Wisata Mojo yang terkenal sebagai pusat kerajinan ukir batu putih berupa goa horizontal berair.

Goa Jomblang – Grubug
Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, perpaduan goa vertikal (luweng) dan horisontal dengan bias sinar matahari menembus lobang gua yang terkenal dengan sebutan “Cahaya Surga”

Goa Kalisuci
Desa Pacarejo Kecamatan Semanu, Gunung Kidul, 12 km dari Wonosari, ada sungai bawah tanah yang mengalir melalui goa, bisa ditelusuri dengan perahu karet, tali.

Goa Langse
Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, dekat Pantai Parangtritis, tempat bersemedi, meditasi, dengan mata air yang keluar dari dalam goa.

Goa Lowo
Kecamatan Ponjong yang keberadaannya terancam karena penambangan batu kapur.

Goa Maria Tritis
Desa Giring, Kecamatan Paliyan, tempat ziarah dan beribadah bagi umat Katolik.

Goa Paesan
Desa Tambakromo, Kecamatan Ponjong, masih alami dalam pengembangan dengan stalaktit dan stalakmit indah.

Goa Pindul
Dusun Gelaran, Desa Beji, Kecamatan Karang Mojo, Gunung Kidul, dimana pejalan bisa mengikuti paket wisata cavetubing Pindul, Caving Sioyot dan Rivertubing Oyo

Goa Rancang Kencono
Desa Bleberan, Kecamatan Playen, dekat Air Terjun Sri Gethuk dengan pohon unik yang menembus lobang goa.

Goa Sioyot
Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, goa horizontal dengan stalaktit dan stalakmit yang indah dan banyak kelelawar.

Gunung Gambar
Desa Jurangjero, Kec Ngawen, Gunung Kidul, dengan ketinggian 200 mdpl, panorama Rawa Jombor dan Waduk Gajah Mungkur; konon merupakan tempat bertapa Raden Mas Said atau Pangeran Sambar Nyowo ketika tengah berperang melawan Belanda.

Gunung Kendil
Kecamatan Ponjong, dengan sumber air yang mengalir deras dari bongkahan batu besar, kolam renang, Masjid, tempat terapi berbagai penyakit.

Gunung Nglanggeran
Desa Nglanggeran, Kec Patuk, Gunung Kidul, di kawasan Baturagung, 22 km dari Kota Wonosari, dengan ketinggian 200-700 mdpl, merupakan gunung berapi purba.

Gunung Patuk / Bukit Hargodumilah
Di perbatasan Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Bantul yang menjadi pintu gerbang masuk wilayah Gunungkidul, melihat cahaya lampu di bawah bukit di malam hari, dan pemandangan Gunung Merapi.

Hutan Bunder
Desa Putat, Kecamatan Patuk, merupakanhutan lindung di pinggir jalan Jogja-Wonosari, terdapat Rest Area Bunder, bisa untuk berkemah

Hutan Wanagama
Desa Banaran, Kecamatan Playen, berupa kawasan hutan lindung dan tempat penyulingan kayu putih, ada MCK, mushola, pendopo, dan dekat dengan sungai.

Hutan Wonosari
Desa Beji, Kec Ngawen, Gunung Kidul, di lereng perbukitan, 18 km dari Wonosari, dengan pohon-pohon langka.

Kawasan Karst Pegunungan Sewu
Berupa bentangan pegunungan karst yang meliputi wilayah Gunungkidul, Pacitan, dan Wonogiri.

Lembah Karst Mulo
Desa Mulo, Kec Wonosari, Gunung Kidul, 5 km dari Wonosari, merupan lembah cukup luas yang terbentuk ratusan tahun lalu.

Makam Bupati Pontjodirjo
Dusun Kerjo I, Desa Genjahan, Kecamatan Ponjong, Gunung Kidul, merupakan makam Bupati I yang ketika itu ibukota kabupaten berada di Ponjong.

Pantai Baron
Desa Kemadang, Kec Tanjungsari, Gunung Kidul, yang dikelilingi perbukitan kapur dengan jalan setapak untuk menikmati panorama laut; di bagian barat terdapat muara air sungai bawah tanah; ada penginapan, warung, TPI, rumah makan

Pantai Drini
Desa Ngestirejo, Kec Tanjungsari, Gunung Kidul, ada pulau karang yang ditumbuh pohon Drini untuk penangkal ular berbisa.

Pantai Gesing
Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kawasan Transmigran Ring I, perkampungan nelayan, ada warung makan ikan segar dan masjid

Pantai Indrayanti
Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, dimana terdapat restoran dengan nama yang sama, dan pemandangan matahari tenggelam yang indah

Pantai Jungwok
Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, alami, indah, dan belum banyak dikunjungi.

