27 Tempat Wisata di Garut

Tulisan ini merupakan catatan Tempat Wisata di Garut. Sebagian besar wilayah Garut adalah daerah pegunungan, dengan pantai selatan berupa dataran rendah yang sempit. Beberapa gunung yang terdapat di Garut adalah Gunung Papandayan (2.262 m), Gunung Guntur (2.249 m), Gunung Cikuray (2.821 m) dan Gunung Karacak (1.838 m).

Tulisan Tempat Wisata di Garut dan peta wisata Garut ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat. Lihat juga Peta Wisata Garut, Hotel di Garut

Tempat Wisata di Garut

1. Arung Jeram Sungai Cikandang »
Desa Sukamulya Kec Pakenjeng, dengan panjang 28 km dan lebar 5-8 m, rata-rata tinggi arus di Sungai Cikandang 1-2 m.

2. Arung Jeram Sungai Cimanuk »
Berupa Arung Jeram grade 3 di Kec Bayongbong, 20 menit dari Kota Garut, dengan lama perjalanan sungai dari tempat awal-akhir sekitar 2,5 jam dengan trip pendek 7 km.

3. Candi Cangkuang
Desa Cangkuang, Kec Leles, 17 Km dari Kota Garut, merupakan candi Hindu pertama yang ditemukan di Jawa Barat, yang dibuat abad ke-8, ada di Kampung Pulo, Situ Cangkuang.

4. Curug Cihanyawar
Desa Sukamumi, Kec Cilawu, dengan ketinggian 16 m, bersumber dari mata air Cikuray Gunung Cipadaruun, yang dikelola PTP Nusantara VIII dan warga Desa Sukamurni.

5. Curug Neglasari
Kec Cisompet, 59 km atau 2,5 jam perjalanan dari Kota Garut, masuk sejauh 1 km dari jalan utama. Ada beberapa air terjun dengan ketinggian yang berbeda-beda.

6. Curug Orok
Desa Cikandang, Kec Cikajang, 35 km dari Kota Garut melalui jalan raya Garut – Bungbulang, dengan ketinggian air terjun 20 m, dekat perkebunan Teh Papandayan.

7. Curug Sanghiyang Taraje
Desa Pekenjeng, Kec Pamulihan, 47 km dari Kota Garut, dengan luas kawasan air terjun 500 m2, dan air terjun setinggi 45 m.

8. Gunung Guntur
Kampung Dukuh, Desa Pananjung, Kec Tarogong Kaler, 7 km dari Kota Garut, banyak dikunjungi sebagai kawasan untuk berkemah, hiking dan treking.

9. Gunung Papandayan Garut
Untuk pendakian gunung dan perkemahan di Desa Sirna Jaya dan Desa Keramat Wangi, Kec Cisurupan, yang berjarak 28 km dari Kota Garut

10. Hutan Sancang
Desa Sancang, Cibalong, 118 km dari Kota Garut, dengan hutan bakau, sungai, gugusan batu unik. Hutan Sancang dilegendakan sebagai tempat hilangnya Prabu Siliwangi.

11. Kampung Sampireun
Kampung Ciparay, Desa Sukakarya, Samarang, ada Situ Sampireun, Bungalow khas Rumah Panggung Tatar Sunda. Kesenian Calung dipentaskan tiap sore di tengah Situ.

12. Kawah Darajat
Seluas 40 Ha di Desa Padaawas, Pasirwangi, merupakan bagian dari Gunung Papandayan dengan 2 kawah aktif dan 24 buah sumur uap yang digunakan sebagai tenaga PLTU.

13. Kawah Kamojang
Gunung Guntur, 23 km dari Kota Garut, dengan 20 sumur uap panas bumi yang beberapa diantaranya digunakan sebagai sumber pembangkit tenaga listrik tenaga panas bumi.

14. Kawah Talagabodas
Desa Wanaraja, 27 km dari Kota Garut, dengan air kawah bergolak dan berubah warna. Di sini terdapat hutan wisata, cagar alam dan makam Kian Santang atau Sunan Godog.

15. Ngamplang
Desa Ngamplang, Kec Cilawu, 5 km dari Kota Garut, dengan luas keseluruhan 26 ha. Di sini sering diadakan atraksi Laga Domba dan pementasan kesenian tradisional

16. Pantai Pasir Putih Gunung Geder
Berupa pantai landai berpasir putih yang berada di Kec Cikelet, 83 Km dari Kota Garut, dengan akses yang tidak terlalu sulit.

17. Pantai Cijayana »
Desa Cijayana, Kecamatan Mekarmukti, Bungbulang, dengan pasir halus putih kecoklatan, lebar pantai 200 m dan panjang 2 km, ada danau kecil di tepi pantainya.

18. Pantai Cijeruk Indah »
Desa Sagara, Kecamatan Pameungpeuk, dengan panjang garis pantai mencapai 2 km dan lebar 50 – 100 m.

19. Pantai Karang Paranje
Dengan gugusan karang di tepi pantai, pemandangan matahari terbenam, pasir putih bersih dengan panjang tepi pantai lebih dari 2.000 m dan lebar 100-200 m.

20. Pantai Rancabuaya
Desa Purbayani, Kec Caringin, 105 km dari Kota Garut, berpasir halus putih bersih, dengan panjang 1.000-2.000 dan lebar 100-200 m, terdapat villa dan penginapan.

21. Pantai Santolo
Kec Cikelet, 88 km dari Kota Garut atau 3,5 jam perjalanan, yang merupakan berkumpulnya nelayan. Pengunjung bisa menyewa perahu, dan menikmati hidangan laut.

22. Pantai Sayang Heulang
Desa Mancagahar, Pameungpeuk, 89 km dari Garut. Dicapai dengan rute Garut – Pameungpeuk – Macagahar – Sayang Heulang, dengan panjang pantai 3,5 km, gelombang 2 – 3 m.

23. Perkebunan Teh Dayeuh Manggung
Kec Cilawu, 15 km dari Kota Garut, yang dikelola PTP Nusantara VIII Persero, untuk trekking, hiking, rekreasi hutan, piknik dan menyepi.

24. Situ Bagendit
Desa Bagendit, Kec Banyuresmi, 13 km dari Kota Garut, dengan luas 144 ha, ditempuh dengan jalur Garut-Terminal Guntur – Ciawitali – Bagendit.

25. Situ Cangkuang
Tempat Wisata di Garut seluas 24 Ha dengan tiga pulau yang terdapat makam keramat. Di kampung Pulo, di salah satu pulau, terdapat enam bangunan rumah adat dengan bentuk dan ukuran sama, dan langgar.

26. Situs Ciburuy
Berupa benda-benda purbakala seperti pedang, keris dan tulisan-tulisan yang terdapat pada daun lontar di Desa Ciburuy, Kec Bayongbong, 15 km dari Kota Garut.

27. Taman Rekreasi dan Kolam Renang Cipanas
Kec Tarogong Kidul, 2 km dari Kec Tarogong atau 6 km dari Kota Garut, dengan kolam renang air panas berukuran 20 x 10 m2 dan taman rekreasi keluarga.

Silahkan berbagi jika memiliki informasi tentang Tempat Wisata di Garut

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Barat » Garut » 27 Tempat Wisata di Garut
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 15 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap