10 Tempat Wisata di Dumai

Di bawah ini adalah catatan tentang Tempat Wisata di Dumai, Provinsi Riau. Lokasi Kota Dumai terletak di tepi pantai, berbatasan dengan wilayah Bengkalis di Selatan dan Timur, Selat Rupat di Utara, dan wilayah Rokan Hilir di Barat.

Pelita Air Service melayani jadwal penerbangan 2 kali seminggu dari Jakarta ke Bandara Pinang Kampai di Dumai. Kota Dumai juga bisa dicapai dengan naik bus dari Pekanbaru, Medan, Padang, Bukit Tinggi, dan Jambi.

Sedangkan Pelabuhan Internasional Kota Dumai melayani penumpang yang berangkat atau datang dari Malaka (1,5 jam) dan Port Klang (3 jam) di Malaysia, dan Batam (6 jam) di Kepulauan Riau dengan menggunakan ferry. Lihat juga Peta Wisata Dumai, dan Hotel di Dumai.

Tempat Wisata di Dumai

1. Danau Bunga Tujuh »
Tempat wisata di Dumai yang berjarak 8 km dari pusat kota, dengan luas area 10 ha, yang menyediakan kereta air, kereta naga, kincir, restoran apung, dan pondok peristirahatan.

2. Goa Pelintung
Desa Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, 35 km dari pusat kota; dikenal sebagai Bukit Kerudung, tempat penyimpanan harta hasil perompakan oleh bajak laut Negeri Siam.

3. Hutan Wisata Dumai »
Kecamatan Dumai Barat dan Dumai Timur, 12 km dari pusat kota, dengan luas 44 ha, yang bisa dicapai dengan transportasi umum.

4. Makam Pawang Leon »
Desa Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, 25 km dari pusat kota Dumai, berupa makam Pawang Leon yang memiliki kesaktian sebagai peneroka di kampung Pelintung.

5. Makam Putri Tujuh »
Wisata Dumai di Kilang PT Pertamina RU II, yang merupakan tempat persembunyian 7 putri dari Kerajaan Sri Bunga Tanjung, saat kerajaannya diserbu oleh Kerajaan Temiang Aceh.

6. Makam Siti Laut »
JL Teduh, Desa Pangkalan Sesai, 3 Km dari pusat kota, yang konon merupakan seorang wanita yang paling setia terhadap raja.

7. Masjid Agung Al Mannan
Lokasinya berada di Jl. Soekarno Hatta, Bagan Besar, Kecamatan Bukit Kapur.

8. Pantai Teluk Makmur »
Tempat wisata di Dumai yang ada di Kecamatan Medang Kampai, di sebelah utara kota Dumai, dengan perkampungan Melayu yang berhadapan langsung dengan Pulau Rupat dan Selat Malaka.

9. Tapak Harimau Sakti Dumai »
Desa Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, 25 km dari pusat kota Dumai, yang merupakan tapak harimau asuhan Datuk Pawang Leon.

10. Tempat Wisata Kuliner Dumai »
Catatan tempat wisata kuliner yang ada di Dumai.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Riau » Dumai » 10 Tempat Wisata di Dumai

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 15 Juli 2017. Tag: ,