Pantai Krakal
Desa Ngestirejo, Kec Tanjungsari, Gunung Kidul, dengan pasir putih, bisa untuk mandi atau berenang, ada warung dan penginapan.

Pantai Kukup
Desa Kemadang, Kec Tanjungsari, Gunung Kidul, berpasir putih, ada Gedung Aquarium Laut, pulau karang kecil dengan gardu pandang, penginapan, warung, dll.

Pantai Ngandong
Desa Sidoarjo, Kec Tepus, Gunung Kidul, merupakan pantai berpasir putih, bisa berlayar bersama nelayan melihat umbul air tawar yang keluar dari dasar laut

Pantai Ngobaran
Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, tidak begitu luas, ada pura yang tiap tahun menyelenggarakan Upacara Melasti

Pantai Ngrenehan
Desa Kanigoro, Kec Saptosari, Gunung Kidul, 30 km dari Wonosari, berupa teluk yang dikelilingi perbukitan kapur, pemandangan kapal-kapal nelayan dan warung.

Pantai Nguyahan
Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, masih alami dan bersih, sekitar 200 m dari Pantai Ngobaran

Pantai Pok Tunggal
Desa Tepus, Kecamatan Tepus, alami, ada pohon Duras yang tumbuh miring dan menjadi ikon pantai.

Pantai Sadeng
Desa Songbanyu dan Desa Pucung, Kec Girisubo, Gunung Kidul, 46 km dari Wonosari, ada Telaga Suling, dan Pangkalan Pendaratan Ikan bertaraf nasional.

Pantai Sadranan
Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, berpasir putih, alami, dan sering untuk pemotretan Pre Wedding.

Pantai Sepanjang
Desa Kemadang, Kec Tanjungsari, berpasir putih, bisa berjemur, dan merupakan tempat pendaratan penyu laut untuk bertelur.

Pantai Siung
Desa Purwodadi, Kec Tepus, Gunung Kidul, 35 km dari Wonosari, berupa pantai cekungan yang diapit dua bukit dengan 250 jalur pemanjatan, dan tempat berkemah

Pantai Slili
Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, bersebelahan dengan Pantai Ngandong

Pantai Sundak
Desa Sidoharjo, Kec Tepus, Gunung Kidul, dengan suasana pantai yang nyaman dan sering digunakan sebagai tempat perkemahan, berpasir putih, ada goa dengan sumber mata air

Pantai Timang
Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, dimana terdapat Pulau Timang, yaitu sebuah batu panjang yang dapat dijangkau dengan gondola tradisional.

Pantai Wediombo
Desa Jepitu, Kec Girisubo, Gunung Kidul, 40 km dari Kota Wonosari, berbentuk teluk landai berpasir putih, bisa memancing ikan cucut dan ikan panjo, ada Pulau Kalong yang dicapai dengan trekking sejauh 1,5 km ke Timur.

Pertapaan Kembang Lampir
Desa Girisekar, Kec Panggang, Gunung Kidul, merupakan pertapaan Ki Gede Pemanahan; dibuka untuk umum setiap hari Senin dan Kamis.

Situs Gembirawati
Dusun Watugajah, Desa Girijati, Kec Purwosari, Gunung Kidul, pada ketinggian 138 mdpl, berasal dari abad 16 dan merupakan bekas pesanggrahan putra-putra Prabu Brawijaya. Akses bisa lewat jalan menanjak dekat Hotel Queen of the South, Parangtritis.

Situs Megalitik Gunungbang
Dusun Gunungbang, Desa Bejiharjo, Kec Karangmojo, Gunung Kidul, berupa peti kubur batu dengan panjang 100 cm, lebar 75 cm dan diameter lubang 15 cm.

Situs Megalitik Sokoliman
Dusun Sokoliman II, Desa Bejiharjo, Kec Karangmojo, Gunung Kidul, berupa menhir, fragmen menhir dan dinding kubur batu.

Sungai Oya (River Tubing)
Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, menyusuri Sungai Oya dengan ban sepanjang 1 km.

Telaga Jonge
Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, dengan udara sejuk, tempat memancing ikan, ada upacara adat Bersih Telaga Jonge.

Telaga Kemuning
Desa Bunder, Kecamatan Patuk, dengan air terjun Ngeboran, Batu Payung, Hutan Wanagama, makanan khas kacang telor.

Telaga Suling
Desa Songbanyu dan Desa Pocung, Kec Girisubo, 50 km dari Wonosari, yang diduga merupakan muara Bengawan Solo Purba.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Yogyakarta » Gunungkidul » Tempat Wisata di Gunung Kidul
Tag : , ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 15 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap