18 Tempat Wisata di Denpasar

Home » Bali » Denpasar » 18 Tempat Wisata di Denpasar
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Di bawah ini adalah catatan awal tentang Tempat Wisata di Denpasar yang berada di Pulau Bali. Kota Denpasar, dengan kode area telepon 0361, adalah merupakan ibu kota Provinsi Bali. Sungai Badung, yang bermuara di Teluk Benoa, membelah Kota Denpasar ini.

Tulisan Tempat Wisata di Denpasar dan peta wisata Denpasar ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat.

Tempat Wisata di Denpasar

1. Desa Budaya Kertalangu
Kesiman Kertalangu, dengan hamparan sawah, jogging track 4 km, wisata kuliner, memancing, berkuda, spa, belanja, wisata kerajinan dan wisata budaya.

2. Hutan Bakau
Jl. By Pass Ngurah Rai, Kecamatan Denpasar Selatan, 20 menit dari pusat Kota Denpasar, dengan jambatan kayu sepanjang 1.850 m yang melintasi hutan bakau (mangrove).

3. Lapangan Puputan
Merupakan kawasan ruang terbuka hijau di Kota Denpasar sekaligus berfungsi sebagai paru-paru kota.

4. Monumen Perjuangan Rakyat Bali
Lapangan Renon Nitimandala, di depan Kantor Gubernur Bali, dengan luas bangunan 4.900 m2, untuk mengabadikan perjuangan rakyat Bali, berbentuk bajra (genta) yang tinggi.

5. Museum Bali
Jalan Mayor Wisnu, di pusat Kota Denpasar, merupakan museum tertua di Bali dengan koleksi arkeologi, historika, seni rupa dan etnografika.

6. Pantai Sanur
Timur Kota Denpasar, untuk berselancar, wisata selam, snorkeling dan melihat panorma matahari terbit, ada event tahunan Sanur Village Festival.

7. Pasar Badung
Jl. Gajah Mada, 1 km dari Pusat Kota Denpasar, merupakan pasar tradisional terbesar di Kota Denpasar, dengan kuliner tradsional dan kerajinan khas Bali.

8. Pasar Burung Satria
Jalan Veteran, di pusat kota Denpasar, 500 m dari Patung Catur Muka, menjual berbagai jenis burung, unggas, ikan, hias dan hewan piaraan.

9. Pasar Kreneng
Jalan Kamboja, 3 km dari pusat Kota Denpasar, merupakan pasar terbesar kedua di Kota Denpasar. Malam hari menjadi tempat wisata kuliner.

10. Pulau Serangan
Bisa dicapai melewati jembatan yang menghubungkan daratan Pulau Bali dengan Pulau Sarangan

11. Pura Blanjong
Banjar Blanjong, Desa Sanur Kauh, Kecamatan Denpasar Selatan, dengan peninggalan berupa prasasti Blanjong yang memuat sejarah tertulis tertua tentang Pulau Bali, bertarikh 913 M.

12. Pura Jro Kuta
Jalan Kumbakarna, 100 meter dari Pura Maospahit, dengan kompleks bangunan unik seperti Ancak saji, Semanggen, Ranggi, dll.

13. Pura Maospait (Tonja)
Banjar Tatasan Kelod Kelurahan Tonja, Kecamatan Denpasar Utara, 2 km dari Kota Denpasar, dengan peninggalan arkeologi berupa Meja Batu, Palung Batu, Candi, dan Candi Kurung.

14. Pura Maospait (Grenceng)
Banjar Panji Gede, Pemecutan Kaja, Denpasar Utara, 50 m dari perempatan Jl Thamrin, dengan peninggalan arca terakota, arca dwarpala, miniatur candi dari batu bata.

15. Puri Kesiman
Jalan WR. Supratman, Desa Kesiman, Denpasar Timur, dengan bangunan dan persembahyangan bergaya khas Bali.

16. Puri Pemecutan
Jalan Thamrin, 200 meter dari Taman Puputan Badung, dibangun pada abad ke-16 bergaya tradisional Bali, dengan satu set gamelan tradisional dan pemerajan agung sebagai tempat persembahyangan keluarga.

17. Puri Satria
Jalan Veteran, 300 meter dari Lapangan Puputan Badung, dengan sebuah gedung terbuka yang disebut Pendopo, dahulu tempat pertemuan para Raja di seluruh Bali.

18. Taman Budaya Denpasar
Jl. Nusa Indah, 2 km dari pusat kota, di lahan seluas 6,5 Ha, dengan berbagai fasilitas kegiatan seni budaya, dan selalu digunakan sebagai pusat penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali.

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag: ,

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 20 Januari 2017.

Lalu «
Baru » »